Lomba Sosial Media Polda Metro Jaya


Pernah ngga sih kalian merasa kesal saat membuka facebook eh lewatlah di wall akun facebook kita, foto atau postingan tentang peristiwa tragis seperti foto korban kecelakaan atau pembunuhan. Duh bete banget kan? Belum lagi, munculnya berita-berita yang belum tentu kebenarannya. Kalau bertemu dengan hal-hal seperti itu, biasanya sih langsung saya delete saja dan yang mempostingnya langsung saya unfriend wkwkwk. Saya ngga mau mengotori pikiran saya dengan hal-hal negatif yang akan mempengaruhi kesehatan jiwa saya. Apalagi menjejali otak saya dengan berita-berita yang berisi konten negatif dan menyebar kebencian.

Tak bisa dipungkiri, semakin berkembangnya teknologi informasi dan digital, membuat informasi semakin cepat tersebar dan hal inilah yang membuat orang-orang tak bertanggungjawab merajalela menyebarkan berita palsu atau hoax. Tak cukup sampai disitu saja, mereka senang sekali mengadu domba lewat konten penyebar kebencian yang gencar diposting di sosial media terutama facebook. Ironisnya cukup banyak juga masyarakat yang mempercayai berita hoax tanpa menelaahnya lebih dahulu. Dan dengan tanpa dosa, ikut menyebarkan berita yang belum teruji kebenarannya. Wassallam deh.

Saya sesungguhnya sangat bersyukur dengan perkembangan dunia digital namun sekaligus meringis. Saking mudahnya informasi tersebar sampai terkesan tanpa adanya saringan. Siapapun bisa dengan mudahnya mengupload foto apapun di mana saja dan kapan saja. Tak peduli jika foto atau postingannya itu membuat resah dan perasaan tak nyaman atau bahkan dapat mendatangkan bahaya untuk orang lain. 

Sosial media saat ini terkesan "semau gue". Apapun dapat diunggah di akun sosial media milik pribadi. Termasuk mencaci maki orang lain untuk melampiaskan kekesalan bahkan mengumbar aib dirinya sendiri dan keluarga. Kesal dengan perlakuan pasangannya, langsung posting kekesalan di facebook. Dan ada pula yang memposting apapun yang dilakukannya ke facebook. Duh pokoknya lewat facebook, kita bisa mengetahui apapun yang sedang dilakukannya. Luar biasa, bukan peran media sosial saat ini?

Jika dahulu ada pepatah, mulutmu harimau mu maka saat ini pepatah yang lebih tepat adalah jempolmu harimaumu. Karena hanya dengan modal jempol dan kuota internet, apapun bisa terjadi. Pesatnya teknologi informasi dan digital, juga membuat hidup kita menjadi praktis dan serba mudah. Peluang usaha pun menjadi kian terbuka lebar. Dan hal ini sangat saya syukuri. Karena berkat kehadiran media sosial, saya dapat mendulang rejeki.

Perwakilan Polda Metro Jaya
Berkaitan dengan semakin banyaknya berita hoax dan konten negatif beredar di media sosial, Polda Metro Jaya pada tanggal 9 Mei 2018 lalu, mengadakan acara Coffee Morning Polda Metro Jaya bersama Netizen. Acara yang digelar di Gedung Promoter Polda Metro Jaya ini sekaligus merupakan acara peluncuran Citizen Journalism And Social Media Competition Polda Metro Jaya. Acara ini bertema "bersatu dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan hastag #SebarkanBeritaBaik.

Ndoro Kakung Wicaksono, perwakilan netizen
Dalam kesempatan tersebut, Polda Metro Jaya mengajak semua netizen untuk bijak dalam bersosial media. Netizen harus mampu selektif dalam memilah informasi. Polda juga mengimbau netizen untuk membuat konten postif dan bersama-sama menyejukkan isu politik negeri dengan karya kreatif. Untuk menyebarkan berita baik dan informasi positif, Polda Metro Jaya berinisiatif menggelar lomba content positif dan kreatif netizen dengan mengusung tema "Mari Bersatu Menjaga NKRI melalui #SebarkanBeritaBaik". Netizen yang hadir dalam acara Coffee Morning menandatangani spanduk yang merupakan dukungan terhadap #SebarkanBeritaBaik.



Lomba sosial media Polda Metro Jaya meliputi:
-Lomba vlogger yaitu lomba membuat video dokumenter atau video reporting di youtube;
-Lomba netizen yaitu membuat video , foto dan meme positif di IG dan FB.
Lomba ini diadakan dari tanggal 22-6-2018 sampai tanggal 1-7-2018 yang akan datang. Lomba terbuka untuk umum dan memperebutkan hadiah yang sangat menarik. Hadiah yang disediakan Polda Metro Jaya untuk pemenang lomba adalah sepeda motor, laptop, smartphone dan kesempatan diajak ikut merasakan patroli bersama Polda Metro Jaya dengan naik helikopter keliling DKI Jakarta. Tuh, menggiurkan banget kan hadiahnya?
Netizen yang mengikuti lomba dapat mengirimkan hasil karya konten positifnya ke humas.pmj@gmail.com.

Saya senang sekali dengan inisiatif yang dilakukan Polda Metro Jaya untuk mengadakan lomba konten positif ditengah gempuran berita hoak dan konten negatif yang semakin luar biasa merajalela di sosial media. Lomba ini semoga dapat meredam berita-berita negatif dan penebar kebencian yang beredar di sosial media yang bertujuan memecah belah kesatuan bangsa. Karena bagi saya NKRI adalah harga mati.



Komentar

  1. Senang klo dari berbagai pihak untuk stop hoax, karena buka hanya tugas polri tapi semua pihak

    BalasHapus
  2. Hadiahnya seru nih ikut patroli udara dengan helikopter. Huuuu mauuuuu hahaha

    BalasHapus
  3. Hoax memang menyebalkan bisa memecah belah umat ya.

    BalasHapus
  4. Sepakat , perangi hoax dg konten positif

    BalasHapus
  5. Kegiatan ini harus selalu dilakukan agar konten konten positif selalu ada ya mba. Kesel deh kalau baca konten yang hoax dan bikin orang malah makin menjauh

    BalasHapus
  6. Acara coffee morning mengingatkanku pada acara rutin kantor yg merupakan ajang silaturrahmi antara pimpinan dan karyawan. Semoga inisiatif baik dari Polri
    ini terus berkelanjutan ya mba.. demi NKRI yg lebih baik

    BalasHapus
  7. Polisi bahkan udah aware kalau blogger tu suaranya didengar yaaaaa... keren blogger diundang acara2 kyk gini :D
    Emang kudu lawan hoax mulai dr diri sendiri jgnnshare berita aneh2 hehe TFS

    BalasHapus
  8. Emang nih yg sering nyebarin berita hoax perlu diganyang... Semoga polri semakin tegas utk hal ini

    BalasHapus
  9. Asyik nih ada lombanya. Bisa berpartisipasi dengan program polda metro jaya.

    BalasHapus
  10. Nah ini dia yang masyarakat mesti tau bisa memilah mana berita hoax dan yang sesungguhnya. Sosialisasi dari kepolisian memang perlu digalakkan. Peran social media zaman sekarang harus disikapi dengan bijaksana. Share sesuatu harus dicek n ricek dulu sebelum berkembang jadi berita burung ya mb Dewi 😊

    BalasHapus
  11. Nah ini dia permasalahan zaman sekarang. Update social media harus hati2. Kalau hendak share apapun mesti dicek dahulu kebenarannya. Kepolisian Indonesia kudu sosialisasikan hal2 ini agar masyarakat paham berbagi cerita dan berita 😊

    BalasHapus
  12. Hoax memang semakin meresahkan, apalagi ditengah isu2 teroris yang sedang marak belakangan ini. Dulu aku pernah gampang bgt percaya info2 yg disebar di broadcast WA, yg ternyata mostly adalah hoax. Duh harus hati2 banget memang ya, mulai dari diri sendiri dulu biasakan memilih konten untuk disebar di medsos, harus pastikan kebenarannya.

    BalasHapus
  13. Tugas kita hanya satu sebenarnya jangan cepat percaya berita hoax dan ngga ikut2an copas trs share

    BalasHapus
  14. Ini penting banget konten sebar berita baik, di tengan berita yang adduhh sampai bingung mana yang bener..

    BalasHapus
  15. Wow.. sekarang pemerintah mulai gencar lomba sosial media ya.

    BalasHapus
  16. tertarik ikutan nih nanti mau ceki lagi akh sapa tau dapat motor baru

    BalasHapus
  17. NKRI harus bersatu ya melawan hoax, netizen harus semakin cerdas memilah konten mana yang perlu disebarluaskan. Senang deh dengan inisiatif polda metrojaya mengadakan kegiatan seperti ini

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Onggy Hianata, Sang Inspirator Value Your Life

Belanja Asik Di Giant Dengan Harga Teman

Hexpharm Jaya, Obat Generik Kualitas Paten