Onggy Hianata, Sang Inspirator Value Your Life

Pak Onggy Hianata
Setiap orang di dunia ini, pasti memiliki impian dalam hidupnya. Ada yang diberikan kemudahan-NYA sehingga mudah menggapai impiannya tapi ada pula yang harus mengalami jatuh bangun dalam kehidupannya. Sesungguhnya setiap diri pasti memiliki potensi terbaik yang dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk menggapai impiannya tersebut. Sayangnya banyak pula yang belum mampu menyadari apa saja potensi yang ada dalam dirinya yang bisa dijadikan amunisi untuk meraih impian dalam hidupnya. Hal inilah yang melatarbelakangi Bapak Onggy Hianata membuka program Value Your Life-A Life Changing Bootcamp pada tahun 2003 silam.

Kesadaran dan motivasi yang kuat untuk mengembangkan karakter, pola pikir dan potensi terbaik yang ada dalam diri kita, tak selamanya dapat kita lakukan sendiri. Bahkan kita sering merasa bingung menghadapi diri kita sendiri. Jika sudah seperti ini, boro boro kita dapat menggali dan mengembangkan potensi yang ada dalam diri kita, seringnya kita malah terjebak oleh mental block yang ada dalam diri kita. Saat inilah, kita membutuhkan pembinaan mental dan bantuan dari program yang diadakan Pak Onggy untuk dapat melihat value dalam hidup kita. 

Seperti kisah perjalanan hidup saya, kurang lebih dua puluh tahun lalu. Saya pernah mengalami titik terendah dalam kehidupan saya. Tepatnya ketika saya mengalami gagal menikah, calon suami malah menikah dengan sahabat saya sendiri, skripsi saya mandeg alias jalan ditempat karena saya keasikan meratapi diri dan usaha yang saya rintis mengalami kegagalan ditambah lagi hubungan saya dengan keluarga sempat memburuk akibat kegagalan pernikahan dan saya yang tak lulus-lulus kuliah. Saat itu, saya berumur 24 tahun dan merasa tak tahu harus melangkah kemana dan mesti berbuat apa. Saya masih ingat dengan jelas, apa yang saya rasakan saat itu dan bagaimana rupa kehidupan saya. 

Hidup terasa menyakitkan dan perih, sampai akhirnya saya dijejali buku-buku Chicken Soup oleh teman sekosan saya. Perlahan saya mulai bangkit dan menata hidup saya kembali. Saya menjebol mindset bahwa sayalah orang yang paling menderita di dunia ini. Saya mulai membedah pikiran dan perasaan saya sendiri. Dan semua itu saya lakukan hanya dengan berbekal buku-buku serial Chicken Shoup. Bukanlah hal yang mudah bangkit dari keterpurukan hanya dengan bantuan buku-buku motivasi dan healing. Andai saja saat itu sudah ada program Bootcamp-nya Pak Onggy, saya pasti bela-belain daftar deh.


Salah satu tim Edunet Global
Oh ya, saya yakin, pasti belum banyak yang mengenal sosok Onggy Hianata. Jujur saja, saya sendiri baru mendengar dan tahu nama Onggy Hianata beberapa waktu lalu. Bapak Onggy adalah seorang inspirator bagi banyak jiwa dan pendiri Edunet Global sebagai wadah baginya untuk menyentuh lebih banyak kehidupan orang lain lewat pembinaan mental "Value Your Life- A Life Changing Bootcamp". Pembinaan mental ini berupaya untuk memberikan kesadaran pentingnya menggali potensi yang ada dalam diri  kita sehingga memiliki motivasi kuat untuk mengembangkan karakter, pola pikir dan potensi terbaik yang ada dalam diri kita. Sehingga akan memberikan pengaruh yang luar biasa bagi kualitas hidup dan eksistensi diri kita.

Pak Onggy ingin berbagi mengenai pengalaman hidupnya termasuk proses jatuh bangun dan kegagalan-kegagalan yang dia alami sampai dia dapat mencapai mimpi-mimpinya dan saat ini telah berada pada posisi bebas finansial. Pak Onggy sebelum aktif terjun dalam dunia inspirasi dan motivasi, beliau adalah seorang pengusaha. Ia mengawali usahanya dari jualan buah sampai bermain saham. Dapat dikatakan jika Pak Onggy sudah puas dengan asam garam seorang pengusaha. 

Pak Onggy mendirikan Edunet Global supaya dapat ikut berpartisipasi dalam proses pemberdayaan dan pengembangan potensi diri manusia khususnya melalui berbagai program pembinaan mental dan pola pikir. Tujuan dari adanya pembinaan mental dan pola pikir adalah untuk membentuk individu menjadi pribadi yang memiliki karakter dan jati diri yang sejati serta siap memberikan hal yang terbaik dari dirinya. Pak Onggy berharap program pembinaan mental ini dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan dan pengembangan karakter, pola pikir dan sikap mental individu yang kuat dan positif.

Pak Onggy disebut sebagai inspirator karena cerita hidupnya penuh dengan perjuangan dan kegagalan namun ia mampu melewati semua rintangan tersebut berkat kemauan, keyakinan yang kuat serta semangat yang tak mudah menyerah. Pak Onggy berhasil menggali potensi dirinya dan mampu mengembangkan nilai-nilai positif yang ada dalam kehidupannya. Menurut Pak Onggy, kunci kesuksesan hidup terletak pada pola pikir atau mindset yang akan membangkitkan motivasi dan membangun karakter pribadi.

Program pembinaan mental yang diprakarsai Pak Onggy melalui bootcamp telah membawa perubahan yang sangat besar dalam kehidupan keluarga Ibu Dra. Ary Hellya Kurniati, Apt dan Bapak Ir. Sudarmono Djoko Nugroho. Pasangan suami istri yang berdomisili di salah satu kota besar di Jawa. Bu Ary menceritakan pengalamannya mengikuti bootcamp yang diadakan oleh Pak Onggy selama tiga hari. Sebelum mengikuti bootcamp, pernikahan Bu Ary dan Pak Sudarmono diambang perceraian. Keegoisan dan kesombongan Bu Ary membuat hubungan diantara mereka menjadi sangat buruk. Bu Ary merasa memiliki power karena mempunyai penghasilan yang besar sehingga tanpa disadarinya ia bersikap semaunya pada anak dan suaminya. Ia mem-push dengan keras anak laki-lakinya supaya dapat nilai yang bagus padahal sikapnya tersebut mengakibatkan si anak menjadi tertekan. Saat mengikuti bootcamp, Bu Ari merasa ditelanjangi dan hilang semua kesombongan dan keegoisan yang melekat pada dirinya.

Bu Ary dan Pak Sudarmono
Tiga hari dibootcamp membawa dampak luar biasa bagi dirinya. Dia menyadari semua kesalahan-kesalahannya terhadap anak dan suaminya. Bu Ary merasa bootcamp telah membedah pola pikirnya dan meruntuhkan semua keangkuhannya. Bootcamp telah menyelamatkan pernikahannya. Sepulangnya dari bootcamp, Bu Ary meminta maaf pada suami dan anaknya dan beliau memulai kehidupannya dengan hati dan pikiran yang lebih baik. Pengalaman Bu Ary hanyalah salah satu contoh dari ratusan kisah yang terjadi dan dialami oleh peserta bootcamp dari tahun 2003 sampai 2018 ini. Peserta bootcamp yang tadinya hanya berasal dari kota-kota besar di Jawa saja, saat ini sudah diikuti oleh kurang lebih 80 negara.

Pak Onggy bersama orang-orang yang telah merasakan manfaat bootcamp
Kelebihan dari program bootcamp adalah program ini dilaksanakan di Indonesia dan selalu menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantarnya. Ini adalah sebuah cerminan sikap nasionalisme dari seorang Onggy Hianata. Pak Onggy adalah seorang WNI keturunan Tionghoa yang lahir dan besar di Tarakan, Kalimantan Timur lalu nekad kuliah di Surabaya meski tak memiliki cukup biaya dan kemudian hijrah ke Jakarta untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik lagi. Meski mengalir darah Tionghoa pada dirinya, Pak Onggy memiliki nasionalisme yang tinggi.

Oh ya, pada bulan April 2018 ini, akan release di bioskop film yang menceritakan tentang kisah hidup Pak Onggy dari masa kanak-kanak sampai usia dewasa dan menikah. Film yang bercerita tentang jatuh bangunnya seorang Onggy Hianata, sang inspirator bagi banyak jiwa. Film yang berjudul "Terbang Menembus Langit" ini adalah hasil besutan Fajar Nugros. Terbang Menembus Langit merupakan film garapan rumah produksi Demi Istri Production dan dibintangi oleh  Kokoh Ganteng Pujaan Hati Dion Wiyoko (Onggy Hianata), Laura Basuki (istri Onggy Hianata), Babang Tampan Baim Wong (A Li, Kakak Onggy) dan beberapa nama tenar lainnya.

Terbang Menembus Langit mengisahkan tentang kehidupan Pak Onggy dari kecil sampai beliau menikah termasuk tentang kisah cintanya dan proses jatuh bangun Pak Onggy dalam membangun usaha. Film yang berisi nilai-nilai kehidupan yang sangat menginspirasi. Bagaimana sebuah keluarga harus saling mendukung dan mengasihi. Untuk kalian yang sedang tak tahu mau melangkah kemana dalam hidup ini, lebih baik melangkahlah ke bioskop pada tanggal 15 April nanti untuk menonton film penuh inspiratif, Terbang Menembus Langit.


Pak Onggy bersama Bu Produser dan salah satu cast



Komentar

  1. salut dengan orang2 yang bisa jd inspirasi bagi orang lain ya

    BalasHapus
  2. Pengen ikut bootcampnya. Semoga menginspirasi semua ya

    BalasHapus
  3. Ini yg buat penasaran justru bootcamp mautahu cara dn.tehniknya bisa merubah karakter org mnjdi lbih baik,,

    BalasHapus
  4. Menginspirasi sekali Mbak acara bootcamp nya ... kalau lg di titik terendah ikut acara ini pasti akan semangat lagi

    BalasHapus
  5. Semoga dengan ada nya orang" Inspirasi semakin maju bangsa ini ya

    BalasHapus
  6. Sakit hati banget gagal nikah tapi dapatnya kan yang lebih baik dari mantan yak

    BalasHapus
  7. Oh..ini inspirasional yg berkait dgn film terbang ya ??

    BalasHapus
  8. Baru dengar nama beliau, lho. Tapi jadi penasaran dengan kisah hidup orang-orang yang bisa sukses. Di baliknya pasti udah jatuh-bangun mencoba berbagai hal. Nunggu filmnya deh.

    BalasHapus
  9. Sangat menginspirasi, jadi penasaran dengan bootcamp nya. Apa bisa saya memperbaiki karakter saya saat ini.

    BalasHapus
  10. Pas ketemu beliau aku sampe kagum loh. Beneran pengen ikutan boothcampnya. Dan alhamdulillahnya dijasih kesempatan sama beliau. Disitu aku ngerasa bahagia mak

    BalasHapus
  11. Bangga sekali memiliki seorang anak bangsa yang perduli dengan pendidikan mental bangsa ini.. revolusi mental menjadi perubahan bangsa

    BalasHapus
  12. Siapapun harus ikut trainingnya. Bukan hanya akan membuat diri kita menjadi pribadi lebih baik tapi juga bagaimana bermanfaat utk orang lain. Dahsyat banget deh

    BalasHapus
  13. Sangat inspiratif sekali. Bootcamp membangun mental utk kebangkitan stp manusia. Dahsyat Pak Onggy !!!

    BalasHapus
  14. Saya sudah Ikut Bootcampnya, memang bagus banget guys, saya bisa lepas dendam sama Papa, dan kakak saya juga gak jadi cerai setelah ikut Bootcamp. Amazing Bootcamp, very Recommended deh !

    BalasHapus
  15. Acara sangat bagus. Saya sudah pernah ikut. Saya yg dulu punya hati keras menjadi lembut setelah ikuti acara. Aneh tapi itu yg terjadi. Sangat recommended untuk orang yg punya keras kepala ataupun mau menang sendiri. Untuk hidup yg lebih ada arti harus ikut. Dashyat bootcamp!!!

    BalasHapus
  16. Thank You Pak Pak Onggy Hianata atas BOOTCAMP nya. Saya ikut 2011 lalu saat masih 19thn. Waktu itu masih kuliah. Banyak sekali beban2 hidup dan kepahitan yg saya ga sadar kalau itu ada di diri saya. Sampai dgn saat ini apa yg saya rasakan di bootcamp masih sangat membekas untuk saya dan keluarga saya. Setiap sesi di bootcamp sangat berarti dan bermanfaat untuk saya menjalani hidup sampai sekarang.

    BalasHapus
  17. Wwooooww...ada cerita saya berdua istri yg menjadi bahan pelengkap tulisan "catatan emak" tentang Pak Onggy dan BootCampnya.
    Betulll sekali.. Bootcamp sangat perlu diikuti oleh siapapun.. laki2..perempuan.. apapun agamanya.. yg penting sudah usia minimal 16 tahun.
    Peserta yg pernah hadir dr 80 an negara adalah bukti....
    Proud of BootCamp
    Proud of Pak Onggy
    Proud of Indonesia......

    BalasHapus
  18. Kokoh ganteng pujaan hati. Wakwakwak 🤣

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Saya Poligami

Hexpharm Jaya, Obat Generik Kualitas Paten