Pegadaian Literation Fair 2018, Summarecon Mall Bekasi


Pegadaian Literation Fair Happy Day Bekasi
Siapakah diantara kalian yang belum pernah mendengar Pegadaian? Sepertinya sebagian besar sudah mengetahui apa itu Pegadaian. Meski hanya sekedar tahu saja. Kali ini saya akan mengajak kalian untuk mengenal lebih dekat lagi dengan Pegadaian. Pegadaian adalah salah satu BUMN yang membantu masyarakat menyelesaikan masalah tanpa masalah. Pegadaian akrab sekali dengan kegiatan gadai menggadai. Pegadaian ini telah lama dikenal oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia terutama di daerah. Mungkin saja orangtua atau kerabat kita merupakan salah satu nasabah Pegadaian.

Pernah dengar gadai emas kan? Nah, pegadaian ini merupakan tempat untuk menggadaikan emas. Oh ya menggadaikan itu berarti kita menyerahkan barang yang ingin ditukar dengan sejumlah uang dan kita harus menebus barang yang kita serahkan atau jaminkan tersebut sesuai dengan nominal dan waktu yang tercantum dalam perjanjian. Barang yang digadaikan bisa apa saja asalkan memiliki nilai jual seperti televisi, komputer, sepeda, kompor gas, rice cooker, motor tapi yang paling sering digadaikan adalah perhiasan emas dan logam mulia. Jika barang milik kita tersebut tidak kita tebus pada waktu yang ditentukan maka barang kita akan menjadi milik Pegadaian dan akan diikut sertakan dalam pelelangan. Barang yang dilelang oleh Pegadaian adalah barang-barang yang tidak ditebus oleh pemiliknya dalam jangka waktu yang telah ditentukan.


Menjaminkan atau menggadaikan sesuatu barang sudah lumrah dilakukan oleh masyarakat kita sejak jaman dulu. Terbukti dari umur Pegadaian yang saat ini menginjak usia 117 tahun. Tuh sudah tua banget kan?  Saya sendiri pernah loh ikut dalam acara pelelangan yang diadakan oleh Pegadaian. Saat itu kebetulan, rumah kost yang saya tempati berada tepat diseberang Kantor Cabang Pegadaian Tanjung Sari, Jawa Barat. Ibu kost saya salah satu nasabah setia Pegadaian. Bahkan beliau sering mengajari saya untuk membeli barang-barang seperti televisi, kipas angin, radio, komputer, rice cooker bahkan bedcover di Pegadaian, pada saat acara pelelangan. Bu Nana, nama ibu kost saya, hafal sekali kapan saja jadwal pelelangan dilakukan. Jika beruntung, kita akan mendapatkan barang bagus dengan harga murah dari acara pelelangan Pegadaian tersebut.

Saya semakin mengenal Pegadaian saat menghadiri acara Pegadaian Literation Fair 2018 di Summarecon Mall Bekasi pada hari Sabtu tanggal 31 Maret 2018 kemarin. Pegadaian Literation Fair adalah serangkaian acara dalam rangka memperingati acara hari jadi Pegadaian ke 117tahun. Acara ini rencananya akan digelar di 19 kota besar di Indonesia.
Pegadaian Literation Fair Happy Day Bekasi pada Sabtu kemarin, menampilkan berbagai acara seperti pemilihan Pegadaian Idol Cilik dan talkshow seputar produk-produk Pegadaian Syariah dan emas. Talkshow menghadirkan Ibu Mawar dari Pegadaian Amanah, salah satu produk Pegadaian Syariah, Pak Agung dan Bu Silvia dari pihak UBS, rekanan Pegadaian Emas.

Salah seorang peserta Pegadaian Idol Cilik
Yups saat ini Pegadaian telah banyak bertransformasi. Pegadaian tidak hanya sebatas gadai menggadai saja tapi telah memiliki tiga jenis usaha. Tiga jenis usaha Penggadaian tersebut terdiri dari bidang jasa, bisnis dan emas. Termasuk bergerak dalam produk syariah. Pegadaian kini telah memiliki produk syariah yaitu jenis produk Pegadaian yang dikelola menurut ajaran/syariat Islam.

Pada kesempatan tersebut, Bu Mawar menjelaskan mengenai program Pegadaian Amanah. Pegadaian Amanah dari Pegadaian Syariah merupakan solusi untuk karyawan dan pengusaha kecil agar dapat memiliki kendaraan pribadi secara syariah. Kendaraan dapat diangsur dengan prinsip syariah dan melalui proses pembiayaan yang mudah. Pegadaian Amanah memiliki kelebihan dibandingkan dengan cicilan kendaraan bermotor konvesional yaitu jika nasabah melunasi cicilan kredit kendaraan bermotor sebelum waktunya, nasabah akan memperoleh potongan biaya. Dan hal ini tidak ada dalam kredit kendaraan bermotor konvesional. Downpayment pada Pegadaian Amanah untuk mobil adalah 20% dan motor 10% sesuai dengan OJK(Otoritas Jasa Keuangan).

Selain Pegadaian Amanah, Pegadaian juga memiliki produk unggulan yaitu Pegadaian Emas. Gadai emas termasuk dalam jenis Kredit Cepat Aman (KCA). Kredit dengan sistem gadai yang diberikan kepada semua golongan nasabah baik untuk kebutuhan konsumtif maupun kebutuhan produktif. KCA merupakan solusi terpercaya untuk mendapatkan pinjaman secara mudah, cepat dan aman.


Saat ini Pegadaian juga menghadirkan produk emas murni UBS. Seperti yang dipaparkan oleh Bu Sylvia, emas murni UBS memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan logam mulia merek lainnya. Keunggulan emas murni UBS adalah nilainya tetap sama kapanpun diproduksi karena tidak dicantumkan tanggal emas diproduksi. Emas murni UBS memiliki tampilan sangat elegan dan menarik, bersertifikat SNI, waktu pemenuhan pesanan lebih cepat, kemasan hard clear plastic menjaga emas tetap dalam kondisi prima dan diproduksi oleh PT. UBS, pabrik perhiasan termuka di dunia. Lebih lanjut lagi, menurut Bu Sylvia dan Pak Agung, saat ini investasi yang tepat untuk masa depan adalah investasi emas atau logam mulia. Emas atau logam mulia memiliki nilai yang cukup stabil dan harga pasarnya mengikuti harga emas/logam mulia yang berlaku pada saat itu. Harga dasar emas atau logam mulia setiap tahunnya selalu mengalami kenaikkan.

Selain produk-produk tersebut diatas, Pegadaian juga memiliki produk Pegadaian Arrum Haji. Produk ini membantu nasabah yang ingin melaksanakan ibadah haji untuk dapat memiliki porsi haji dengan jaminan emas. Dengan menjaminkan emas senilai 7 juta maka nasabah akan memperoleh pinjaman 25 juta rupiah dalam bentuk tabungan haji yang dapat digunakan untuk mendaftar haji. Pinjaman tabungan haji tersebut dapat dicicil selama lima tahun. Pegadaian Arrum Haji dapat menjadi solusi untuk siapapun yang ingin beribadah haji namun belum memiliki dana yang cukup.

Semoga sudah cukup jelas ya pengenalan saya tentang Pegadaian. Sekarang sudah tahu kan harus kemana jika ingin memperoleh bantuan dana atau pun ingin menggadaikan emas tanpa menimbulkan masalah.
Pegadaian, Mengatasi Masalah Tanpa Masalah




Komentar

  1. ada beberapa produk baru dari peggadaian kah mba

    BalasHapus
  2. gak asing dengan pegadaian karena mereka tuh punya slogan yang memorable hehe. Seru banget acaranya mak, jadi nambah edukasi buat yang belum tahu juga soal pegadaian dan inovasinya

    BalasHapus
  3. Pegadaian banyak banget membantu masyarakat mbak, bunga nya juga kecil jadi jarang banget yang sampai ke lelang kalau misalkan menggadaikan barangnya disana.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Onggy Hianata, Sang Inspirator Value Your Life

Belanja Asik Di Giant Dengan Harga Teman

Hexpharm Jaya, Obat Generik Kualitas Paten