Air Bersih Untuk Masyarakat Toba Di Nagori Tambun Raya


Danau Toba
Menikah dengan orang Batak Toba dan sempat tinggal kurang lebih lima tahun di kota Medan, Sumatera Utara membuat saya merasa "sangat dekat" dengan kota ini. Selalu ada kerinduan yang tersimpan terhadap kota yang menyimpan sejuta cerita kehidupan saya dan suami. Kota Medan dengan segala hiruk pikuk dan pesona alamnya selalu memanggil saya untuk pulang kembali. Yups, bagi saya, kota Medan sudah seperti rumah ketiga saya setelah Jakarta dan Bandung.

Salah satu tempat yang ingin dan wajib saya datangi jika pulang ke kota Medan adalah Danau Toba. Danau Toba bukan hanya sekedar tempat wisata bagi saya dan suami. Di Toba-lah tinggal orang tua dan keluarga besar suami saya. Ayah mertua saya bermarga Tambun dan tinggal di sebuah dusun di daerah Simalungun, Sumatera Utara. Simalungun merupakan salah satu daerah yang sangat dekat dengan Danau Toba.

Pesona Danau Toba
Pertamakali menginjakkan kaki ke tanah Toba, saya langsung jatuh hati dengan keindahan Danau Toba. Danau Toba adalah danau terbesar di Asia Tenggara. Memang harus saya akui, kebersihan di sekitar tempat wisata Danau Toba kurang terjaga. Terlihat dengan cukup banyaknya sampah berserakan di sekitar lokasi wisata Danau Toba. Saya pun menjadi maklum ketika ibu mertua saya selalu mewanti-wanti saya untuk membawa bekal makanan sendiri jika ingin bermain air dan naik boat ke Pulau Samosir. Pulau yang berada di tengah Danau Toba. 

Penginapan sekitar Danau Toba
Ibu mertua saya selalu mengingatkan untuk tidak membeli makanan sembarangan di sekitar Danau Toba. Menurut anggapan ibu mertua dan para kerabat suami saya, air Danau Toba telah tercemar dan mengandung bakteri yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Apalagi setelah Gunung Sinabung meletus beberapa tahun silam. Mereka semakin enggan untuk mengonsumsi air Danau Toba.

Anggapan masyarakat sekitar Danau Toba terutama yang berada di Simalungun yang meyakini bahwa air Danau Toba tidak layak dikonsumsi, berubah sejak adanya pembangunan filter air bersih di sana. Pembangunan filter air bersih dibuat dalam rangka mendukung kebijakan dan strategi nasional pengembangan sistem penyediaan air bersih (KSNP-SPAM) di Nagori Tambun Raya.

Dulunya, masyarakat Dusun Tiga Baru dan Dusun Sait Borno-Nagori Tambun Raya, Simalungun mengandalkan air dari mata air pegunungan saja padahal mata air pegunungan yang ada kerap kali kering di musim kemarau dan cukup jauh dari tempat tinggal mereka. Masyarakat Nagari Tambun Raya enggan memanfaatkan air Danau Toba untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Padahal air Danau Toba adalah air kehidupan yang bisa dimanfaatkan untuk mencukupi kehidupan masyarakat Toba.

Pegunungan sekitar Danau Toba
Kini, dengan sentuhan teknologi, air Danau Toba dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Toba terutama masyarakat Nagori Tambun Raya untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan air minum sehari-hari. Penduduk Tambun Raya memiliki fasilitas air bersih dan mereka tidak mengalami krisis air bersih saat kemarau datang akibat keringnya sumber mata air pegunungan.

Penduduk dapat memperoleh pasokan air bersih setiap harinya tanpa rasa khawatir lagi. Masyarakat tidak perlu jauh-jauh lagi mencari sumber mata air baru. Sample air hasil teknologi filter ini juga telah diuji di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dan dinyatakan memenuhi syarat untuk air minum.

Danau Toba
Penerapan teknologi penyaringan air di Nagori Tambun Raya membuktikan bahwa air danau Toba aman dikonsumsi setelah melalui proses penyaringan. Penduduk setempat tidak perlu lagi khawatir dengan kualitas air Danau Toba.

Saya sendiri berharap masyarakat dan wisatawan yang datang ke Danau Toba sama-sama menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar Danau Toba. Sehingga Danau Toba menjadi tempat wisata yang bersih, apik dan indah serta mampu menarik wisatawan lebih banyak lagi untuk menikmati keindahan budaya dan alam Danau Toba.

Wisata Danau Toba














Komentar

  1. ALhamdulillah ya sekarang banyak CSR yang membantu masyarakat di sekitarnya. semoga program ini menjadi program yang berterusan.

    BalasHapus
  2. Wah danau kebanggaan Indonesia nih. Jadi airnya bisa diminum ya setelah melalui beberapa proses kak? Alhamdulillah ya

    BalasHapus
  3. indah banget itu pemandangan gunung2nyaa
    semoga air di danau toba bisa netral dan bersih lagi ya kayak dulu...
    bahaya juga memang kalau air nya tercemar letusan gunung sinabung itu .

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah akhirnya airnya bisa digunakan kembali. Baca di awalnya sempat sedih juga soalnya iconnya Medan ini yg menarik wisatawan juga danau kehidupan buat penduduk sekitarnya ya. Aku blm pernah ke Medan dan penasaran bgt sama danau yg sering ada di dongeng ini..hehe.. pemandangannya indaah

    BalasHapus
  5. Aku baru tau loh air danau toba bisa diminum. Tiap kali mudik ke sibolga, aku selalu lwatin danau toba mba. Dan kita pasti berhenti sebentar utk nikmatin pemandangannya. Ga bisa dibilang kata2 sih, ini danau istilahnya fotogenic bangetlah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Air danau Toba bisa utk air minum setelah direbus dulu, Mba. Dan bisa juga utk air bersih

      Hapus
  6. Pas baca Danau Toba, jadi ingat kejadian atau peristiwa kapal motor tenggelam itu Mak Dewi. Dan baru tahu juga bahwa air nya bisa di minum langsung tanpa perlu di masak. Benar ga sih air disana itu dingin?

    Aku belum pernah kesana dan melihat dari gambar yang Mak Dewi berikan pada artikel ini jadi penasaran seperti apa aslinya Danau Toba ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Airnya harus tetep dimasak Sif. Tdnya masyarakat setempat enggan menggunakan air Danau Toba sebagai air minum/kebutuhan sehari hari mrk tentusaja hrs direbus dulu. Air Danau Toba klo mnrt aku ya spt air danau lainnya, dingin diawal tp pas nyebur ya ngga dingin dingin amat. Yg pastinya viewnya bagus bgt di sana, Sif.

      Hapus
  7. Itu kalo nggak ada judulnya, pasti orang bilang ini luar negri, cantik banget pemandangannya ah jujur mau kesana

    BalasHapus
  8. Ngeliatin danau toba, inget rencana beberapa taun lalu,hahaah, dan gak ada lagi kelanjutan.

    BalasHapus
  9. Wih air danau Toba aman dikonsumsi ya? Syukurlah kebersihannya terjaga buat pasokan warga sekitar

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah ya Maak sudah ada filter air sehingga warga bisa menikmati air bersih.

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah sekarang ada penjernih atau filter air di danau toba ya. Semoga warganya makin mudah mendapatkan air bersih dari danau toba

    BalasHapus
  12. Kalau air botolan banyak yang jual khan mba. Berarti kita disana di larang ngopi bareng di warung kopi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Onggy Hianata, Sang Inspirator Value Your Life

Belanja Asik Di Giant Dengan Harga Teman

Hexpharm Jaya, Obat Generik Kualitas Paten