Launching Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet Republik Indonesia



Tak terasa usia pemerintahan Pak De Jokowi-JK telah memasuki tahun keempat. Sejujurnya, pada awal pemerintahan Beliau, saya sempat meragukan apakah pemerintahan yang baru ini dapat membawa bangsa ini #MenujuIndonesiaMaju. Pak De dengan nawacita-nya perlahan memberikan bukti bahwa Pemerintahan Jokowi-JK bukan hanya memperhatikan rakyat yang ada di kota besar saja tapi berupaya mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Saya bukanlah seorang fans Pak De namun saya sempat diberikan beberapa kali kesempatan untuk menyaksikan sendiri geliat pembangunan infrastruktur dipelosok negeri. Pemerintah menunjukkan keseriusannya membangun sarana dan prasarana yang memudahkan rakyat untuk melakukan aktivitas produktifnya. Jalan-jalan di daerah pelosok terus dibangun dan diperbaiki. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pemenuhan janji pemerintahan Jokowi-JK bahwa pembangunan harus adil untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Pada tahun pertama, pemerintahan Pak De meletakkan pondasi pembangunan nasional yang kokoh melalui transformasi fundamental perekonomian dan meletakkan kembali paradigma Indonesia-sentris. Indonesia-sentris bermakna bahwa pembangunan yang dilakukan adalah pembangunan untuk semua wilayah dan masyarakat Indonesia dari Sabang-Merauke.

Salahsatu program pemerintah di Muara Gembong
Setelah pada tahun pertama menguatkan pondasi pembangunan maka pada tahun kedua, pemerintah berupaya untuk mendorong percepatan pembangunan nasional sebagai upaya untuk mengejar ketertinggalan dari negara lain. Melakukan percepatan deregulasi ekonomi melalui berbagai paket kebijakkan. Memasuki tahun ketiga pemerintahannya, Pemerintahan Pak De fokus pada pemerataan pembangunan bagi seluruh rakyat Indonesia. Dan pada tahun 2018 ini atau memasuki tahun keempat, pemerintah fokus pada pembangunan sumber daya manusia. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Untuk melibatkan masyarakat agar aktif memberikan support terhadap upaya pemerintah memajukan Indonesia, pada tahun 2018 ini, mulai bulan April 2018, Sekretariat Kabinet akan mengadakan lomba sosial media. Tujuannya adalah untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mendukung program dan kebijakan pemerintah. Berkaitan dengan pelaksanaan lomba media sosial tersebut, kemarin pada tanggal 26 Maret 2018, Sekretariat Kabinet dengan didukung sepenuhnya oleh Bank Mandiri yang berperan sebagai sponsor lomba, mengadakan acara launching lomba sosial media yang memiliki tagline #MenujuIndonesiaMaju.


Acara launching lomba sosial media dihadiri oleh Sekretaris Kabinet, Bapak Pramono Anung dan Bapak Direktur Utama Bank Mandiri, Pak Tiko serta disaksikan sejumlah undangan dari berbagai instansi pemerintahan. Pak Pramono menjelaskan bahwa lomba ini mengajak masyarakat untuk mengenal lebih dekat lagi dengan kabinet kerja beserta program dan capaiannya. Masyarakat dapat menyampaikan aspirasinya lewat lomba media sosial ini.

Lomba yang akan digelar selama 8 bulan ini yaitu dari April-November 2018, memperebutkan hadiah senilai total 107 juta rupiah. Lomba media sosial tersebut meliputi lomba twitter, facebook, menulis blog tentang #MenujuIndonesiaMaju, youtube dan instagram. Adapun variasi lomba sebagai berikut:
- Youtube: membuat vlog dan film pendek;
- Twitter: membuat moments/kultweet/chirpstory dan menjawab pertanyaan ataupun dalam bentuk teka teki silang;
- Instagram: membuat video reportase/vlog berdurasi semenit dan menemukan kata dalam kotak;
- Facebook: teka teki silang dan mengisi kata yang hilang dari pidato presiden/seskab;
- Lomba menulis blog.

Lomba akan dilakukan setiap bulan masing-masing 1kali/bulannya kecuali lomba youtube hanya 2 kali penyelenggaraan dan lomba blog sekali penyelenggaraan. Lomba boleh diikuti oleh semua rakyat Indonesia mulai usia belasan tahun. Peserta lomba wajib follow akun twitter @setkabgoid, instagram @sekretariat.kabinet, fanfage @setkabgoid dan youtube sekretariat kabinet RI. 

Peserta hanya boleh mengirimkan satu karyanya saja dan berdurasi 5 menit untuk karya video/film pendeknya. Lomba media sosial ini secara resmi telah dibuka untuk umum sejak launching kemarin dan ditandai dengan ditayangkannya pertanyaan di twitter setkab. Dapat langsung dilihat pertanyaan lomba twitternya dan lomba tahap pertama ini akan berakhir pada akhir April 2018. Yuk ikutan, jangan sampai ketinggalan.

Selfi setelah acara launching lomba media sosial

Komentar

  1. Wah seneng yaa, ikut acara keren ini, tambah wawasan

    BalasHapus
  2. Waaah mulai bulan April besok ya lombanya? Pantengun aaah sosmednya setkab. Siapa tau ada rejeki yg nempel. Xixixi.. aamiin

    BalasHapus
  3. salah satu keuntungan dari lomba ini jadi tau perkembangan indonesia khususnya daerah pelosok

    BalasHapus
  4. Banyak banget lombanya ya mba. DUh tertarik juga pengen ikutan nih mba :)

    BalasHapus
  5. Belum dapat ide nih. Harus pelajari dulu tema besarnya apa.

    BalasHapus
  6. hadiahnya banyak tinggal dipilih ikut yang mana, hmm kalau ikut semua bisa gak yah hahahaha

    BalasHapus
  7. Ada lombanya, keren banget nih....mau ikutan ah siapa tahu menang

    BalasHapus
  8. Wah hadiahnya banyak dan lpmbanya panjang. Moga bisa ikutan salah satu dan kecipratan hadiahnya xixixi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Onggy Hianata, Sang Inspirator Value Your Life

Dibohongi Atau Dipoligami?

Mengapa Saya Poligami