Layout Keren, Blog Makin Beken



Sebagai seorang blogger, siapa sih yang enggak mau punya tampilan blog yang menarik, kece, nyaman dibaca oleh siapa pun yang datang berkunjung. Karena blog itu kan seperti rumah kita sendiri. Tamu yang datang berkunjung ke rumah kita pasti akan merasa betah jika rumah kita tertata apik, nyaman, dan menyenangkan. Sama banget dengan blog. Paling malas kan melipir ke satu blog yang dibukanya saja lama banget, sudah gitu tampilan blognya enggak banget seperti banyak typo sana sini, warna dasar blog gelap sehingga kurang nyaman untuk mata pembaca, pengaturan paragraf dan penggunaan jenis huruf pun terasa kurang bersahabat, bikin pusing yang bacalah.

Tampilan blog yang keren ditentukan oleh pemilihan layout yang tepat. Saya sendiri termasuk blogger yang kurang memiliki kemampuan dalam menampilkan layout yang menawan. Masih minim banget ilmu saya tentang dunia blogging termasuk tentang layout ini. Padahal layout yang baik  sangat penting untuk membuat agar tampilan blog menjadi keren dan dapat memikat pembaca untuk datang ke blog kita. Dan untuk membuat layout yang baik, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Nah untuk dapat melakukan langkah-langkah membuat layout blog yang baik dan ciamik, saya pun memantapkan hati untuk mengikuti workshop tentang cara membuat layout yang baik supaya tampilan blog menjadi keren.


Minggu lalu, saya berkesempatan mengikuti workshop yang diadakan oleh Komunitas ISB dan CNI di Pizza Hut Gatot Subroto. Tema workshop tersebut pas banget dengan tema yang sedang saya cari. Yaitu cara membuat layout yang baik untuk blog. Workshop ini menghadirkan Dama Vara sebagai narasumbernya. Dama Vara atau saya biasa memanggilnya Dama adalah seorang blogger muda yang memiliki kemampuan blogging yang tak bisa dianggap remeh. Saya sendiri salut dengan kemampuan nge-blog yang dimiliki Dama. Karenanya saya tak ragu untuk belajar membuat layout yang baik pada Dama. Rasanya senang sekali dapat belajar "sesuatu hal" yang dapat menambah ilmu blogging saya. 

Dama Vara (Ani Berta.dok)
Sebelum menjelaskan tentang layout, Dama menjelaskan terlebih dulu mengenai persona. Apa sih persona itu? Persona adalah dokumentasi yang berisi penjelasan tentang karakteristik pengguna (user) digabungkan dengan tujuan, kebutuhan dan ketertarikannya yang menjadi target pengguna yang didapatkan. Berkaitan dengan dunia blogging, persona bisa diartikan sebagai pembaca. Pembaca utama. Kita harus dapat menentukan, blog kita ini, siapakah target pembaca utamanya? Dan layout yang kita buat harus disesuaikan dengan pembaca blog kita. Enggak lucu kan kalau tampilan blog kita jadul banget seperti misalnya hanya hitam putih sedangkan pembaca utama blog kita adalah anak abege, alhasil para abege ini bakal bosan dengan tampilan blog kita dan memilih untuk mengunjungi blog lain yang lebih "kekinian" dan sesuai dengan jiwa mereka. Untuk mencegah hal tersebut itulah, layout blog kita harus disesuaikan dengan pembaca utamanya.

Hal kedua yang mesti diperhatikan supaya tampilan blog kita memikat hati pembaca/pengunjung adalah pemilihan template yang tepat dan menarik. Memilih template ini bisa kita lakukan secara gratisan dengan mencarinya di blogger.com atau bisa juga mencarinya di Etsy. Dama menyarankan supaya kita sebagai blogger tak perlu ragu dan hitung-hitungan untuk mengeluarkan biaya atau modal supaya penampilan blog kita menarik. Karena tampilan blog yang menarik dan mudah diaksesnya akan membuat nilai jual blog juga akan meningkat. Gak ada ruginya kan? Usahakan template yang kita pakai menggambarkan niche blog kita dan ramah SEO.

Setelah memperbaiki template yang kita gunakan, hal selanjutnya yang harus diperhatikan agar tampilan blog kita baik dan keren adalah pengaturan paragraf. Paragraf yang kita gunakan sebaiknya teratur supaya nyaman dimata pembaca. Karena enggak enak banget membaca blog yang paragrafnya berantakan.

Selain paragraf yang teratur dan rapi, kita juga harus memastikan bahwa penulisan huruf pada kata yang kita pakai sudah benar alias tidak ada typo dan kesalahan penulisan. Kita harus mengedit tulisan kita dengan teliti. Ketidaktelitian dalam mengedit tulisan merupakan salah satu kelemahan yang banyak dimiliki oleh seorang blogger. Blogger yang baik adalah blogger yang dapat menampilkan tulisannya sesuai dengan ejaan yang seharusnya. Sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia dan tidak ada kesalahan penulisan.

Tulisan akan terasa lebih menarik dan memikat hati jika dilengkapi dengan foto pendukung tulisan. Foto yang dilampirkan dalam tulisan hendaknya foto yang terbaik dan disesuaikan dengan tampilan blog supaya tidak membuat blog menjadi sulit untuk dibuka. Ukuran file foto yang besar akan membuat blog kita susah untuk diakses.

Layout blog yang baik juga memiliki ilustrasi blog yang menawan. Ilustrasi blog dapat berupa cover blog. Untuk membuat ilustrasi blog yang ciamik, kita dapat memanfaatkan aplikasi canva. Aplikasi canva dapat didownload dan dipakai melalui laptop ataupun gawai yang kita miliki. Canva adalah program design online yang menyediakan banyak sekali alat edit untuk membuat berbagai desain grafis seperti banner, postingan di instagram, cover blog, header facebook, undangan, flyer dan lainnya. Aplikasi canva ini cukup mudah menggunakannya. Terakhir, Dama berpesan supaya kita harus rajin mengutak ngatik layout blog kita sehingga tampilan blog kita memikat hati pembaca untuk datang lagi, lagi dan lagi. 

Aplikasi Canva
Peserta Workshop (Ani Berta.dok)






Komentar

  1. Kalau menurut aku mbak, foto yang besar pas di blog sebetulnya nggak masalah karena jadi lebih jelas dilihatnya (apalagi buat blog beauty macam aku, kalau fotonya kecil ya nggak kelihatan detilnya). Yang penting sih ukuran file-nya kecil mbak jadi nggak berat kalau dibuka baik dari hp atau pc.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba maksudku ukuran file fotonya yg besar.

      Hapus
  2. andalan aku nih CAnva, simple dan bagus hasilnya. Keren banget

    BalasHapus
  3. Saya belum ngerti terkait pesona... Harus baca ulang ulang kali ya hehehe...

    Kalau canva sejak dulu udah pakai. Sejak sebelum ada aplikasinya. Sekarang malah lebih mudah akses karena bisa buat dari ponsel

    BalasHapus
  4. Iyaa.. blog tuh ibarat rumah. Duh ngerapihinnya kalau ganti template kadang seharian pun ga cukup. Sama halnya sama rumah, kalau renovasi kan g ba 1 hari jadi. Bahkan utk memilih tamplate yg pas aja lama bener. Xixixi..

    BalasHapus
  5. Akh mba dama fara toh namanya. Cocok deh ilmu sama tampilan aslinya eh. Hahaha Canva aplikasi lengkap juga ya buat mempercantik blog. Nice info kak

    BalasHapus
  6. Banyak teman blogger yg menyarankan pakai app ini, bisa di akses lewat pc juga tapi aku nya kurang mudeng utak atik huhu

    BalasHapus
  7. Wah aku pengen banget datang acara ini cuma kemarin anakku sakit. Padahal pengen banget belajar lay out. Makasih sharingnya ya mak Dewi. Insha Allah manfaat banget buat aku nih...

    BalasHapus
  8. Selama ini Ketika membuat layout saya kurang memperhatikan siapa Persona di blog saya yang penting matching dengan isi tulisan

    saya juga termasuk pengguna setia kanva karena selain Mudah juga banyak sekali pilihan baik font maupun juga gambar secara gratis

    BalasHapus
  9. Akupun ada niatan mengubah tampilan blog aku nih mba.. supaya lebih enak dilihat dan ngga berat ketika pembaca klik halaman blog aku.. jadi tambah semangat ngeblog nih

    BalasHapus
  10. Ini nih yang masih aku pelajari. Pake Canva. Aku gak bisa-bisa ih. Masih pakenya yang jadul aja dan offline. Photoscape. Kudu mulai belajar lagi ini. Canva bagus2 fiturnya.

    BalasHapus
  11. Ingat banget awal ngeblog suka gonta-ganti template..Gonta ganti warna ada hujan salju..daun berguguran...

    Tapi sekarang coba yg simpel..putih bersih...biar loading gak berat juga..

    Mengurangi typo dan usahain gak copy paste.

    Untuk pict aku juga pakai canva , aplikasi via android ..gampang utak Atik dan font2nya bagus .

    BalasHapus
  12. Kadang aku heran yah, tulisan pas di cek udah oke, eh begitu di publish, baru keliatan ada typo. hmm gemes banget ituh. Iya aku suka melihat tampilan layout blog yang bagus, jadi enak bacanya

    BalasHapus
  13. Aku termasuk yang pasrah sama pembuat template yang aku beli ini mak, soal layout dll haha. Ini aja tiba2 ada tampilan yg berubah dan aku blm sempet mbenerin :P
    Pada dasarnya soal layout aku tu suka yang simple2 aja gtu, gak terlalu ramai, suka warna dasar yang polosan, juga letak2nya yang biasa aja yg penting keliatan langsung kebaca, oh ini artikel, ini info, dll :D

    BalasHapus
  14. Aih,, mau dong biar lay out blog nya cantik juga. Saya masih pakai template yang simpel biar saya nya ga pusing. Lagian saya gaptek mak, ga paham utak atik blog. Sayang ga bisa ikutan di kelas yang satu ini untuk mempercantik lay out blog.

    BalasHapus
  15. Aku canva baru tau aja sih belom coba2 lagi. Dan kayaknya emang bagus dan perlu otak atik sendiri.

    BalasHapus
  16. canva juga jadi andelan aku banget...
    cuma yg template karena blogku masih gado2 isinya jadi bingung bikin template headernya hehhe

    BalasHapus
  17. Memang bener mba, banyak faktor yang bikin blog kita jadi bagus. Salah satunya lay out, dan aku maish harus banyak belajar lahi.
    Makasih mba, infonai

    BalasHapus
  18. Sejak awal ngeblog saya selalu usahakan pakai template yang enak dipandang mata, biar tamunya pada betah hehe. Saya juga pakai canva mak, ngebantu banget untuk bikin blog jadi makin kece tampilannya. Kadang pakai canva untuk edit foto yang mau diupload ke social media dan penambahan watermark juga.

    BalasHapus
  19. PR banget buatku yang nyaris ga pernah utak atik blogku huhu.pengen bisa utak atik jadi lebih cantik

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Onggy Hianata, Sang Inspirator Value Your Life

Mengapa Saya Poligami

Hexpharm Jaya, Obat Generik Kualitas Paten