Qareer Carnival 2018, Gedung Patra Jasa Jakarta



Hai apa kabar semua? Gimana libur lebarannya? Semoga menyenangkan ya. Harusnya sih membahagiakan ya karena bisa pulang kampung untuk berjumpa dan lepas kangen dengan sanak saudara dan handai taulan. Pasti membahagiakan rasanya. Dan saat kembali ke ibukota untuk mengais rezeki, terasa lebih semangat dan fresh. Tapi ternyata ngga semuanya merasa begitu loh. Ada juga yang malah merasa bingung dan sedih karena setelah libur lebaran usai, masa kontrak kerjanya pun usai. Atau baru saja lulus sekolah atau kuliah tapi belum tahu mau mencari pekerjaan dan bekerja dimana.

Duh kalau menghadapi situasi seperti ini, saya pun pasti dilanda rasa was-was dan tak tenang. Karena saya tahu bagaimana susahnya memperoleh pekerjaan. Bagi ibu rumah tangga banyak acara seperti saya ini, cukup stress juga dibuatnya jika suami saya tidak memiliki pekerjaan setelah pengeluaran lebaran yang sangat besar dan tahun ajaran baru pula. Duh puyeng dua belas keliling itu mah.

Bayangkan saja, saat lebaran pasti pengeluaran membludak dan bukan hanya itu saja, setelah lebaran berlalu, tahun ajaran baru pun menyambut. Itu artinya adalah saatnya pengeluaran kembali untuk keperluan anak sekolah. Nah loh?! Kebayangkan bagaimana pusingnya menghadapi situasi seperti ini dengan kondisi kepala keluarga yang baru saja kehilangan mata pencaharian. Oleh karena itu bersyukurlah jika masih memiliki pekerjaan atau mempunyai usaha sendiri yang berjalan lancar dan mampu menghidupi keluarga.

Saya jadi teringat perkataan seorang teman bahwa hidup ini selalu ada riak-riak yang mesti dihadapi dan disetiap kesulitan niscaya ada jalan keluarnya jika kita yakin dan terus berupaya untuk dapat keluar dari setiap masalah yang dihadapi. Termasuk masalah kehilangan pekerjaan dan ingin memperoleh pekerjaan baru. Saya pun terkenang ketika setahun yang lalu, suami saya mengalami PHK. Untungnya suami saya tahu harus berbuat apa sesaat setelah dia jobless. Tak mau membuang waktu, begitu tahu bahwa dirinya termasuk salah satu karyawan yang terkena PHK, suami langsung hunting pekerjaan baru yang sesuai dengan keahlian dan usianya.

Dia berusaha memperoleh pekerjaan lagi baik secara nyata maupun maya. Maksudnya adalah suami saya mulai menghubungi teman-temannya untuk menanyakan apakah ada lowongan di tempat temannya bekerja dan suami saya pun browsing diinternet mencari tahu apakah ada peluang pekerjaan yang bisa dia peroleh.

Tahun lalu, suami sempat mengalami PHK
Suami saya pernah bilang bahwa sekarang jamannya berbeda dengan sepuluh tahun lalu. Sekarang untuk memperoleh informasi seputar peluang kerja baru lebih mudah dan terbuka karena cukup banyak job fair yang digelar. Untuk memperoleh info tentang job fair pun bisa dilakukan dengan mencarinya di mbah google. Arus informasi memang terasa lebih cepat diera digital ini. Suami saya pun sempat loh "berburu pekerjaan" melalui job fair meski pada akhirnya dia memutuskan untuk menerima tawaran pekerjaan sebuah perusahaan farmasi asing di Jakarta melalui referensi dari kantor lamanya.

Ngomongin tentang job fair, saya jadi teringat salah satu job fair yang bisa menjadi tempat berburu pekerjaan untuk para jobseeker. Event job fair tersebut yaitu Qareer Carnival. Qareer Carnival adalah event job fair berkonsep paperless, dimana para jobseekers hanya perlu registrasi dan upload CV mereka secara online melalui website resmi Qareer Carnival, dan akan memperoleh kode OTP dan barcode untuk registrasi ulang dan apply lamaran di semua booth perusahaan yang berpartisipasi dalam event Qareer Carnival. Qareer Carnival kali ini adalah yang ke-4 setelah sebelumnya sukses diadakan di Jakarta (Juli 2017), Surabaya (November 2017), dan Bandung (Maret 2018). Event Qareer Carnival ini gratis dan menyediakan banyak lowongan untuk jobseekers mulai dari lulusan SMA dan jenjang yang lebih tinggi lagi.

Qareer Carnival 2018, Rabu-Kamis, 25-26 Juli 2018 di Gedung Patra Jasa (Ballroom Yudistira)

Event job fair Qareer Carnival merupakan ajang pencarian kerja yang dihelat oleh Qareer Group Asia. Kini saatnya Jobs.id, Qerja.Com dan Karir.Com menyapa para jobseekers yang berada di Jakarta. Qareer Carnival Jakarta akan menawarkan sesuatu yang berbeda dari semua job fair yang pernah ada. Semua proses registrasi pendaftar sampai lamaran pekerjaan dilakukan secara digital dan hanya berbekal smartphone. Tak perlu bawa laptop apalagi amplop lamaran kerja. Bye-bye cantik deh ke amplop coklat xixixi.

Qareer Carnival 2018 Jakarta ini melibatkan 50 company besar dan terpandang di negeri ini. Seluruh perusahaan yang ikut serta dalam event pencarian kerja cukup besar di tanah air ini, akan dipasangkan dengan sistem digital pada keseluruhan proses pelamaran kerjanya. Acara job fair ini bukan hanya seputar melamar pekerjaan saja tapi diramaikan pula oleh serangkaian acara menarik yang dapat diikuti oleh seluruh pencari kerja. Kegiatan menarik tersebut yaitu talkshow yang diisi oleh para ahli dibidang hukum ketenagakerjaan, most wanted skill dibidang IT sampai cara-cara efektif dalam merepresentasikan diri pada sebuah interview. Khusus untuk ciwik-ciwik nih, akan ada beauty class yang mengajarkan bagaimana cara merias diri yang sesuai untuk wanita pekerja. Bagaimana tampil cantik menarik dalam interview pekerjaan. Mupeng kan dengan acara Qareer Carnival 2018? Kalau kalian beneran mupeng dan kepengen banget ikut, kalian bisa langsung daftar disini dengan cara mengklik link Formulir Pendaftaran Qareer Carnival ini. Kalian bisa langsung registrasi secara mudah disini.

Oh ya beberapa perusahaan yang tergabung dalam event ini akan membuka kesempatan walk-in interview untuk para pencari kerja yang berada di lokasi Qareer Carnival Jakarta. Selain itu bagi kalian yang berminat meniti karir dibidang Management Trainee, tersedia juga MT Test secara gratis alias ngga bayar. Wow asiknya. 

Qareer Carnival ini diharapkan mampu memangkas biaya serta mempersingkat waktu saat para pencari kerja mengikuti job fair. Para pencari kerja pasti akan merasa terbantu dengan event job fair ini. Mereka hanya perlu mengisi data diri, upload CV lalu cek email dan selanjutnya melakukan proses registrasi dengan mengklik link verifikasi yang ada pada email tersebut. Setelah melakukan verifikasi di website, para pencari kerja akan mendapatkan QR Code dan OTP Code pada email Jobs.Id selanjutnya. Para pencari kerja tak perlu dipusingkan lagi dengan urusan antri pendaftaran dan lain-lain.


Sesampainya di venue Qareer Carnival, para pencari kerja cukup log in diaccount jobs.Id. Jika ada hyperlink yang muncul, boleh banget tuh untuk diklik dan kemudian melakukan scan QR Code di pintu masuk. Dan jobseekers bisa langsung bergabung di tempat acara. Proses yang sama (scan QR Code dengan smartphone/tablet peserta) berlaku setiap melakukan pelamaran dibooth perusahaan.
Proses digital yang mudah dan cepat prosesnya ini, diharapkan jobseeker dapat berfokus untuk membangun relasi dan berdiskusi langsung dengan para rekruter. Bukan hanya itu, job seekers dapat bergabung dalam berbagai aktivitas menarik seperti berfoto dan menulis di Wishing Wall, mengikuti mini competition, diskusi talkshow, dan bersantap di food area.


Qareer Carnival 2018 ini merupakan salah satu bentuk komitmen Qareer Grup Asia untuk membantu mengurangi angka pengangguran serta memajukan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Beberapa perusahaan ternama seperti Bukalapak, Cocoworth, Danamon, AXA Mandiri telah dipastikan bergabung bersama puluhan perusahaan yang lain. Dengan banyaknya perusahaan yang membuka jalur recrutmen di Qareer Carnival diharapkan menjadi kesempatan bagi para pencari kerja untuk mengeksplorasi pilihan pekerjaan dari berbagai bidang dan industri sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing.

Qareer Carnival JKT 2018 ini terselenggara karena adanya kerjasama dari pihak-pihak sponsor yaitu Bank DBS Indonesia, AIA Financial, Purbasari dan Aice es krim serta didukung penuh oleh sejumlah media partner. Satu hal istimewa yang akan ditawarkan dalam event job fair ini adalah adanya rest area yang akan membuat para pencari kerja sejenak melupakan kepenatannya karena asik makan es krim Aice gratis atau pun minuman berkarbonasi yang akan dibagikan cuma cuma. Oh ya jika kalian berminat ikut serta dalam perhelatan Qareer Carnival 2018 ini pastikan kalau gawai kalian adalah smarthphone yang telah dilengkapi oleh aplikasi Google Chrome. Karena semua proses digital registrasi dan pelamaran kerja hanya dapat diakses dengan aplikasi Google Chrome. Semangat memperoleh pekerjaan impian ya.


Komentar

  1. Maaak, aku juga jobseeker, nih, sekarang.. Hihi.. Sama kayak suamimu taun lalu, coba tanya lowongan ke kenalan dan cek di website info loker juga.. Doain yaah mak.. Biasanya doa emak2 manjur, nih.. 😁 Gampang ya sekarang dapat info loker dan ngelamar kerja, konsepnya udah paperless dan tinggal upload CV aja.. Manstap..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Onggy Hianata, Sang Inspirator Value Your Life

Belanja Asik Di Giant Dengan Harga Teman

Hexpharm Jaya, Obat Generik Kualitas Paten