Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi

Tampak depan BBPLK Bekasi yang instagramable
Indonesia sebagai negara berkembang yang memiliki sumber daya alam melimpah serta jumlah penduduk yang besar mempunyai potensi untuk menjadi negara maju di masa depan jika mampu menyelesaikan permasalahan terbesarnya yaitu pengentasan kemiskinan dan masalah pengangguran. Salah satu masalah menahun yang dihadapi negeri ini adalah masalah pengangguran. Jumlah pengangguran di Indonesia pada tahun 2017 menurut data Biro Pusat Statistik mengalami peningkatan dibandingan pada tahun 2016. 

Pada tahun 2017 jumlah pengangguran di Indonesia mencapai angka 7,04 juta jiwa. Angka ini meningkat 10.000 dari jumlah pengangguran pada tahun 2016 yang berjumlah 7,03 juta jiwa. Peningkatan angka pengangguran tersebut disebabkan adanya kenaikan jumlah angkatan kerja dan tidak disertai dengan perluasan kesempatan kerja. Kesempatan kerja di Indonesia masih terbatas dan tidak sebanding dengan jumlah angkatan kerja yang terus dihasilkan setiap tahunnya.

Banyaknya para lulusan SMA atau SMK yang menganggur dan tidak memiliki ketrampilan merupakan salah satu penyebab jumlah pengangguran di Indonesia kian bertambah. Bukan hanya lulusan SMA dan SMK saja yang mengalami kesulitan memperoleh kesempatan kerja tetapi para lulusan perguruan tinggi pun banyak yang mengalami kesulitan untuk memperoleh pekerjaan dikarenakan kurangnya skill atau keahlian yang mereka miliki. Di dorong dengan adanya kenyataan bahwa angkatan kerja di Indonesia kurang memiliki kesempatan kerja maka pemerintah melaksanakan program Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi melalui Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja dengan tujuan untuk memperluas kesempatan kerja dan menciptakan lapangan kerja baru.

Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi (PBK) merupakan wujud nyata program perluasan kesempatan kerja melalui pembinaan pelatihan ketrampilan kerja pada masyarakat sekaligus mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Kementrian Tenaga Kerja RI berupaya untuk mengatasi jumlah pengangguran yang ada dengan cara memberikan bekal keahlian dan ketrampilan pada siapapun yang ingin meningkatkan kualitas kemampuan kerjanya melalui pelatihan berbasis kompetensi di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK)

Indonesia memiliki 5 BBPLK yaitu BBPLK Bandung, Serang, Bekasi, Semarang dan Medan. BBPLK memiliki rencana strategis 3-R yaitu Re-orientasi, Re-vitalisasi dan Re-branding. Setiap BBPLK yang ada ditetapkan sebagai pusat pengembangan dan pembinaan dua program kejuruan unggulan secara nasional.
Adapun lingkup pengembangan BBPLK yang ada di Indonesia meliputi:
  • Pengembangan program kejuruan unggulan
  • Penyusunan modul pelatihan
  • Sebagai pusat pelatihan instruktur sesuai kejuruan unggulan
  • Pembinaan mutu penyelenggaraan pelatihan kerja unggulannya di BBPLK lainnya
  • Pengembangan alat bantu pelatihan
  • Pusat inovasi kejuruan seperti pengembangan prototype.
Manfaat pelaksanaan 3-R BBPLK yaitu pembinaan kejuruan akan lebih mudah dan terarah, peningkatan kualitas dan kuantitas lulusan 10 kejuruan unggulan, pembinaan instruktur akan lebih terarah serta peningkatan image BBPLK.

Pembukaan Program Pelatihan Tahap1 BBPLK Bekasi

Peserta dan para Staf BBPLK Bekasi

Terkait dengan program Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi yang dilaksanakan oleh Kementrian Tenaga Kerja RI melalui BBPLK, pada tanggal 22 Januari kemarin, BBPLK Bekasi menggelar pembukaan Program Competency Based Training (CBT) atau program pelatihan berbasis kompetensi tahap 1. Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) BBPLK Bekasi tahap 1 ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis oleh Kepala BBPLK Bekasi, Ibu Helmiaty Basri. Ada 4 kejuruan di BBPLK Bekasi yaitu elektronika, teknologi informasi dan komunikasi (TIK), refrigeration dan pariwisata.

Pembukaan program Pelatihan Berbasis Kompetensi BBPLK Bekasi dihadiri oleh Kepala BBPLK Bekasi Ibu Helmiaty Basri, Kepala Bagian Tata Usaha BBPLK Bekasi Ibu Memey Meirita Handayani, Kepala Bidang Penyelenggaraan dan Pemberdayaan BBPLK Bekasi Bapak Syafruddin serta Kepala Bidang Program dan Evaluasi BBPLK Bekasi Bapak Yudi Hermawan dan undangan dari Angkatan Darat.

PBK BBPLK Bekasi tahap1 diikuti oleh 576 peserta yang merupakan lulusan sekolah kejuruan yang berada di Bekasi. Helmiaty Basri dalam pengarahannya menyatakan bahwa pemerintah mempercepat pelaksanaan program pelatihan berbasis kompetensi untuk meningkatkan penguatan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia Indonesia. Pelatihan berbasis kompetensi ini diharapkan mampu mengurangi angka pengangguran dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Pelatihan berbasis kompetensi dimaknai sebagai upaya pemerintah terhadap pemberian kemampuan pelatihan kerja pada masyarakat yang membutuhkan ketrampilan sebagai bekal untuk bekerja atau berwirausaha. Pemerintah menyadari bahwa peningkatan sumber daya manusia merupakan salahsatu kunci dalam mengatasi jumlah pengangguran yang terus meningkat. Pelatihan kerja berbasis kompetensi ditujukan juga sebagai upaya untuk menghadapi perdagangan bebas ASEAN (MEA) dan kawasan Asia (AFTA).

Peserta pelatihan program Pelatihan Berbasis Kompetensi BBPLK Bekasi tidak dikenai bayaran sepeserpun. BBPLK Bekasi menyediakan asrama bagi siswa yang berasal dari luar Bekasi. Namun untuk pelatihan tahap 1 ini khusus untuk peserta dari Bekasi saja. Direncanakan nanti pada tahap2 di bulan Februari, BBPLK Bekasi baru akan membuka pelatihan untuk peserta yang berdomisili di luar Bekasi. BBPLK Bekasi dilengkapi juga dengan hotel sebagai salah satu sarana program kejuruan pariwisata. Peserta program Pelatihan Berbasis Kompetensi BBPLK Bekasi mendapatkan uang pengganti transport setiap hari yang akan dibayarkan diakhir pelatihan. Mereka juga mendapatkan makan siang dan 2 stel baju seragam.

Peserta yang lulus Pelatihan Berbasis Kompetensi BBPLK Bekasi akan langsung disalurkan kerja atau mereka juga dapat berdikari dengan membuka usaha sendiri. Program Pelatihan Berbasis Kompetensi BBPLK Bekasi bukan hanya mengajarkan kemampuan secara tekhnis saja atau hard skill tapi juga memberikan wawasan industri, attitude, etika dan motivasi atau soft skill. Peserta program Pelatihan Berbasis Kompetensi BBPLK Bekasi disesuaikan dengan bakat dan minat dasarnya supaya sesuai dengan jurusan yang diambilnya dalam pelatihan tersebut.

BBPLK Bekasi mempunyai strategi pelaksanaan program Pelatihan Berbasis Kompetensi yang melingkupi kompetensi kerja, materi pelatihan, manajemen dan tatakelola lembaga, assesment, pembiayaan, sarana dan prasarana, instruktur dan tenaga kepelatihan serta kurikulum pelatihan yang disesuaikan dengan program apa saja yang diberikan dan dapat berubah sesuai dengan program kejuruan yang ada.



BBPLK Bekasi berdiri sejak tahun 1985 dan merupakan salah satu lembaga yang menerima bantuan dari pemerintah Jepang. BBPLK Bekasi memiliki 44 ruang laboratorium komputer dengan 47 orang instruktur. Untuk program elektronika terdapat 47 ruang laboratorium elektronika dengan 29 orang instruktur. Peserta pelatihan sebagian besar berasal dari lulusan SMK. Rekruitment peserta dibuka setiap hari dan calon peserta didik dapat langsung mendaftar di BBPLK Bekasi. Pelatihan Berbasis Kompetensi BBPLK Bekasi berlangsung dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Peserta pelatihan juga dididik untuk disiplin dan langsung dilatih fisik oleh Angkatan Darat yang berkolaborasi dengan BBPLK Bekasi.

Setiap peserta program Pelatihan Berbasis Kompetensi BBPLK Bekasi yang lulus akan memperoleh sertifikasi. Tapi tidak semua peserta mendapatkan sertifikasi. Hanya peserta yang benar-benar lulus dan terampil saja yang berhak mendapatkan sertifikasi. Pada tahun 2018 ini, BBPLK Bekasi menargetkan 20.080 peserta yang akan menjadi peserta didik pada program Pelatihan Berbasis Kompetensi BBPLK Bekasi. Dan target peserta yang memperoleh sertifikasi sebanyak 12.880 orang. BBPLK Bekasi juga menargetkan pemberian bantuan program sebanyak 1500 orang. Ada sebanyak dua puluh sembilan Balai Latihan Kerja binaan BBPLK Bekasi.

BBPLK Bekasi membuka 4 program kejuruan yaitu:

  1. Kejuruan Teknologi Informasi dan Komunikasi  dengan total instruktur 47 orang;
  2. Kejuruan Elektronika dengan total instruktur sebanyak 29 orang;
  3. Kejuruan Refrigeration dengan total instruktur sebanyak 5 orang;
  4. Kejuruan perhotelan dengan total instruktur berjumlah 5 orang.
Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Program Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi BBPLK Bekasi

Untuk menjadi peserta didik program Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi BBPLK Bekasi ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu:
1. Laki-laki atau perempuan
2. Fotocopy ijazah pendidikan terakhir
3. Fotocopy KTP
4. Pas photo 3x4
5. Lulus tes seleksi
6. Sehat jasmani dan rohani serta tidak buta warna.

Cara pendaftaran, yaitu:
- Registrasi online melalui website www.kios3in1.net/006 
- Proses seleksi pelatihan kerja meliputi seleksi administratif dan tes tertulis serta wawancara
- Informasi lebih lanjut dapat menghubungi kios3in1 BBPLK Bekasi di nomer 08159171717, 085711070057
- BBPLK Bekasi tidak memungut biaya apapun dalam proses pelatihan kerja dan sertifikasi.
Alamat BBPLK Bekasi
Jl. Guntur Raya No.1 Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, 17144.
Pertamakali masuk ke BBPLK Bekasi, Mamak disergap rasa kagum. Ngga nyangka ada BBPLK yang apik, bagus, rapi dan instagramable. Banyak banget spot cantik yang asik dijadikan tempat narsis sekaligus eksis. Jarang loh lembaga pemerintah yang ditata sedemikian rupa serta kekinian. Apalagi ini lembaga pelatihan milik pemerintah yang bebas biaya apapun. Program Pelatihan Berbasis Kompetensi BBPLK Bekasi merupakan salah satu solusi untuk para lulusan SMK dan sederajat atau siapapun yang ingin memiliki ketrampilan dan keahlian sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya. Mamak saja tergoda loh untuk menjadi salah satu peserta didik. Dapat memperoleh keahlian dan gratis pula serta ditunjang dengan sarana dan prasarana lengkap. Yakin ngga ikutan tergoda juga?

Salah satu laboratorium TIK

Laboratorium Komputer

Laboratorium Refrigeration

Peralatan di laboratorium refrigeration

Laboratorium elektronika

Komentar

  1. Tergoda banget maakkk. Pengennya yang web design2 itu gtu, tapi sayang blm punya basicnya. Apa aku takkursus dulu trus daftar pelatihan tahun depan yak :D

    Btw makasih infonya, semoga bermanfaat buat yang kepengen tahu lebih banyak cara ikut pelatihan di BBPLK bekasi :D

    BalasHapus
  2. saya malah mo ikut kelas roti mak...

    BalasHapus
  3. Tempatnya luas banget ya mak..sangat mumpuni lah pokoknya. Gratis lagi.

    BalasHapus
  4. Waah keren bangat ini ada pelatihan macam ini, saya pengen belajar design grafis deh. :)

    BalasHapus
  5. Coba dulu aku tau, lumayan ikut kelas yang TIK, aku mau jadi desainer grafis atau web developer.

    BalasHapus
  6. Informasi yang sangat berguna untuk orang-orang yang ingin menambah kemampuan di bidang yang ingin lebih diahlikan.

    BalasHapus
  7. Informasi yang sangat berguna untuk para pencari keterampilan agar lebih ok. Boleh juga nih dikasih tahu saudara, teman, tetangga, atau orang-orang yang ingin maju menambah pengetahuan dan keterampilan yang lebih maksimal.

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah ada pelatihan gratis seperti ini. Semoga banyak yang berminat dan serius mengikuti pelatihan supaya angka pengangguran menurun.

    BalasHapus
  9. Semoga dengan hadirnya BBPLK Bekasi yang memberikan pelatihan kerja secara GRATIS dengan fasilitas yang cukup lengkap mampu mengurangi pengangguran ya, apalgi suasa belajarnya asri, nyaman dan bersaih begini. Insha Allah makin menghasilkan pekerja yang sukses :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Onggy Hianata, Sang Inspirator Value Your Life

Dibohongi Atau Dipoligami?

Mengapa Saya Poligami