Gelaran Mandiri Jogja Marathon 2018

Jadi Mandiri.dok
Masih ingat dengan Mandiri Jakarta Marathon di penghujung bulan Oktober 2017 lalu? Sekadar mengingatkan saja, Saya pernah mengulasnya di sini mengenai keseruan lomba marathon kelas dunia tersebut. Dan hari Minggu kemarin, kejuaraan serupa baru saja digelar di sekitar Candi Prambanan, Jawa Tengah. Yups, Mandiri Jogja Marathon baru saja dihelat oleh Bank Mandiri sebagai penyelenggara utamanya. Sayangnya pada saat Mandiri Jogja Marathon 2018 ini, saya tidak bisa menyaksikannya langsung tapi saya tetap bisa mengikuti event olahraga internasional tersebut melalui akun sosial media Jadi Mandiri , agak sedikit terhiburlah hati ini.

Mandiri Jogja Marathon 2018 diikuti oleh kurang lebih 7500 peserta. Tidak semua peserta lomba marathon ini seorang pelari loh. Banyak juga peserta yang berasal dari kalangan masyarakat biasa namun mereka menyenangi olahraga marathon. Oh ya Bu Rini, Menteri BUMN ikut pula meramaikan event Mandiri Jogja Marathon dengan menjadi peserta di kategori 5K. Wah ternyata Bu Rini antusias ya dengan ajang marathon bergengsi ini.

Jadi Mandiri.dok
Peserta Mandiri Jogja Marathon berasal dari beberapa kota besar di Indonesia seperti dari Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok, Tangerang, Bandung dan masih ada beberapa kota besar lainnya. Bukan hanya dipenuhi oleh peserta lokal saja, ajang marathon tahunan ini juga diramaikan dengan kehadiran peserta dari beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Kenya, Italia, Irlandia, China, Australia, India dan beberapa negara lainnya. Kebayang ya betapa ramainya Prambanan dan sekitarnya pada hari Minggu kemarin?

Jadi Mandiri.dok
Mandiri Jogja Marathon 2018 memperlombakan 4 kategori yaitu full marathon (42,195K), half marathon (21K), 10K, 5K. Peserta melintasi area sekitar Candi Prambanan Roro Jongrang, Candi Plaosan, Monumen Taruna, kawasan pertanian dan lingkungan pedesaan. Peserta berlari sambil menikmati segarnya pemandangan sekitar. Keindahan Prambanan menjadi saksi bisu kegigihan para peserta dalam menyelesaikan lomba.

Jadi Mandiri.dok

Jadi Mandiri.dok
Mandiri Jogja Marathon 2018 mengangkat dan mempromosikan kekayaan budaya dan produk lokal. Hal ini bertujuan supaya dapat memacu pengembangan pariwisata dan ekonomi provinsi Jogjakarta dan sekitarnya. Mandiri sebagai penyelenggara ajang lomba internasional ini, melibatkan berbagai instansi terkait untuk mendukung kelancaran acara. Polda Jogja ikut dilibatkan untuk mengatur lalu lintas sehingga tidak mengganggu konsentrasi pelari namun tetap menjaga kelancaran aktivitas masyarakat sekitar.

Jadi Mandiri.dok
Ada hal menarik dari gelaran ini. Peserta lomba dimanjakan dengan kehadiran para penjaja kuliner tradisional dan suguhan 8 ribu buah pisang yang dapat mereka santap setelah menyelesaikan marathon. 8 ribu pisang tersebut sengaja dibeli oleh pihak Bank Mandiri dari pedagang setempat (lokal).  Bank Mandiri berharap dengan adanya perhelatan marathon ini, dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Jogja dan sekitarnya.

Jadi Mandiri.dok

Jadi Mandiri.dok

Jadi Mandiri.dok
Untuk memastikan Mandiri Jogja Marathon 2018 dapat berjalan lancar, Bank Mandiri  menggelontorkan dana yang cukup besar untuk perbaikan jalan dan  pembangunan sarana yang diperlukan. Semua instansi seperti Pemerintah Kabupaten Sleman, PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko ikut dilibatkan. Daerah sekitar Prambanan ditata sedemikian apiknya demi menyukseskan acara ini.

Jadi Mandiri.dok

Jadi Mandiri.dok

Jadi Mandiri.dok

Jadi Mandiri.dok
Keseruan Mandiri Jogja Marathon semakin terasa dengan kehadiran hiburan lokal di beberapa titik lomba mulai dari kilometer keenam. Oh ya semua transaksi yang terjadi di Mandiri Jogja Marathon 2018 harus menggunakan alat pembayaran dari Bank Mandiri dapat dengan debit, kartu kredit, e-money dan e-cash Mandiri. Bank Mandiri mengeluarkan seri e-money khusus Jogja Marathon 2018. Selain itu, Bank Mandiri menawarkan pula beberapa promosi menarik selama ajang Jogja Marathon berlangsung.

Jadi Mandiri.dok

Jadi Mandiri.dok
Pak Tiko dan Bu Rini menyempatkan diri untuk hadir dalam penyelenggaraan lomba marathon bergengsi ini. Mereka mengibarkan bendera start tanda lomba dimulai. Selama lomba berlangsung, para peserta marathon harus memperhatikan kehadiran para pacer yang menjadi patokan mereka selama lomba. Tim pacer ini akan berlari konstan karena mereka menjadi patokan bagi para peserta lomba.

Jadi Mandiri.dok
Mandiri Jogja Marathon 2018 menjadi salah satu ajang pembuktian pelari nasional jika mereka mampu bersaing dengan pelari internasional. Hal ini terbukti dengan berhasilnya pelari nasional menempati posisi awal pada saat finish. Para peserta terlihat menikmati serangkaian acara dalam ajang marathon ini. Mereka memanfaatkan spot-spot cantik sekitar Prambanan untuk mengabadikan momen terbaik mereka setelah mampu menyelesaikan lomba. Semoga dengan adanya gelaran rutin tahunan ini, perekonomian masyarakat sekitar Prambanan dapat lebih baik lagi dengan adanya peningkatan kunjungan wisatawan ke daerah mereka. Mandiri Jogja Marathon 2018 berakhir dengan meninggalkan banyak kenangan manis untuk masyarakat Jogja.

Jadi Mandiri.dok

Jadi Mandiri.dok

Jadi Mandiri.dok

Jadi Mandiri.dok

Jadi Mandiri.dok








Komentar

  1. olahraga, wisata budaya, makan2, pepotoan, bawa pulang medali keren ~ paket lengkap! keren lah Mandiri bs bikin acara super seru kayak gini ya kak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Onggy Hianata, Sang Inspirator Value Your Life

Dibohongi Atau Dipoligami?

Mengapa Saya Poligami