Belajar Membuat Video Blog Bersama Bhinneka dan Bella Panggabean



Sebagai blogger, tentunya akan terasa semakin lengkap jika memiliki kemampuan untuk membuat video blog atau vlog. Dan kemampuan itu yang belum Mamak miliki. Hiks sambil duduk dipojokkan. Tapi tak ada yang tidak mungkin untuk dipelajari, bukan? Termasuk membuat vlog. Mamak harus mampu mengalahkan rasa malu tampil di video blog sendiri. Itulah tekad Mamak. 

Ada kendala besar yang Mamak rasakan dalam membuat vlog yaitu perasaan tidak percaya diri, merasa suara Mamak sangat cempreng dan penampilan Mamak kurang mendukung. Okelah penampilan bisa diakali, Mamak pun bisa tidak harus nongol dalam vlog tersebut. Tapi suara? Hadeeeh, ngga mungkin kan vlog tanpa suara? Satu-satunya cara supaya Mamak dapat membuat vlog adalah Mamak harus berdamai dengan diri sendiri supaya muncul keberanian dan percaya diri dalam diri Mamak. Setelah Mamak percaya diri, lalu muncul kembali masalah baru. Pengen guling guling rasanya.

Masalah selanjutnya yang hadir adalah bagaimana caranya Mamak dapat membuat vlog yang berkualitas. Hal ini berkaitan dengan teknik. Hmmm, ditengah kegalauan, Mamak nekat menghadiri acara workshop yang diadakan Komunitas Emak Blogger dan Bhinneka mengenai cara membuat video blog. Acara tersebut dilaksanakan di kantor Bhinneka di daerah Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Nara sumber yang dihadirkan pun, membuat Mamak langsung sumringah. Yups, workshop tersebut menghadirkan Bella Panggabean.



Mamak yakin banyak dong yang sudah familiar dengan Bella Panggabean? Yoi, Bella Panggabean adalah seorang blogger sekaligus video creator. Menurut Bella, video blog yang baik itu harus yang memiliki cerita dan simpel alias tidak ribet. Ceritanya harus yang mudah dipahami oleh siapapun yang menonton. Jangan buat video blog dengan cerita rumit apalagi cerita yang tidak jelas mana ujung dan mana akhir. Sama halnya dengan blog, video blog adalah serangkaian cerita utuh yang diwakili oleh gambar.

Sebelum membuat vlog, terlebih dulu harus dibuat script tentang vlog yang akan dibuat. Hal ini bertujuan agar vlog yang Kita buat memiliki alur cerita yang runtut dan jelas. Script membuat  isi cerita vlog tidak melebar kemana mana.

Video blog yang baik adalah video blog yang memiliki 'rasa'. Apapun yang memiliki 'rasa' akan terasa lebih mengena dihati. Vlog yang baik harus memiliki kualitas yang baik pula. Alat-alat yang biasa dipakai untuk membuat vlog yaitu: web cam, camera mobile phone, DLSR Cameras,kamera mirorless dan action cam.

Untuk menghasilkan sebuah video blog yang berkualitas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu cari background yang menarik, hindari memakai background putih karena vlog akan terlihat kurang bagus dan flat. Gunakan background dengan warna yang 'tegas' dan cerah.  Supaya hasil vlog terlihat bagus, jangan letakkan objek gambar terlalu dekat dengan background, berilah jarak kurang lebih 1 meter dari background.
Untuk mengambil gambar, dekatkan objek gambar dengan kamera. 

Dalam pengambilan gambar harus diperhatikan pencahayaannya. Cahaya yang paling bagus adalah sinar matahari. Cahaya matahari yang terbaik yaitu pada jam 7-9 pagi dan 3-5 sore. Jika tidak memungkinkan untuk memakai sinar matahari, Kita dapat menggunakan cahaya lampu. Cahaya lampu digunakan saat Kita tidak dapat menggunakan sinar matahari seperti misalnya ketika malam hari atau cuaca mendung atau hujan. Saat mengambil gambar, jangan membelakangi cahaya. Pastikan gambar yang Kita ambil memiliki pencahayaan yang baik. Selain memperhatikan pencahayaan, Kita juga harus memperhatikan sound/suara. Pastikan suara dalam vlog yang Kita buat jelas dan dapat didengar. Pilih lagu atau musik sesuai tema cerita vlog kita. Jangan mengambil video pada saat suasana bising.

Bella memberikan penjelasan secara gamblang dan runtut tentang cara pembuatan video blog. Selain vlog yang Kita buat harus berkualiatas, Kita juga harus konsisten dalam membuat vlog. Iya siy kebayang gimana jadinya kalau Kita tidak konsisten dalam membuat vlog. Konsisten disini dalam arti bahwa Kita harus update vlog dengan jarak yang berdekatan. Dan diusahakan agar vlog yang Kita buat memiliki tema cerita yang senada. Kenapa Kita harus update vlog? Supaya vlog Kita dikenal orang. Bagaimana orang bisa kenal vlog Kita kalau Kita tidak konsisten update vlog.

Bella juga menegaskan bahwa yang terpenting adalah action atau buat saja vlognya dan tak usah banyak mikir bisa atau tidaknya, bagus atau jelek vlog yang dibuat karena pengalaman adalah guru yang paling berharga. Praktek langsung adalah cara melatih dan mengasah kemampuan membuat vlog. Membuat vlog yang berkualitas juga memerlukan proses. Jadi tidak boleh kapok membuat vlog.

Menyimak penjelasan Bella membuat Mamak semakin terpacu untuk membuat vlog. Sungguh workshop yang bermanfaat untuk Mamak. Tidak hanya materi dari Bella saja yang membuat workshop ini menarik tapi pengenalan tentang Windows 10 oleh tim Microsoft membuat workshop ini semakin memberi arti. Mamak sendiri baru tahu loh kalau Windows itu sudah ada versi terbarunya yaitu Windows 10. Asli, keren banget aplikasi yang ada di Windows 10. Apalagi aplikasi yang dapat digunakan untuk menggambar bentuk dan benda. Termasuk aplikasi untuk mengedit video. Pokoknya bikin mupeng deh. Pengen cepat cepat beli program Windows 10 dan langsung download deh.


Windows 10 dapat dibeli juga loh di Bhinneka. Oh ya Mamak lupa. Mamak belum jelasin ya tentang Bhinneka. Bhinneka adalah salah satu market place yang menyediakan berbagai kebutuhan. Dari laptop, gadget sampai kebutuhan sehari-hari. Bhinneka merupakan tempat belanja online yang membantu mempermudah untuk mendapatkan kebutuhan yang Kita perlukan. Kamu sudah pernah coba belanja di Bhinneka? Banyak promo menarik loh. Buruan yuk melipir ke Bhinneka.




Komentar

  1. Windowa 10 aduh harganya masih tergolong elit. Saya masih menggunakan veris windows 7. Membaca artikel ini terasa tersindir ,karena saya membuat vlog tidak pernah ada rasanya. Tanpa perencanaan yang matang. Main dan asal main terus di unggah.

    BalasHapus
  2. Masalah kita sama mak, nggak pede kalo ngevlog..dengerin suara sendiri kadang geli haha

    BalasHapus
  3. Keren nih mak mau dong di ajarin buat vlog, kadang masih ga PD klo vlog mak

    BalasHapus
  4. Aku mau beli komputer atau laptopnya dulu ya mak... Abis itu kerja dulu cari duit yg banyak... Baru beli windows 10,di bhineka... Emang bener yak ada harga ada barang ...

    BalasHapus
  5. Sekarang mamak gak tahu depan kamera dong. Kalau masih takut, depan kamera harus ada makanan biar telah selesai makan. Bonus makanan. Hehehe peace

    BalasHapus
  6. Mumpuni kemampuan diri, kamera dan juga alat. Makin kece hasilnya pun ok

    BalasHapus
  7. mau bikin vlog kadang masih minder sama kemampuan & alat pelengkap.

    BalasHapus
  8. Ilmu yang sangat bermanfaat ya Mak. Semoga bisa kita terapkan.

    BalasHapus
  9. Dunia vlog diprediksi akan semakin menguatkan era digital saat ini,saya juga suka buat-buat video
    Pingin terus belajar lebih jauh lagi memprosesnya dgn lebih baik lagi

    BalasHapus
  10. Bener banget mbak, yg bikin susah itu ya memunculkan rasa. Terutama untuk vlog vlog dengan durasi pendek. Duh sulit banget

    BalasHapus
  11. Blom berani coba bikin vlog... Blom pede hhhh, padahal pengen bngt belajar bikin vlog. Kapan2 belajar y sm. Mamak

    BalasHapus
  12. Yang penting mah Harris's pede dulu yaa. Langsung action aja, ga perlu terlalu banyak khawatir

    BalasHapus
  13. Ini sangat penting banget ilmunya. Memang rada gampang-gampang susah tapi kudu harus belajar.

    BalasHapus
  14. kadang pengen ngevlog tapi ga bagus nih hapenya dipake haha. semoga nanti bisa beli gear yang lebih oke nih. tengkyu update nya mbaaa

    BalasHapus
  15. sama makk , aku pun belom pede untuk bikin Vlog apalagi dgn suara berisik ky aku gini . tapi harus pede ya makk kuncinya kalo vlog itu , ternyata bikin vlog itu banyak hal yg harus di perhatikan sedetail mungkin yaa , selain suara dan gambar pula.. sampe cahaya pun harus bener2 pas ya..

    BalasHapus
  16. Cita2ku nih pengen jadi Vlogger ... qiqiqii makasih insight nya mbakkk

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Onggy Hianata, Sang Inspirator Value Your Life

Mengapa Saya Poligami

Hexpharm Jaya, Obat Generik Kualitas Paten