Tips Mudik Aman, Sehat Dan Nyaman Ala GERMAS


Masih ingat tentang GERMAS? Yups, GERMAS adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Salah satu program yang dijalankan oleh Kementrian Kesehatan RI sejak beberapa waktu lalu. Mengenai GERMAS, saya pernah mengulasnya loh. Ini di sini . Silahkan kalian klik tulisan yang berwarna ungu itu untuk mengetahui lebih lanjut mengenai GERMAS. Sekarang saya hanya akan menjelaskannya sekilas saja. GERMAS merupakan program yang dilakukan oleh Kementrian Kesehatan RI dalam rangka menekan semakin tingginya angka penderita penyakit tidak menular.
"Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup". 
GERMAS meliputi:
- Peningkatan aktivitas fisik;
- Peningkatan Perilaku Hidup Sehat;
- Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi;
- Peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit;
- Peningkatan kualitas lingkungan, dan;
- Peningkatan kualitas hidup sehat.

GERMAS fokus dengan kegiatan melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, diet sehat dengan gizi seimbang serta memperbanyak konsumsi sayur dan buah, memeriksa kesehatan secara berkala, kelola stress dan enyahkan asap rokok. Fokus kegiatan GERMAS tersebut dikenal dengan istilah CERDIK.

Kementrian Kesehatan RI selalu menekankan pentingnya menerapkan gerakan masyarakat hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari termasuk saat menjelang lebaran seperti ini. Loh apa hubungannya ya? Maksudnya adalah menjelang lebaran biasanya kan banyak  yang melakukan mudik lebaran atau pulang kampung dan untuk memperoleh mudik yang sehat, aman dan selamat hendaknya si pemudik menerapkan gerakan masyarakat hidup sehat yaitu melakukan aktivitas fisik setiap hari minimal 30 menit/hari, mengonsumsi makanan dengan asupan gizi seimbang, memeriksakan kesehatan secara berkala sehingga tekanan darah terkontrol, kadar gula darah terkendali, serta kolesterol terpantau. Sebelum melakukan perjalanan jauh menuju kampung halaman hendaknya si pemudik harus beristirahat dengan cukup, tidak begadang, tidak minum alkohol dan menjaga kondisi badan supaya dalam keadaan segar bugar.

Tips mudik sehat, aman dan selamat ala Gerakan Masyarakat Hidup Sehat sesuai himbauan Kementrian Kesehatan RI yaitu meliputi:
1. Jika dalam perjalanan merasa kurang sehat, manfaatkanlah posko kesehatan yang tersedia di sepanjang jalur mudik. Kemenkes RI menyediakan beberapa titik posko kesehatan. Di posko kesehatan ini akan selalu berjaga seorang dokter dan beberapa petugas kesehatan untuk melayani keluhan kesehatan pemudik;
2. Konsumsi makanan dan minuman yang bersih dan bergizi;
3. Bila lelah, manfaatkan waktu di perjalanan untuk istirahat;
4. Jangan menerima makanan  dan minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal;
5. Hindari stress dan nikmati perjalanan;
6. Gunakan masker dan lindungi diri dari asap, debu dan polusi. Hal ini berlaku terutama untuk pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua;
7. Biasakan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir;
8. Pastikan fisik dalam kondisi sehat dan prima selama perjalanan mudik terutama untuk pengemudi;
9. Batasi barang bawaan agar nyaman selama perjalanan;
10. Membiasakan membuang sampah pada tempatnya selama perjalanan;
11. Tidak buang air kecil/besar sembarangan. Buang air besar/kecil harus di toilet yang tersedia;
12. Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi selama perjalanan.


Berkaitan dengan mudik lebaran tersebut, beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 5 Juni 2018, Kementerian Kesehatan RI mengadakan acara ngabuburit bareng MenKes RI di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Dalam acara ngabuburit bareng tersebut, Bu MenKes melakukan tanya jawab dengan para pengemudi bis antar kota antar provinsi, petugas DisHub, komunitas pengendara mobilio dan Honda motor serta media dan blogger. Tak lupa pula Bu MenKes menjelaskan mengenai tips mudik sehat, aman, dan selamat ala Kemenkes sesuai dengan GERMAS.

Bu MenKes dalam acara Ngabuburit Bareng Kemenkes
Bu MenKes menekankan sekaligus mengingatkan betapa pentingnya mengutamakan keselamatan dan kenyamanan selama melakukan perjalanan mudik. Hal ini untuk menekan dan mengurangi angka kecelakaan selama arus mudik dan supaya perjalanan mudik lancar tanpa hambatan apapun. Bu MenKes menghimbau supaya pengemudi menjaga kondisi fisiknya selama mengendarai kendaraan dan langsung istirahat jika merasa lelah.

Jangan pernah merasa ragu untuk mendatangi posko kesehatan yang tersedia. Atau bisa menghubungi 119 untuk info dan konsultasi pelayanan kesehatan. Khusus untuk pengendara mobil harus istirahat minimal 4 jam sekali dan untuk pengendara motor harus istirahat minimal 2 jam sekali. Diakhir acara ngabuburit bareng tersebut, Bu Nila sekali lagi menyarankan sekaligus mengajak pemudik supaya dapat melakukan tips mudik sehat, aman dan nyaman ala GERMAS agar perjalanan mudik dapat berjalan lancar dan kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dapat ditekan bahkan diturunkan angka kejadiannya. Selamat mudik, salam GERMAS dari Bu Menteri.

Bu MenKes foto bareng pengemudi

Bu MenKes foto bareng petugas DisHub

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Onggy Hianata, Sang Inspirator Value Your Life

Mengapa Saya Poligami

Hexpharm Jaya, Obat Generik Kualitas Paten