Jumat, 31 Agustus 2018

Dukungan Dewan Pertimbangan Daerah RI Untuk Atlet Asian Games 2018 Indonesia



Asian Games 2018 sedang bergulir. Euforia pesta olahraga se-Asia ini tengah melanda sebagian besar masyarakat tanah air. Wajar jika masyarakat menyambut antusias perhelatan akbar olahraga se-Asia ini. Apalagi melihat persiapan yang telah dilakukan oleh pemerintah agar Asian Games 2018 dapat berjalan sesuai rencana dan mencapai target yang ditentukan.

Asian Games 2018 ini diikuti oleh 45 negara dan 40 cabang olahraga yang dipertandingkan. Dari 40 cabang olahraga tersebut, ada sepuluh cabang olahraga baru yang akan dipertandingkan. 10 cabang olahraga itu adalah roller sport, paralayang, panjat tebing, kurash, sambo, pencak silat, jujitsu, jetski, basket 3 on 3 dan bridge.

Pemerintah melakukan serangkaian pembenahan sarana dan prasarana yang akan digunakan dalam Asian Games 2018. Ada 3 target yang ingin dicapai pemerintah dalam pelaksanaan Asian Games 2018 ini. 3 target pemerintah itu adalah sukses penyelenggaraan, terlaksananya pembangunan sarana dan prasarana Asian Games 2018 dan Indonesia berada di peringkat sepuluh besar pada Asian Games 2018 ini.

Untuk memenuhi targetnya tersebut, pemerintah mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Dukungan bukan hanya datang berupa materi tapi juga dukungan semangat dan doa. Cukup banyak orang penting negeri ini yang mendukung dan berharap para atlet Indonesia yang bertanding mampu memberikan usaha dan kemampuan terbaiknya sehingga Indonesia dapat berada di sepuluh besar perolehan medali.

Salah satu tokoh yang mendukung penuh penyelenggaraan Asian Games 2018 ini adalah Ibu Retno Marsudi. Beliau adalah menteri luar negeri kita. Beliau mengatakan bahwa Asian Games ini merupakan sebuah kebangsaan bangsa. Dan Indonesia akan menunaikan kepercayaan dunia ini terutama kepercayaan yang telah diberikan oleh negara-negara Asia. 

Dukungan dan harapan juga dilontarkan oleh salah satu mantan atlet nasional Abdul Rojak seperti yang dikutip oleh Bola dot com. Abdul Rojak secara pribadi berharap sekaligus berdoa agar atlet-atlet Indonesia yang berlaga di ajang Asian Games 2018 ini mampu mempersembahkan yang terbaik untuk bumi pertiwi.

Dokumen Wikipedia

Selain dua tokoh tersebut, dukungan dan harapan juga disampaikan oleh DPD RI (Dewan Pertimbangan Daerah Republik Indonesia) melalui sebuah video yang diunggah dalam akun youtube resmi DPD RI.


Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, sebelum 2004 disebut Utusan Daerah, adalah lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang anggotanya merupakan perwakilan dari setiap provinsi yang dipilih melalui Pemilihan Umum (sumber: Wikipedia).

DPD memiliki fungsi sebagai berikut yaitu pengajuan usul, ikut dalam pembahasan dan memberikan pertimbangan yang berkaitan dengan bidang legislasi tertentu, pengawasan atas pelaksanaan Undang Undang tertentu. Anggota DPD dari setiap provinsi adalah 4 orang. Masa jabatan anggota DPD adalah 5 tahun, dan berakhir bersamaan pada saat anggota DPD yang baru mengucapkan sumpahjanji.

DPD RI mendukung penuh penyelenggaraan Asian Games 2018 ini. Dukungan dari berbagai pihak ini menjadi tambahan semangat bagi para atlet untuk meraih prestasi terbaiknya. Hal ini telah dibuktikan oleh para atlet Indonesia yang sedang bertanding di Asian Games 2018 dengan meraih medali emas  melewati target yang diberikan. Sampai hari ini (30 Agustus 2018) para atlet kita telah meraih 30 medali emas. Sebuah prestasi yang patut mendapat apresiasi.

sumber foto indonesia_asiangames2018
Akun sosial media DPD RI
Read more

Sabtu, 11 Agustus 2018

Tokoh Inspiratif, Website yang Menginspirasi


Inspirasi. Apa yang terlintas dalam benak kalian saat mendengar kata inspirasi? Inspirasi menurut saya adalah tindakan atau perbuatan dari orang lain yang menggugah hati saya untuk melakukan 'sesuatu' karena terdorong oleh tindakan orang lain tersebut. Itu sih kalau menurut saya. Namun jika melihat ke KBBI, inspirasi adalah suatu proses yang mendorong atau merangsang pikiran untuk melakukan sesuatu tindakan terutama melakukan sesuatu yang kreatif. Inspirasi dapat diperoleh dari siapapun, dimanapun dan kapan saja. Inspirasi merupakan suatu proses untuk melakukan tindakan setelah melihat atau mempelajari sesuatu yang ada di lingkungan sekitar kita.

Inspirasi berbeda dengan motivasi. Motivasi adalah proses yang mendorong atau mempengaruhi seseorang untuk mendapatkan atau mencapai apa yang diinginkannya. Sedangkan inspirasi merupakan ide-de kreatif yang muncul dari dalam diri setelah ada rangsangan dari luar. Sudah agak jelas ya pengertian inspirasi. 

Dalam hidup ini, pasti kita punya dong orang yang menginspirasi? Orang yang membuat kita melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk diri kita sendiri maupun orang lain. Saya pun memiliki orang yang menginspirasi, yang membuat saya semakin yakin dengan "langkah" yang saya ambil saat ini.

Membicarakan tentang orang yang menginspirasi, ternyata "diluar" sana, banyak loh orang-orang yang menginspirasi. Mereka melakukan "hal hal" luar biasa sebagai upaya untuk memperbaiki kehidupan bangsa. Tokoh-tokoh inspirasi ini yang melatarbelakangi lahirnya website tokoh inspiratif id. Tokoh inspiratif id didirikan oleh sekumpulan individu dan organisasi yang memiliki kepedulian terhadap masa depan bangsa.

Tokoh inspirasi yang hadir di acara launching website tokoh inspuratif 
Tokoh inspiratif id bertujuan untuk memberikan rangsangan bagi banyak orang untuk mengambil peran supaya dapat menjadi inspirator untuk Indonesia yang lebih baik serta menularkan semangat membangun Indonesia lebih baik lagi. Website ini diluncurkan dengan harapan makin lebih banyak lagi orang  terinspirasi untuk menjadi inspirasi.

Peluncuran website tokoh inspiratif id dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2018 di Restoran Ocha Bella Hotel Morissey Jakarta Pusat. Acara peluncuran website tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh yang menginspirasi di bidangnya masing-masing. Tokoh inspiratif yang hadir dalam acara peluncuran website tokoh inspiratif id adalah Bapak Imam B Prasojo, Prof. Sulistyowati Irianto, Bapak Ray Rangkuti, Mba Nur Hidayati (Mba Yaya), Ibu Titi Anggraini, Ibu Ratna Dewi Petalolo dan Mas Merah Johansyah Ismail. Hadir pula Mas Chalid sebagai penggagas hadirnya website tokoh inspiratif id.

Website ini mencakup 11 kategori tipe inspirasi. 11 kategori tipe inspirasi ini mencakup berbagai latar belakang, minat, yang memuat semangat berkobar dan menyala-nyala mengajak semua orang dari berbagai kalangan, usia, latar belakang untuk berbuat baik demi kehidupan Indonesia yang lebih baik. Melalui website ini, setiap orang berhak untuk mengusulkan dan ambil bagian untuk menjadi inspirasi bagi bangsa.

11 kategori inspirasi tersebut, adalah:
1. Kategori Difabel
Tokoh kategori difabel yaitu Annisa Rahmania, pegiat Young Voice Indonesia. Dia tak mau disebut tuna rungu, lebih suka disebut tuli. Baginya keterbatasan fisik yang ia miliki bukanlah halangan untuk berprestasi dan mendunia. Dara muda ini telah menorehkan prestasi nasional dan dunia. Saat ini dia sedang menggarap proyek pembuatan buku ilustrasi tentang UU Disabilitas yang mudah dipahami oleh disabilitas intelektual. Sayangnya, anak muda ini berhalangan hadir dalam acara peluncuran website tokoh inspiratif id.

2. Kategori Akademisi
Tokoh kategori ini adalah Prof. Dr. Sulistyowati Irianto, Guru Besar Antropologi Universitas Indonesia yang selalu berjuang, tak gentar melawan korupsi. Bagi Beliau, korupsi bukan hanya sekedar pelanggaran hukum tapi lebih dari itu, korupsi juga merupakan pelanggaran terhadap hak asasi orang lain.

3. Kategori Aktivis Organisasi Nonpolitik
Tokoh kategori ini adalah Nur Hidayati atau akrab disapa Mba Yaya, Direktur Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi). Beliau menyuarakan suara hati pejuang lingkungan.
Satu lagi tokoh inspiratif kategori ini adalah Mas Merah Johansyah Ismail. Beliau adalah anak muda yang lantang membicarakan masalah carut marut dunia pertambangan di Indonesia. Mas Merah adalah koordinator Nasional Jaringan Advokasi Tambang (Jatam). Mas Merah menyarankan agar konsumsi kapitalistik harus diubah. Generasi milenial harus menjadi bagian dari solusi atas ketidakadilan di sektor pertambangan dan lingkungan yang terus terjadi. Karena menurutnya kaum mudalah yang paling bisa mengurus negara.

4. Kategori Demokrasi
Ibu Titi Anggraini merupakan Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perluden). Beliau gigih menyuarakan tentang bagaimana harusnya demokrasi di negeri ini dijalankan. Demokrasi bukanlah pilihan sistem terbaik tapi demokrasi dengan segala kekurangannya memungkinkan kita untuk mendebatkan dan mendiskusikan kelemahan demokrasi agar menjadi lebih baik.

5. Kategori Kesehatan
Tokoh inspiratif kategori ini adalah Dokter Gamal Albinsaid. Memiliki rencana besar dalam aktivitas kemanusiaan. Asuransi sampah yang dia rintis telah dikembangkan disejumlah daerah dengan metode dan pendekatan kearifan lokal.

6. Kategori Guru
Tokoh kategori ini adalah Mba Retno Listyarti, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Beliau pernah menjadi guru PPKN selama belasan tahun. Bu Retno adalah sosok wanita tangguh yang mengadvokasi siswi korban kekerasan seksual.

7. Kategori Komunitas
Tokoh kategori ini adalah Syaifuddin Zuhri atau akrab dipanggil Gus Udin. Beliau prihatin dengan kondisi luas hutan yang makin menyempit akibat penggundulan dan pembalakan liar. Gus Udin berjuang supaya hutan di Batu, Malang dapat kembali ijo royo royo agar negeri ini bisa selamat dan tegak sebagai negara.

8. Kategori Masyarakat Adat
Tokoh kategori ini adalah Afrida Erna Ngato, Kepala Suku Pagu, Halmahera Utara. Beliau adalah perempuan pertama di negeri ini yang terpilih menjadi kepala suku. 

9. Kategori Seniman
Untuk orang seumuran saya, nama Glen Fredly sangatlah familiar. Terutama untuk saya sih. Bisa dibilang saya adalah salah satu fans berat Glenn Fredly. Beberapakali saya sempat menyaksikan konsernya secara langsung. Lagu-lagunya mampu menyihir penggemarnya. Glenn adalah seorang musis jenius, ini sih menurut saya wkwkwk. Musiknya tulus dan berasal dari hati. Glenn juga peduli terhadap kelestarian lingkungan.  Bagi saya suara Glenn jarang ada yang menyamai.

10. Kategori Aparatur Pemerintah
Tokoh yang menginspirasi pada kategori ini adalah Ibu Ratna Dewi Petololo. Beliau adalah anggota Bawaslu RI Divisi Penindakan. Baginya peran Bawaslu sangatlah penting dalam menentukan kualitas pemilu.

11. Kategori Nelayan
Saya agak surprise yah dengan kategori terakhir ini. Nelayan. Apalagi tokoh kategori ini jatuh pada sosok anak muda. Sangat menginspirasi. Jarang loh anak muda yang peduli dengan kehidupan nelayan dan kelautan. Sosok anak muda ini adalah Muhammad Riza Adha Damanik. Baginya lautan adalah masa depan bangsa yang harus dikelola secara baik oleh negara, nelayan dan seluruh rakyat Indonesia secara bersama-sama.

Nah itulah 11 kategori  yang mungkin salah satunya bisa menginspirasi kalian untuk berbuat "sesuatu" yang bermanfaat bagi negeri ini.

Bapak Imam B Prasojo





Read more

Kurban Dikita Aja, Dompet Dhuafa Menjawab Panggilan Jaman



Hai apa kabar semua? Semoga sehat dan bahagia selalu ya..Amiin. Tak terasa sebentar lagi, kita, umat muslim khususnya akan merayakan Hari Raya Kurban atau Hari Raya Idul Adha. Adakah rencana kalian untuk berkurban tahun ini? Kurban hewan ternak yah, bukan kurban perasaan hahahaha. Berkurban adalah bukti syukur dan ketaatan kita pada Allah. Dan sebagai tanda bahwa kita meneladani keimanan Nabi Ibrahim dan anaknya, Ismail. Hmmm masih ingat kan dengan kisah Nabi Ibrahim dan Ismail yang melatarbelakangi hadirnya ibadah kurban?

Dalam Al Qur'an, pengorbanan Ibrahim dan Ismail ini dikisahkan dalam Surat Ash-Shaffat Ayat 102, yang berbunyi:
فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يَا بُنَيَّ إِنِّي أَرَى فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرَى قَالَ يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ
(Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu”. Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, Insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.”)

Ibadah Kurban

Kurban adalah salah satu cara kita sebagai muslim untuk semakin bertaqwa pada Allah SWT. Melaksanakan ibadah kurban juga merupakan salah satu bentuk kepedulian kita pada orang-orang yang hidupnya tidak seberuntung kita, orang-orang atau masyarakat yang belum tentu "ketemu" daging setahun sekali. 

Berkurban merupakan bentuk kepedulian sosial kita pada masyarakat sekitar yang kurang mampu sehingga dapat mengikis jarak kesenjangan sosial yang telanjur ada. Pernah ngga terlintas dalam pikiran kalian jika ada loh saudara kita di salah satu bagian bumi sana yang sangat merindukan kehadiran sate, gule dan potongan daging di piring makan mereka. Sedangkan kita yang hidup serba berkecukupan dan tinggal di kota besar seringkali terlena dengan nikmat-NYA. Kita mudah banget "buang-buang makanan" bahkan acapkali mulut kita berujar, "bosan banget deh makan daging mulu". Padahal masih banyak orang-orang yang berdoa dan berharap dapat merasakan enaknya makan daging. 

Nah, Hari Raya Kurban inilah saat yang tepat bagi kita yang diberikan kemudahan rejeki dan materi yang cukup oleh Allah SWT untuk melakukan ibadah kurban. Mumpung masih diberi umur dan rezeki, ya secepatnyalah kita melaksanakan ibadah kurban sebagaimana diperintahkan Allah SWT dalam kitab suci Al Qur'an.
Ayat-ayat Al Qur'an tentang ibadah kurban, diantaranya, yaitu:
Surat Al-Kautsar: 1-2;
إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ  فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
“Sesungguhnya Kami telah memberikan karunia sangat banyak kepadamu,   maka sholatlah untuk Tuhanmu  dan sembelihlah kurban.”

Al-Hajj: 37;
لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلا دِمَاؤُهَا وَلَكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنْكُمْ
”Daging-daging kurban dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi Ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.”

Al-Hajj: 36;
فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْقَانِعَ وَالْمُعْتَرَّ
“Maka makanlah sebagiannya (daging kurban) dan berilah makan orang yang merasa cukup dengan apa yang ada padanya (orang yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta.”

Al-Hajj Ayat 34
وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الأنْعَامِ فَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ
"dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan yang Maha Esa karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)."

Kurban saat ini juga menjadi misi kepedulian, kebaikan dan kebermanfaatan bagi sesama. Kurban menjadi momen tahunan yang dapat hadirkan bahagia bagi mereka yang termarjinalkan, mereka yang tinggal di pelosok nusantara, pulau terluar dan terpencil serta para korban konflik kemanusiaan dan muslim minoritas. Gimana? Sudah siapkah untuk berkurban?

Pelaksanaan pemotongan hewan kurban

Kurban Dikita Aja, Dompet Dhuafa Menjawab Panggilan Jaman

Niat untuk berkurban sudah ada, dana pun telah siap tapi kog mendadak galau saat ingin melakukan ibadah kurban ya. Galau kalau kurban yang dikeluarkan tidak sampai pada tangan orang yang berhak menerimanya. Ragu karena tak yakin dapat memilih hewan kurban yang sesuai syariat. Saya sendiri sempat loh berpikiran seperti itu. Sampai akhirnya saya berkenalan dan mengenal lebih jauh Dompet Dhuafa. Jika kalian ingin lebih mengenal Dompet Dhuafa, boleh banget loh intip-intip di Dompet Dhuafa .

Dompet Dhuafa memiliki Program Kurbanesia,Tebar Hewan Kurban yang menjamin kurban kita sesuai syariat dan didistribusikan pada mereka yang berhak menerimanya. Program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa telah ada sejak tahun 1994 yang menyebarkan hewan kurban ke berbagai wilayah baik di Indonesia maupun beberapa wilayah konflik di luar negeri. Program ini pertamakali diperkenalkan dengan nama "Menebar 999 Hewan Kurban" dan pada tahun 1998 berganti nama menjadi "Tebar Hewan Kurban" hingga sekarang.

Kurban di Dompet Dhuafa pun mudah caranya dan pastinya terpercaya. Kalian bisa memperoleh penjelasan lengkapnya di Kurban Dikita Aja .
Program Tebar Hewan Kurban ( THK ) memiliki lima keunggulan, yaitu:
1. Berkurban dengan berbagai kemudahan layanan.
Kita dapat berkurban di Dompet Dhuafa melalui konter-konter kurban Dompet Dhuafa yang terdapat dibeberapa mall ternama, salah satunya Transmart/Carefour. Transaksi pembelian hewan kurban dapat dilakukan melalui transfer rekening bank dan tersedia pula layanan jemput kurban.

THK Dompet Dhuafa menyediakan layanan jemput kurban. Layanan ini bertujuan untuk memudahkan donatur yang ingin berkurban di sekitar Jabodetabek. Saat penjemputan, tim Dompet Dhuafa akan memberikan bukti penerimaan kurban yang sah kepada donatur. Jadi tak perlu mengkhawatirkan legalitas kurban yang diberikan. Layanan jemput kurban dapat menghubungi Call Center 081316847002 / 021 7416050.


Untuk memudahkan proses pembayaran kurban, dapat dilakukan secara online.
Caranya pun sangat mudah, yaitu:
1. Klik kurban dompetdhuafa org ;
2. Pilih jenis hewan kurban yang diinginkan;
3. Isikan form data diri pekurban dengan lengkap;
4. Klik "Kurban Sekarang";
5. Pilih metode pembayaran lalu akan diarahkan menuju portal pembayaran sesuai dengan channel pembayaran yang dipilih;
6. Konfirmasi pembayaran berhasil, akan dikirim ke nomer telepon pekurban (donatur).


Pembelian hewan kurban di Dompet Dhuafa bisa pula dilakukan di beberapa e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Bibli, Lazada, Elevenia, Blanja, OVO, KasKus, Dunia Halal dan Al-Faedah. Semakin mudah ya kurban di Dompet Dhuafa. Harga hewan kurban yang ditawarkan oleh Dompet Dhuafa pun sangat terjangkau bahkan tidak naik loh harganya. Masih sama dengan harga tahun lalu yaitu untuk kambing standar Rp. 1.975.000,- ; kambing premium Rp. 2.975.000,- ; dan harga sapi Rp. 13.500.000,-. Boleh banget loh dibaca Kurbanesia 2017 Tebar Hewan Kurban  untuk mengetahui mengenai Program Kurbanesia, Tebar Hewan Kurban tahun lalu;


2. Distribusi hewan kurban yang tepat sasaran.
Dompet Dhuafa melakukan distribusi hewan kurban hingga pelosok negeri,  daerah bencana, wilayah konflik dan daerah/negara minoritas muslim. Tahun ini, Dompet Dhuafa menargetkan sebaran 25.000 hewan kurban dan akan disebar ke-25 provinsi di Indonesia serta beberapa negara konflik dan minoritas muslim seperti Bangladesh, Palestina, Myanmar, Suriah dan pengungsi Rohingya. Pendistribusian hewan kurban menyasar daerah-daerah terpencil, rawan gizi, terbelakang, miskin, daerah bencana, daerah kerusuhan dan wilayah terluar Indonesia;

3. Hewan kurban yang disediakan Dompet Dhuafa memenuhi standar dan mutu kualitas.
Penilaian kualitas hewan kurban terdiri dari beberapa parameter yaitu bobot hidup, kesehatan dan fisik, pelaksanaan pemotongan hewan kurban sesuai syariat dan disalurkan pada yang berhak menerima. Kambing domba atau dokam memiliki bobot hidup 23-28 kg untuk tipe standar, kisaran 29-35 kg untuk tipe premium dan untuk sapi bobot hidup harus berkisar antara 250-300 kg.

Hewan kurban harus sehat, tidak boleh cacat, sudah lepas gigi khususnya untuk kambing/sapi serta berkelamin jantan. Pelaksanaan pemotongan hewan kurban harus sesuai syari'i yang ditetapkan dalam Islam;

4. Laporan kurban yang transparan.
Setiap pekurban akan memperoleh laporan kurban berupa laporan donasi, dokumentasi/foto-foto pelaksanaan kurban serta informasi kurban dari berbagai daerah. Pekurban/donatur dapat melihat langsung pelaksanaan pemotongan hewan kurban ke daerah sebaran hewan kurban melalui program Sociotrip Kurbanesia. Tahun lalu dilakukan di daerah Sembalun, Lombok;

5. Pengendalian dan Pengontrolan Mutu Hewan Kurban THK oleh Tim Quality Control Dompet Dhuafa serta pemberdayaan peternak dan ekonomi desa.
Dalam pelaksanaan kurban, Dompet Dhuafa merekrut Tim Quality Control yang bertugas  melakukan pemantauan, pengontrolan, dan pengecekan kondisi kesehatan dan bobot calon hewan kurban sebelum hari pelaksanaan. Tim QC melakukan pengecekan dan verifikasi lokasi pendistribusian dan calon penerima manfaat. Mereka juga memantau proses penyiapan dan pelaksanaan pemotongan hewan kurban. Selain itu, mereka harus melakukan pelaporan, pendokumentasian, evaluasi dan rekomendasi.

Hewan kurban THK merupakan hasil dari hewan ternak kelompok peternak yang dibina oleh Dompet Dhuafa ataupun peternak yang menjadi mitra Dompet Dhuafa. Dompet Dhuafa membeli hewan kurban yang memenuhi standar quality control yang telah ditetapkan dari para mitra dengan harga tinggi, dibandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh para tengkulak atau makelar hewan kurban. Program THK memberdayakan para peternak dan berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi para peternak.

Setelah menyimak uraian diatas, apakah masih ragu untuk kurban di Dompet Dhuafa? Kalau saya sih, yess banget untuk kurban melalui Program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa xixixi.

Sociotrip ke Peternakan Domba Kambing di Kebun Indonesia Berdaya Desa Cirangkong, Kecamatan Cijambe, Subang Jawa Barat


Sociotrip Kurbanesia 2018
Berkaitan dengan program pemberdayaan peternak yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa serta untuk melihat pelaksanaan proses Quality Control (QC) terhadap calon hewan kurban THK, maka pada hari Selasa tanggal 7 Agustus 2018, saya mengikuti acara Sociotrip Dompet Dhuafa ke peternakan domba kambing yang berada di lahan Kebun Indonesia Berdaya Subang, Jawa Barat. Kunjungan saya ke Kebun Indonesia Berdaya Subang ini merupakan kunjungan yang kedua kalinya.


Kebun Indonesia Berdaya Subang
Pertamakali saya datang ke Kebun Indonesia Berdaya pada saat panen raya buah naga. Kebun Indonesia Berdaya memiliki luas sekitar 10 hektar. Lahan seluas 10 hektar ini ditanami nanas, buah naga, jambu cristal dan pepaya Calina serta sebagian untuk peternakan domba kambing. Kebun Indonesia Berdaya adalah kebun terintegrasi (integrated farming). Maksudnya adalah kebun ini tidak hanya ditanami oleh berbagai tanaman produktif saja tapi terdapat pula peternakan domba kambing, villa/penginapan, mushola, saung (tempat) pertemuan dan sarana outbond meski masih minim dan amat sederhana. Kalian bisa membaca ulasan saya tentang Kebun Indonesia Berdaya Subang untuk tahu lebih banyak lagi tentang kebun produktif yang bisa banget dijadikan tempat liburan bermanfaat bersama keluarga dan sahabat tersayang.

Kebun Indonesia Berdaya, Cijambe, Subang
Sayangnya pada saat kemarin saya datang ke Kebun Indonesia Berdaya Cijambe, Subang, buah naga sedang tidak berbuah. Hiks...sedih juga sih karena gagal petik buah naga sendiri. Tapi kesedihan saya langsung berganti senyum ceria begitu saya melihat hamparan pohon nanas beserta buahnya dan suguhan es sari buah nanas yang segar. Ditambah lagi dengan pertemuan berkesan dengan domba kambing lucu menggemaskan hati wkwkwk.

Acara Sociotrip diawali oleh penjelasan mengenai program Dompet Dhuafa sekaligus perkenalan dengan Dompet Dhuafa. Penjelasan tersebut disampaikan oleh Mas Adi dari Dompet Dhuafa. Mas Adi menjelaskan bahwa tujuan program Sociotrip ke Subang ini adalah untuk memperlihatkan bagaimana proses Quality Control yang dilakukan terhadap calon hewan kurban THK sekaligus untuk memperkenalkan Kebun Indonesia Berdaya pada lebih banyak media/blogger lagi supaya para media/blogger ini dapat menyebarkan informasi seputar Kebun Indonesia Berdaya Subang pada masyarakat luas.

Peternakan Domba Kambing Kebun  Indonesia Berdaya, Desa Cirangkong, Cijambe, Subang

Setelah penjelasan yang diberikan oleh Mas Adi, acara selanjutnya adalah mengunjungi kandang domba kambing (peternakan) yang lokasinya masih berada dalam lahan Kebun Indonesia Berdaya Subang. Letak kandang kambing tidaklah jauh dari saung utama tempat berkumpul pada saat acara perkenalan dengan Dompet Dhuafa dilakukan.


Kandang DoKam
Kandang DoKam (Domba Kambing) yang ada di peternakan Kebun Indonesia Berdaya Cijambe Subang berjumlah 3 buah dengan kurang lebih 300-an domba kambing sebagai penghuninya. Dan terdapat 30 peternak yang menjadi peternak binaan Dompet Dhuafa. Ke-30 peternak tersebut tergabung dalam 3 kelompok peternak binaan Dompet Dhuafa. Untuk menjadi peternak binaan Dompet Dhuafa ada beberapa syarat atau kriteria yang harus sesuai dan tentu saja harus lulus survey dulu. Syarat untuk menjadi peternak binaan Dompet Dhuafa adalah peternak yang memiliki penghasilan dibawah UMR daerah setempat, dilihat dari jumlah tanggungan dan besarnya rumah yang ditempati, kepemilikan rumah, harta benda yang dimiliki. Jika peternak tersebut dinyatakan masuk dalam kriteria peternak dhuafa atau peternak yang memerlukan bantuan, maka barulah masuk dalam peternak binaan Dompet Dhuafa.

Ada dua model peternak yaitu peternak binaan Dompet Dhuafa dan peternak umum yang memang telah memiliki peternakan sendiri dan bermitra dengan Dompet Dhuafa. Peternak binaan Dompet Dhuafa memperoleh pendampingan, pelatihan serta modal usaha dari Dompet Dhuafa. Sedangkan peternak mitra tidak memperoleh pendampingan atau pun bantuan modal dari Dompet Dhuafa.

Mas Agung Kharisma sebagai pendamping peternak binaan Dompet Dhuafa Cijambe Subang memaparkan bahwa proses QC (Quality Control) di peternakan Kebun Indonesia Berdaya Subang dilakukan secara ketat. Tujuan dilakukannya proses QC secara ketat adalah agar diperoleh hewan kurban yang sesuai standar yang telah ditentukan sehingga penerima daging kurban mendapatkan daging yang berkualitas. DoKam atau domba kambing harus memenuhi syarat dan mutu sesuai standar yang telah ditetapkan.

Mas Agung Kharisma (pendamping peternak binaan Dompet Dhuafa)
Kandang yang terdapat di peternakan Kebun Indonesia Berdaya terdiri dari kandang pembibitan dan kandang penggemukan. DoKam yang ada di peternakan di pantau dengan teliti oleh para peternak yang didampingi oleh Mas Agung. Setidaknya ada 4 kali waktu pemeriksaan ke kandang. Pagi, siang, sore dan malam hari. DoKam dipantau terus pertumbuhan dan kesehatannya. DoKam yang berada di Sentra Ternak ini juga diberikan vaksinasi secara rutin dan berkala.

Kandang DoKam
DoKam harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini agar dapat dikategorikan sebagai DoKam yang sehat dan memenuhi standar QC (Quality Control).
Ciri-ciri kambing/domba yang sehat dan memenuhi syarat untuk kurban sesuai dengan syariat dan quality control yang ditetapkan oleh Dompet Dhuafa, adalah:
1. Postur tubuh kambing/domba harus kokoh, kuat dan gemuk. Memenuhi standar berat minimal yaitu 23 kg. Kambing/domba harus terlihat tegap dan gagah seperti tentara *ehhhh wkwkwk. Kambing/domba dapat berjalan atau berdiri dengan baik. Tidak ada tulang yang menonjol dipunggungnya;
2. Kambing/domba memiliki bulu yang bersih dan mengkilap;
3. Memiliki kulit yang bersih dan sehat, bebas dari bekas bisul, koreng atau penyakit kulit lainnya. Salah satu ciri kambing yang sehat adalah ketika dicubit kulitnya maka akan cepat kembali seperti semula;
4. Memiliki mata yang jernih. Mata kambing yang sehat harus bersinar, terbuka penuh, pupil bereaksi cepat, tak keluar air apalagi belekan, tak berwarna merah dan selaput lendir kelopak mata bagian dalam berwarna merah terang. Mata kambing/domba yang sayu menandakan kambing/domba dalam kondisi sakit;
5. Kotorannya padat. Jika kotoran yang dikeluarkannya baik (berbentuk padat dan tidak encer, tidak cair serta tidak bercampur darah) maka menandakan kambing/domba tersebut dalam kondisi sehat;
6. Kambing/domba yang dikurbankan harus yang jantan dan minimal usianya 1 tahun. Ini ditandai dengan lepas gigi. Biasanya sih kambing/domba kurban berusia minimal 1-3 tahun.

DoKam yang ada di kandang peternakan Kebun Indonesia Berdaya Subang
DoKam yang berada dalam 3 kandang tersebut diberi tanda sesuai dengan bobot hidup dan kondisi kesehatan mereka. Tanda yang diberikan itulah yang menandakan DoKam lolos atau tidak dalam proses Quality Control. DoKam yang diberi warna hijau pada tubuhnya, berarti tidak lolos proses QC, DoKam yang diberi warna biru menandakan DoKam memiliki bobot hidup standar dan DoKam yang diberi warna merah menandakan DoKam tersebut masuk tipe premium. Untuk DoKam berwarna hijau tidak dapat menjadi calon hewan kurban THK dan biasanya DoKam ini dijual ke pasar lokal yang ada disekitar Subang. Dompet Dhuafa sangat mengutamakan kualitas dari hewan ternak yang akan dijadikan hewan kurban THK.

DoKam yang diberi tanda warna
Para peternak binaan Dompet Dhuafa diberikan masing-masing modal 10 bibit DoKam yang harus mereka rawat dan ternak hingga memenuhi standar QC. 10 bibit DoKam tersebut terdiri dari 8 jantan dan 2 betina. Kelima DoKam jantan mereka pelihara di kandang yang berada di rumah mereka. Sedangkan sisanya mereka taruh di kandang yang ada di peternakan Kebun Indonesia Berdaya. DoKam yang berada di kandang peternakan Kebun Indonesia Berdaya tidak hanya diberi makan rumput saja. Tapi mereka diberi makan silase yaitu olahan pakan DoKam yang dibuat sendiri oleh para peternak binaan.


Bahan pakan DoKam (Silase)
Silase merupakan campuran kulit nanas, jerami, sedikit garam, tetes sari tebu/kecap sedikit sebagai sumber energi untuk DoKam, dan sedikit dedak. Semua bahan tersebut digiling dan difermentasikan lebih dulu sebelum diberikan pada DoKam. DoKam-DoKam yang ada juga diperiksa secara rutin oleh dokter hewan yang ada di sekitar Cijambe minimal sebulan sekali atau tentatif sesuai kondisi. Penyebab kematian DoKam adalah kembung atau mati mendadak. Siang masih sehat,eh sore sudah ditemukan tak bernyawa. Untuk mengantisipasi kondisi seperti ini, para peternak melakukan perawatan dan pemantauan yang intensif terhadap DoKam supaya kematian mendadak tidak sering terjadi dan DoKam tumbuh sehat dan mencapai bobot hidup yang ditargetkan.

Proses pembuatan pakan DoKam
Tak jauh dari kandang, terdapat pula lahan yang ditanami rumput yang digunakan sebagai tempat menggembala DoKam dan di lahan inilah, DoKam bebas mencari makan sendiri. Lahan ini dinamakan lahan Pastura. Tepat disebelah lahan Pastura, terdapat tempat pengolahan kompos, pupuk organik yang berasal dari kotoran DoKam (hewan ternak). Di Kebun Indonesia Berdaya ini, sentra ternak dan sentra pertanian saling bersinergi. Sampah kulit nanas digunakan sebagai salah satu bahan pakan DoKam dan kotoran DoKam dijadikan pupuk untuk tanaman yang ditanam di lahan Kebun Indonesia Berdaya.


Tempat pembuatan kompos
Dompet Dhuafa juga melakukan kerjasama dengan para peternak umum di sekitar Cijambe yang menjadi mitra Dompet Dhuafa. Dompet Dhuafa membeli DoKam milik peternak mitra dengan harga cukup tinggi dan biasanya telah dilakukan akad jual beli hewan ternak sejak 6 bulan sebelum Hari Raya Kurban. Kehadiran program THK memberikan dampak positif terhadap kehidupan para peternak baik itu peternak mitra maupun peternak binaan.

Pertamakali saya melihat DoKam yang ada di kandang Sentra Ternak Subang, saya langsung heran bercampur kagum karena melihat DoKam - DoKam tersebut terlihat bersih dan terawat. Keheranan saya pun terjawab setelah melihat sendiri ke kandang DoKam dan mendengarkan penjelasan yang diberikan oleh Mas Agung. Saya semakin yakin dan percaya dengan kualitas hewan kurban THK Dompet Dhuafa. Tak ada keraguan sedikitpun dihati saya untuk berkurban di Dompet Dhuafa.


Peserta Sociotrip Dompet Dhuafa 2018



















Read more

Selasa, 07 Agustus 2018

Colour To Life, Aplikasi Mewarnai Jaman Now


Masih terekam jelas dalam ingatan saat beberapa belas tahun yang lalu, saya sempat mengalami tekanan jiwa atau bahasa kerennya depresi. Duh saat itu rasanya nano nano, enggak tahu mau apa dan harus berbuat apa. Semua terasa pekat dan suram. Padahal jika direnungkan kembali saat kondisi sudah "normal", penyebab saya depresi saat itu adalah hal yang biasa banget. Gagal menikah karena dikhianati pada saat sedang menyelesaikan tugas akhir.

Terdengar "cemen" yah, karena hal seperti itu saja langsung tertekan. Tapi sepertinya bukan masalah "gagal menikah" yang bikin depresi tapi "rasa malu" dan tidak terima karena dikhianati apalagi si mantan memilih menikah dengan sahabat saya sendiri. Kalau sekarang sih saya bisa bilang bahwa dulu itu saya bodoh karena sempat tergoncang karena masalah cinta ini. Bahkan sampai harus konsultasi ke seorang psikolog. Untungnya psikolog ini teman satu kost sih, jadi ngga ada biaya konsul cuma traktir makan mie ayam saja hahahaha.

Setelah beberapakali melakukan sesi konsultasi dengan teman yang berprofesi sebagai psikolog, kondisi kejiwaan saya mulai stabil. Salah satu terapi yang diterapkan pada saya adalah terapi mewarnai dan menggambar. Saya diminta menggambar dan mewarnai setelah saya menulis semua keluh kesah yang ada dihati. Saat itu sempat bertanya dalam hati, kog seperti ini ya terapi kejiwaan? Tapi karena saya merasa lebih baik setelah melakukan terapi tersebut, akhirnya pertanyaan tersebut saya simpan dalam hati saja.

Mewarnai Membantu Menyembuhkan Luka Hati

Mewarnai buku gambar dipercaya bisa membantu menghilangkan kejenuhan hingga meredakan stres. Hal ini sudah saya buktikan sendiri kebenarannya. Tidak hanya untuk relaksasi, mewarnai buku gambar juga dipercaya melatih kemampuan motorik dan otak agar bisa lebih fokus. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan sejumlah ahli kesehatan mental.

Pada awal tahun '90-an, para dokter telah mempelajari efek mewarnai bagi kesehatan mental. Psikiater Carl Jung seperti dikutip dari Fox News kerap memberikan terapi mewarnai untuk menenangkan dan membuat pikiran para pasiennya lebih terfokus. Sekarang ini, teknik Carl masih direkomendasikan oleh para dokter untuk mengatasi kegelisahan. Seperti yang pernah saya alami dulu, saat konsultasi kejiwaan untuk mengatasi depresi yang saya alami, saya pun diminta untuk menggambar lalu mewarnai gambar tersebut. Pada saat itu, saya merasa aneh kog malah diminta menggambar dan mewarnai sesuka hati saja. Seperti apa yang ada dalam pikiran saya.

Aktivitas mewarnai diyakini juga dapat mengatasi dan mengurangi rasa takut dan cemas akan sesuatu hal. Psikolog Dr. Ben Michaelis menerangkan bahwa mewarnai gambar bisa mengaktifkan logika pada otak dan menciptakan pola pikir yang lebih kreatif. Karena merupakan aktivitas yang terpusat, amygdala --bagian dari otak yang merespon rasa takut-- bisa beristirahat sedikit demi sedikit. Dan semakin lama efeknya bisa sangat menenangkan.
Saat mewarnai, orang dewasa akan merasa seperti kembali menjadi anak-anak lagi. Sehingga mereka bisa merasakan kehidupan yang bebas dari tekanan dan rasa khawatir selama beberapa waktu.

Neuropsychologist dan neuroscientist, Dr Stan Rodksi menjelaskan bahwa dari kegiatan memperhatikan anak-anak dan bagaimana mereka bisa tenang saat mewarnai benar-benar mendasari mengapa orang dewasa juga harus melakukan kegiatan mewarnai seperti anak-anak agar orang dewasa dapat pula memperoleh ketenangan dalam otak mereka.
Ahli Neuropsychologis tersebut juga memaparkan bahwa proses dalam mewarnai gambar (colouring) inilah yang menimbulkan efek menenangkan karena kita merasa menikmati saat mewarnai gambar. Proses tersebut membawa kita pada momen di mana stres bisa dilepaskan.

Ia juga menjelaskan dalam proses mewarnai buku gambar ada tiga elemen yang membawa dampak positif dari aktivitas ini; repetisi (gerakan yang berulang), pola dan detail. Ketika kita melakukan sesuatu hal yang sudah dapat diprediksi melalui cara-cara tertentu, hal itu akan memberikan efek menenangkan.

Setelah mengetahui pemaparan dari beberapa ahli kesehatan mental mengenai manfaat mewarnai bagi orang dewasa untuk mengatasi depresi atau stress, saya jadi memperoleh jawaban dari pertanyaan yang dulu sempat hinggap dalam benak saya. Mengapa saya seringkali diminta untuk menggambar dan mewarnai pada saat konsultasi untuk mengatasi rasa tertekan yang saya rasakan.

Colour To Life, Cara Mewarnai Jaman Now



Sempat heran melihat postingan teman di salah satu platform sosial medianya tentang cara mewarnai yang berbeda dari yang sudah ada. Mewarnai dengan memanfaatkan teknologi masa kini. Colour to Life bukanlah sekedar permainan biasa tapi juga merupakan perpaduan keceriaan permainan warna yang mampu membangkitkan mood menjadi lebih baik. Perpaduan antara aktivitas klasik dan digital, yang mengajak penggunanya untuk terus berimajinasi dengan kreatif karena bisa melibatkan dan memasukan diri langsung ke dalam permainan.  Colour To Life merupakan cara mewarnai pertama yang berhasil menggabungkan antara mewarnai klasik dan digital. Memainkan Colour to Life cukup mudah kog. Anak-anak pun akan sangat senang jika diajak memainkan Colour to Life.


Langkah pertama untuk memainkan Colour to Life adalah kita warnai dulu gambar yang ada di Augmented Reality Colouring Book. Saat kita membeli Conector Pen Faber Castell, kita juga bisa mendapatkan Augmented Reality Colouring Book. Di Colour to Life kita bisa berkreasi sesuai yang kita mau dan menciptakan karakter hasil rancangan kita sesuai dengan gambar yang ada di Augmented Reality Colouring Book dan melalui warna-warna yang kita sukai.

Setelah mewarnai gambar di Augmented Reality Colouring Book, langkah selanjutnya adalah mendownload aplikasi Colour to Life, bisa di android atau iOS. Atau bisa langsung scan barcode yang ada di kemasan Colour to Life. Setelah berhasil download, scan gambar Augmented Reality Colouring Book sesuai dengan karakter masing-masing.

Tersedia 5 pilihan karakter untuk dimainkan. Scan gambar dengan benar dari jarak minimal 30 cm dan permainan dimulai. Hati-hati dalam mewarnai, jangan sampai terlalu tebal karena bisa tidak dapat di scan oleh aplikasi Colour to Life. Mewarnai gambar juga tak boleh dibagian bawah dari buku Augmented Reality Colouring. Colour to Life selain bisa dimainkan, tersedia juga fitur kamera yang bisa untuk selfie bersama karakter favorit kita atau untuk foto hasil mewarnai yang terasa seperti nyata atau secara 3 dimensi.

Kalian pasti akan terkaget-kaget saat pertamakali memainkan Colour to Life karena gambar yang kita warnai seolah-olah menjadi nyata. Bisa bergerak-gerak. Colour to Life ini ampuh banget untuk mengusir jenuh dan mengembalikan mood yang naik turun xixixi.


Ada lima teknik yang dapat dipakai dalam mewarnai gambar Colour to Life, yaitu:
a. Teknik patterning (membuat pola)
Teknik ini mewarnai gambar dengan menggunakan pola sesuai yang diinginkan. Satu gambar dapat memiliki beberapa pola.
b. Teknik pointilism
Mewarnai benda dengan membuat titik-titik disemua bagian gambar yang ingin diwarnai.
c. Teknik bergoyang
Mewarnai dengan cara membuat garis kusut / tidak beraturan (seperti benang kusut) ke seluruh gambar hingga semua bagian yang ingin diwarnai tertutup warna.
d. Shading teknik
Mewarnai dengan teknik ini seperti membuat sebuah bayangan pada gambar. Mirip seperti mengarsir.
e. Teknik contouring
Mewarnai dengan cara membuat garis garis yang menutupi semua bagian gambar, mengikuti bentuk gambar tanpa putus.

Produk Colour to Life dapat dibeli di Tokopedia , Gramedia atau di toko buku terdekat. Saya saja jadi ketagihan loh main Colour to Life. Yakin kamu ngga kepengen?


Selfie bersama salah satu karakter Colour to Life








Read more

Minggu, 05 Agustus 2018

Siapa Bilang Sampah Tak Ada Harganya?



Pernah ngga terlintas dalam pikiran saat melihat tumpukan sampah di tong sampah yang ada di rumah jika sampah-sampah tersebut bisa menjelma menjadi emas? Hah sampah jadi emas? Yups, hal ini bukan cuma khayalan saya saja kog. Pegadaian memiliki program CSR yang mengubah sampah-sampah menjadi tabungan emas. Lah kog gimana caranya? Pegadaian membeli sampah-sampah yang dikumpulkan oleh masyarakat desa binaannya dan hasil penjualan sampah masyarakat tersebut dikonversi ke dalam bentuk tabungan emas. Salah satu desa binaan Pegadaian adalah Desa Setia Asih, Taruma Jaya, Bekasi. Pegadaian belum lama ini telah meresmikan Bank Sampah dan Taman Desa Setia Asih, Tarumajaya Bekasi.

Peresmian Bank Sampah dan Taman Desa Setia Asih ini merupakan salah satu program CSR dari PT. Pegadaian. Dirut Pegadaian, Direktur Utama Pegadaian, Bapak Sunarso menjelaskan bahwa tujuan pendirian Bank Sampah adalah untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hidup masyarakat, mengurangi dampak sampah lingkungan, sekaligus meningkatkan sumber penghidupan. Masyarakat diharapkan tak ada lagi yang membuang sampah sembarangan dan tidak pada tempatnya. Di sekitar desa Setia Asih, Taruma Jaya tidak lagi terlihat sampah yang berceceran dan bikin mata sepet. Sampah dikumpulkan di Bank Sampah untuk kemudian diolah dan dikelola menjadi barang yang berguna. Sampah-sampah yang dikumpulkan dan memiliki nilai jual akan dihitung dan uangnya akan dijadikan dalam bentuk tabungan yang kemudian dikonversi ke nilai emas. Masyarakat Setia Asih yang telah memiliki saldo tabungan minimal 50 rb, saldo tabungannya tersebut akan dikonversi ke emas.



Peresmian Bank Sampah ini merupakan salah satu perwujudan dari program CSR (Corporate Social Responsibility) Pegadaian yang bertajuk Pegadaian Bersih-bersih, yang terdiri dari Program Bersih Administrasi, Bersih Hati, dan Bersih Lingkungan, sebagai bentuk kepedulian sosial Pegadaian kepada masyarakat.

Program Bank Sampah ini bertajuk The Gade Clean & Gold dengan harapan bahwa desa binaan yaitu Desa Setia Asih jadi bersih dan nyaman juga kekinian, dan hal ini sebagai kerja nyata Pegadaian dekat dengan masyarakat. Pegadaian berharap dengan adanya kerja sama antara Pegadaian dan masyarakat Desa Setia Asih, masyarakat akan lebih tertarik dengan produk-produk Pegadaian, serta menjadi nasabah loyal salah satu BUMN tersebut.



Dirut Pegadaian dalam acara peresmian Bank Sampah dan Taman Desa Setia Asih juga mengatakan bahwa Pegadaian akan mengembangkan program sejenis di desa-desa lain di Indonesia. Pegadaian ingin masyarakat lebih "aware" lagi terhadap kebersihan lingkungan sehingga masyarakat memiliki kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya dan dapat memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dan memiliki nilai ekonomis.

Kegiatan bank sampah ini merupakan salah satu perwujudan dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Pegadaian. Oleh karena itu pihak Pegadaian akan terus mencanangkan program Pegadaian Bersih-bersih yaitu Program Bersih Lingkungan, Bersih Administrasi dan Bersih Hati sebagai bentuk kepedulian sosial Pegadaian kepada masyarakat.

Program bersih-bersih tersebut sesuai program yang dicanangkan oleh pemerintah. Dan sesuai dengan motto Pegadaian yaitu hadir dari masyarakat, oleh dan untuk masyarakat serta Pegadaian mengatasi masalah tanpa masalah.

Dirut Pegadaian berharap masyarakat dapat lebih tertarik terhadap produk-produk Pegadaian dan menjadi nasabah loyal Pegadaian. Apalagi, Pegadaian telah berhasil mendirikan sedikitnya 12 bank sampah serupa di seluruh Indonesia.

Pihak Pegadaian terus bekerjasama dengan semua pihak untuk mendorong olahan sampah dari rumah tangga yang ditampung Bank Sampah, bukan hanya dijadikan simpanan uang. Tapi bisa ditukarkan menjadi pundi gram emas. Hal ini memiliki nilai lebih bahkan dapat diinvestasikan dalam jangka waktu lama.



Pak Hari
Koordinator Bank Sampah Desa Setia Asih, Bapak Hari menjelaskan jika respons masyarakat terhadap pembentukan bank sampah cukup antusias. Bahkan, ia menyebut saat ini masyarakat sudah aktif membentuk kelompok yang bergerak di bidang pengelolaan sampah, baik untuk pembentukan posko bank sampah di setiap RW, hingga kegiatan pemilahan sampah. Setiap harinya masyarakat Setia Asih berhasil mengumpulkan 3 kwintal sampah dari 15 pul pengepul di sejumlah desa di sekitar Tarumajaya, Bekasi.Warga yang datang ke Bank Sampah dapat membukukan sampahnya dan nantinya dapat ditabung ke tabungan emas pegadaian. Dengan konversi, 0,01 gram, seharga Rp5.800. Masyarakat menyambut baik program CSR Pegadaian ini dan berharap perekonomian di desa Setia Asih dapat terus meningkat dan kehidupan masyarakat makin sejahtera.


Read more

Jumat, 03 Agustus 2018

Festival Sahabat Generasi Maju SGM Eksplor


"Pilih anak pintar atau anak berkarakter? atau anak pintar dan berkarakter?" (Ayah Edy)
Kalimat tersebut diucapkan oleh Ayah Edy, seorang motivator parenting Indonesia dalam sebuah workshop tentang potensi prestasi anak yang sempat saya ikuti pada awal tahun 2017 lalu. Sebagai seorang ibu, saya pasti menginginkan anak saya tumbuh optimal dan sesuai dengan fase-fase pertumbuhannya baik secara fisik maupun psikologis. Saya menyadari bahwa tidaklah mudah untuk menjadi orangtua yang mampu memenuhi  tumbuh kembang anak secara optimal baik fisik maupun psikologisnya. 

Saya tidak ingin anak saya tumbuh cerdas dan sehat secara fisik namun memiliki karakter lemah, mudah menyerah dan tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Atau sebaliknya. Berkarakter tapi memiliki fisik yang tidak tumbuh optimal dan memiliki tingkat kecerdasan yang rendah . Saya dan suami ingin anak-anak kami dapat tumbuh optimal sebagai anak generasi masa depan yang sehat, cerdas dan berkarakter. Oleh karena itulah, saya selalu semangat menghadiri workshop, seminar ataupun talkshow seputar tumbuh kembang anak dan parenting.

Si Kecil yang hobi bergaya di depan kamera
Ayah Edy selalu menekankan bahwa masing-masing anak memiliki potensi dan kemampuan berkembang yang berbeda-beda. Setiap anak itu unik. Mereka tidak bisa dan seharusnya tidak boleh saling dibandingkan satu dengan yang lainnya karena setiap anak adalah pribadi yang istimewa.

Kahlil Gibran dalam salah satu puisinya mengungkapkan bahwa, "Anakmu bukanlah milikmu, mereka milik kehidupan. Mereka lahir dari kamu tapi mereka bukan kamu". Goresan pena Gibran ini memiliki makna bahwa anak-anak memiliki kehidupan dan keinginan sendiri. Mereka memiliki minat, bakat dan perkembangan jiwa sendiri. Meskipun kita orangtuanya tapi mereka bukan kita, mereka adalah diri mereka sendiri. Karena itu mereka harus berkembang sesuai dengan fase-fase tumbuh kembang dan menjadi diri sendiri. Untuk mampu melihat dan memahami potensi serta perkembangan (tumbuh kembang) anak, ada lima aspek penting yang harus diketahui orangtua yaitu aspek sosial, kognitif, fisik, bahasa dan emosi.

Festival Sahabat Generasi Maju SGM Eksplor

Senada dengan apa yang diungkapkan oleh Ayah Edy dalam beberapa seminar parentingnya, Mba Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si.,Psi seorang psikolog anak dan keluarga pada acara Festival Sahabat Generasi Maju SGM Eksplor di Summarecon Mall Bekasi juga mengungkapkan bahwa langkah penting yang dapat dilakukan oleh orangtua adalah mendukung anak memiliki 5 aspek penting dalam tumbuh kembangnya yang disebut sebagai 5 potensi prestasi anak generasi maju.
5 potensi prestasi anak generasi maju mencakup:
1. Cerdas kreatif : anak cepat menangkap dan mengerti serta memiliki banyak ide;
2. Percaya diri : menumbuhkan rasa percaya diri pada diri anak merupakan sesuatu hal yang penting. Anak harus yakin pada kemampuannya sendiri;
3. Tumbuh tinggi dan kuat : tumbuh kembang anak harus sesuai dengan tahapan usianya;
4. Supel : anak harus dapat berteman dan bekerjasama, berbagi, sopan dan mempunyai banyak ketrampilan sosial lainnya. Memiliki kemampuan beradaptasi yang baik dengan lingkungannya;
5. Mandiri : anak mampu mengandalkan diri sendiri untuk melakukan aktivitas dalam kehidupannya.

Salah satu langkah penting yang harus saya lakukan sebagai seorang ibu adalah memastikan anak-anak saya tercukupi kebutuhan nutrisinya untuk mengoptimalkan tahapan dan aspek tumbuh kembang mereka sesuai dengan usianya. Saya juga harus rutin menggali dan mengasah potensi yang ada dalam diri anak-anak saya.  Pemenuhan nutrisi dan stimulasi yang tepat dapat mendukung anak memiliki masa depan yang lebih baik dan membangun generasi yang lebih maju. SGM Eksplor mendukung dan berkomitmen untuk membangun anak generasi maju melalui inovasi terbarunya yaitu SGM Eksplor dengan Complinutri.

Suasana Festival Sahabat Generasi Maju
Festival Sahabat Generasi Maju mengajak orangtua untuk mampu melihat dan menunjukkan potensi prestasi anak. Festival Sahabat Generasi Maju diadakan di Summarecon Mall Bekasi dan kegiatan ini merupakan penutupan dari serangkaian acara Festival Sahabat Generasi Maju yang telah lebih dulu dilakukan sejak pertengahan April 2018 yang lalu.

Narasumber Talkshow Festival Sahabat Generasi Maju
Selain Mba Anna Surti Ariani, hadir pula Alyssa Soebandono, Dokter Gizi Klinis, dr. Nurul Ratna dan Mba Astrid Prasetyo, Marketing Manager SGM Eksplor pada acara tersebut. Alyssa mengatakan bahwa sebagai seorang ibu, ia selalu ingin berada dekat dengan anak-anaknya dan dapat menyaksikan tumbuh kembang buah hatinya meski ditengah kesibukannya yang sangat padat. Alyssa ingin anak-anaknya memperoleh curahan perhatian dan kasih sayang yang utuh dan lengkap dari dirinya dan sang suami. Untuk tetap dapat mendampingi buah hatinya, Alyssa rela menyewa sebuah rumah yang berdekatan dengan lokasi syutingnya supaya ia dapat leluasa dan mudah berjumpa dengan kedua anaknya yang masih balita. Alyssa memastikan anak-anaknya memperoleh asupan nutrisi yang baik agar tumbuh kembang mereka dapat optimal.

Pemenuhan nutrisi yang tepat untuk usia dan kebutuhan anak adalah hal penting agar dapat mengasah potensi prestasinya dengan optimal. dr. Nurul menjelaskan selain harus memperhatikan asupan zat gizi yang dibutuhkan anak dalam jumlah besar atau makronutrien seperti karbohidrat, protein atau lemak, orang tua juga mesti memperhatikan kebutuhan mikronutrien atau zat gizi mikro seperti beragam jenis vitamin dan mineral. Selain itu, anak diatas 1 tahun juga membutuhkan pangan fungsional lain seperti serat dan probiotik. Agar anak dapat tumbuh cerdas kreatif dibutuhkan Omega 3, 6 dan zat besi. Anak-anak juga memerlukan fosfor, seng, yodium, kalsium dan vitamin D untuk dapat tumbuh tinggi kuat dan memiliki gigi sehat. Pencapaian imunitas optimal dapat didukunh dari asupan vitamin A, C, E, Seng dan zat besi. Anak-anak juga membutuhkan prebiotik dan probiotik supaya pencernaannya dapat tumbuh sehat. Kini, semua kebutuhan tersebut dapat ditemui dalam susu pertumbuhan SGM Eksplor dengan Complinutri. SGM Eksplor adalah salah satu susu pertumbuhan berkualitas yang selalu berupaya untuk membantu memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan anak Indonesia agar dapat tumbuh optimal dan memiliki kehidupan yang baik sebagai Anak Generasi Maju.



Festival Sahabat Generasi Maju



Read more