Viva Lova Blogger Gathering 2018, Dunia Fantasi Jakarta



Saya lahir dan dibesarkan di ibukota Jakarta. Hampir sebagian besar hidup saya, saya lalui di sini. Jika saya bertanya pada kalian, apa sih yang diingat dari ibu kota tercinta ini? Pasti diantara kalian ada yang menjawab tempat wisatanya. Yups Jakarta memiliki cukup banyak tempat wisata yang memikat hati. Siapa sih yang tidak penasaran dengan bangunan tinggi menjulang yang dilengkapi dengan kemilau emas dipuncaknya? Ya, hampir sebagian besar orang yang datang ke Jakarta kepo dengan Monas, nama bangunan tinggi tersebut.

Sebagai orang yang lahir dan dibesarkan di ibukota tercinta, saya termasuk orang yang jarang mengunjungi tempat wisata hits di Jakarta. Termasuk mengunjungi Taman Impian Jaya Ancol dan Dunia Fantasi. Hiks sedih ya. Terakhir kali saya berwisata ke Dunia Fantasi ketika saya kelas 6 SD. Hahahaha lama banget ya. Sekitar 29 tahun yang lalu. Dan akhirnya setelah jutaan purnama, saya berhasil juga untuk datang kembali ke Dunia Fantasi.

Kali ini, saya tidak berkunjung sendiri tapi bersama puluhan teman blogger beserta keluarganya dalam acara "Blogger Gathering Viva Lova". Acara yang diselenggarakan oleh Viva News. Viva News adalah situs berita harian terpercaya dan terkini yang menyajikan kabar terbaru seputar politik hingga gaya hidup dan olahraga. Viva News mengadakan Blogger Gathering dengan harapan akan adanya sinergi yang lebih baik lagi antara Viva News dan blogger.


Viva News berharap blogger akan dapat lebih berkontribusi dengan lebih sering menulis pada portal berita mereka. Selama ini masih jarang blogger yang menulis pada situs berita mereka padahal Viva News membutuhkan tulisan-tulisan para blogger ini yang dinilai lebih aktual dan terpercaya. Kedepannya, Viva News akan lebih banyak membuat acara yang melibatkan para blogger. Viva News memilih Dunia Fantasi sebagai lokasi acara gathering karena Dufan (Dunia Fantasi) merupakan wahana rekreasi keluarga dengan fasilitas yang lengkap. Berbagai jenis permainan untuk seluruh anggota keluarga ada di Dufan.



Dufan sangat bersih

Saya agak terkejut dengan Dufan saat ini yang terasa lebih megah dan sangat lengkap fasilitas penunjangnya seperti restoran, kamar mandi dan tempat ibadah. Beda banget dengan Dufan yang ada dalam ingatan saya. Ya iyalah pasti banyak perubahan dalam kurun waktu dua puluh tahun lebih. Dufan sangat bersih dan banyak pohon rindang sehingga membuat pengunjung merasa nyaman berkeliling Dufan.



Dunia Fantasi

Maskot Dunia Fantasi

Salah satu wahana di Dunia Fantasi
Dunia Fantasi atau yang lebih familiar dengan sebutan Dufan diresmikan pada Agustus 1985. Dufan merupakan tempat hiburan yang terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Lokasi Dufan dulunya adalah tempat hidup monyet bekantan, salah satu binatang langka. Untuk mengingat hal tersebut, maka dijadikanlah monyet bekantan sebagai maskot Dufan. Selain monyet bekantan, Dufan juga menjadikan beberapa hewan langka sebagai maskot. Maskot Dufan yaitu:
Dufan dan Dufi : monyet bekantan;
Kabul : katak gembul;
Tanit : tapir genit;
Bije : Bison Jenaka;
Garin : Garuda Indonesia;
Kombi : Komodo gembira;
Cili : Kancil licik
Barus : Babi Rakus.
Dufan memiliki jam operasional Senin-Jumat dari jam 10.00 WIB sampai 18.00 WIB. Untuk Sabtu/Minggu/Hari Libur, Dufan buka dari jam 10.00-20.00 WIB. Untuk harga tiket hari kerja (Senin-Jumat) dipatok dari harga 200 ribu rupiah. Tapi bisa juga mendapat potongan harga jika memanfaatkan promo harga di beberapa e-commerce seperti Traveloka, Tiketcom, Tokopedia, bookingcom dan lain-lain. Untuk harga tiket hari libur dan Sabtu-Minggu, dipatok mulai harga 295 ribu rupiah. Selama bulan April 2018 ini, Dufan menawarkan harga khusus untuk langganan setahun Dufan. Biasa disebut dengan tiket Annual Pass. Dengan membeli tiket Annual Pass, kita dapat gratis ke Dufan selama setahun setiap hari termasuk Sabtu-Minggu atau hari libur.

Kalian juga bisa mendapatkan fasilitas pelayanan yang spesial dengan membeli premium access. Premium access adalah jalur khusus wahana/premium track dan akan mendapatkan voucher minuman. Selain itu juga mendapatkan premium lounge Dufan  yaitu dapat memanfaatkan fasilitas tempat istirahat selama berekreasi di Dufan. Dufan bukan hanya menawarkan kenyamanan premium access saja tapi juga menawarkan fasilitas fast track. Dengan membayar biaya tambahan sebesar 200 ribu rupiah, kita akan memperoleh tanda fast track. Fast track adalah jalur cepat naik 14 wahana tanpa harus mengantri. Kalau menurut saya sih, harga 200 ribu ini sebanding dengan yang didapatkan. Apalagi saat weekend, antrian pengunjung cukup panjang untuk dapat menikmati satu wahana saja. Dengan memiliki tiket fast track, kita tidak perlu berlelah-lelah mengantri. Cukup menunjukkan stempel khusus ditangan, kita bisa langsung bisa menikmati 14 wahana permainan. Cukup dapat menghemat waktu dan tenaga.




Kalian juga tak perlu cemas karena takut kelelahan berkeliling Dufan, Dufan menawarkan penyewaan scooter untuk keliling area Dufan. Ada juga penyewaan kereta dorong bayi untuk pengunjung yang membawa bayi dan anak kecil. Dufan yang kemarin saya kunjungi terasa lebih menyenangkan dan bersahabat. Tersedia banyak tempat-tempat duduk disepanjang area Dufan untuk sejenak melepas lelah.
Fasilitas umum yang ditawarkan Dufan adalah perawatan bayi, panggung musik, p3k, mesjid dan mushola, penitipan barang, atm bersama, area merokok, toilet, restoran dengan berbagai macam pilihan, aksesbilitas untuk disabilitas, pusat penerangan dan outlet Dufan.

Dufan memiliki 8 kawasan, masing-masing kawasan memiliki beberapa wahana permainan.
8 kawasan Dufan, yaitu:
Kawasan Hikayat terdiri dari Mysterious Island, Burung Tempur, Rajawali, Galactica dan Arung Jeram.
Kawasan Indonesia terdiri dari Alap-Alap (mini roller coaster), istana boneka, tornado.
Kawasan Kidz Fantasy terdiri dari Ice Age Arctic Adventure, Kontiki, Colour Of Kingdom, Hello Kitty, Dream Playground.
Kawasan Eropa terdiri dari Kicir-Kicir, Hysteria, Stage Show.
Kawasan Yunani terdiri dari Ombang-Ombang, Pontang-Pontang, Ontang Anting, Halilintar, Pentas Prestasi.
Kawasan Jakarta terdiri dari Turangga-Rangga, Premium Lounge.
Kawasan Asia terdiri dari Bianglala, Kora Kora, Baku Toki dan Gajah Bledug.
Kawasan Kalila terdiri dari Ubanga-Banga, Kalila Adventure.
Kawasan Amerika terdiri dari Poci-Poci, Rumah Jahil, Rango-Rango dan Niagara-Gara.
Kawasan Africa terdiri dari Fantasy Lights dan Fantastique.

Saya yang memang tidak terlalu menyukai permainan, hanya tertarik untuk menikmati wahana Bianglala dan Hello Kitty saja. Ditambah lagi dengan antrian yang sangat panjang dibeberapa wahana, membuat saya semakin malas saja untuk mencoba permainan. Meski hanya sedikit wahana permainan yang saya coba, namun saya sangat suka dengan Dufan yang sekarang. Sangat nyaman dan mengasyikan untuk menikmati hari seru bersama orang terkasih. Saya sangat terhibur dengan beberapa pertunjukkan gratis yang dihadirkan oleh Dufan seperti pertunjukkan dipanggung musik. Bagi saya, Dufan tetap menjadi salah satu tempat rekreasi yang sangat recomended. Jika kalian datang ke Jakarta, rugi banget jika tidak mampir berkunjung ke Dunia Fantasi ini.








Komentar

  1. Aku terakhir ke Dufan zaman gadis saat pacaran sm suami hehe. Skrg semenjak ada anak belum sempat. Mau banget deh liat seru" gini, apalagi sm keluarga. Banyak wahana permainan baru ya mbak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Onggy Hianata, Sang Inspirator Value Your Life

Mengapa Saya Poligami

Hexpharm Jaya, Obat Generik Kualitas Paten