Kamis, 23 November 2017

Kepedulian Mandiri Untuk Muara Gembong Bekasi


Bekasi merupakan kota terdekat dari ibu kota Jakarta. Kota yang berbatasan langsung dengan provinsi DKI Jakarta ini ternyata memiliki daerah dengan kondisi kehidupan masyarakatnya yang cukup memprihatinkan. Padahal mereka hidup dekat ke Jakarta, kota metropolitan. Daerah Bekasi yang memiliki kehidupan sangat memprihatinkan bahkan cenderung kekurangan ini berada di Kecamatan Muara Gembong Bekasi.

Muara Gembong berada diujung Bekasi dan memiliki daerah pantai yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Pada tanggal 1 November 2017 kemarin, Presiden Jokowi melakukan peresmian hutan sosial untuk pemerataan ekonomi di Muara Gembong Bekasi. Hutan sosial itu merupakan salah satu bentuk dari sinergi BUMN terhadap pemerataan ekonomi dan perbaikan taraf hidup masyarakat negeri ini. Terutama yang masih berada dalam masyarakat golongan ekonomi lemah namun sebenarnya memiliki lahan ataupun potensi untuk dikembangkan. Sesuai dengan motto yang diemban oleh BUMN yaitu BUMN hadir untuk negeri. Dan Bank Mandiri sebagai salah satu BUMN negeri ini menjadi salah satu pihak yang aktif dalam program ini.


Seperti di Muara Gembong ini. Mereka memiliki daerah pesisir pantai yang dapat dimanfaatkan sebagai tambak sekaligus ditanami tanaman bakau (dijadikan hutan bakau). Mandiri melalui program KUR dan bantuan CSRnya berupaya untuk memberdayakan masyarakat setempat melalui usaha tambak dan hutan bakau (mangrove).

Model pengembangan petambak Muara Gembong oleh Bank Mandiri meliputi:
  • Pembenahan infrastruktur tambak dan infrastruktur penunjang tambak;
  • Secara sosiokultural yaitu untuk bersedia ikut dan mendukung program perhutanan sosial;
  • Pembentukan dan operasionalisasi kelompok petamvak untuk menjalankan program perhutanan sosial;
  • Pendampingan dan offtaker berupa bantuan benih dan pakan serta pendampingan petani dalam pengelolaan tambak dan pembelian hasil tambak;
  • Pembiayaan petambak melalui pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk operasional tambak;
  • Peningkatan program kapabilitas pemberian pelatihan untuk petambak;
  • Penggunaan teknologi modernisasi tambak. Penyediaan teknologi untuk menunjang produktifitas tambak seperti kincir dan alat pakan otomatis dari e-fishery.
  • Monitoring proses konservasi mangrove berjalan secara berkelanjutan.
Pada saat peresmian Perhutanan Sosial, Presiden Joko Widodo melakukan dialog interaktif dengan masyarakat Muara Gembong sekaligus menyerahkan bantuan untuk pengembangan perekonomian di daerah tersebut. Presiden menyerahkan sertifikat hak guna hutan negara kepada masyarakat Muara Gembong. Masyarakat diijinkan untuk memanfaatkan dan menjaga hutan negara tersebut sebagai hutan sosial. Masyarakat diberikan hak guna hutan tersebut selama 35 tahun.



Presiden juga meninjau langsung area tambak dan hutan bakau yang baru saja direvitalisasi. Tambak dan hutan bakau yang dikelola kelompok petambak Muara Gembong memiliki luas kurang lebih 17 hektar. Presiden didampingi oleh WaGub Jawa Barat, Bpk Dedi Mizwar dan Dirut Bank Mandiri, Bapak Tiko menyerahkan bantuan berupa kincir air, alat pemberian makan ikan, penanaman bibit bakau serta benih udang vanamae dan benih ikan bandeng. Ikan bandeng dibudidayakan secara bersamaan dengan tanaman mangrove.




Presiden tampak sangat antusias dengan program Perhutanan Sosial ini. Dan diharapkan program ini dapat memperbaiki taraf kehidupan masyarakat Muara Gembong. Dengan adanya program Perhutanan Sosial maka infrastruktur di daerah ini pun akan terus dibangun dan dilengkapi. Muara Gembong diharapkan mampu menjadi salah satu daerah penghasil udang dan ikan bandeng yang produktif.




Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

25 komentar

Aku baru denger muara gembong, tapi emang bener sektor perikanan indonesia harus dikembangkan terus. Warga jabodetabek harus bisa dapat akses mudah dan murah untuk konsumsi ikan laut dan teman2nya. Di sini udang, ikan, atau cumi masih mahal harganya mak.

Balas

Kalau ada pembenahan infrastruktur diharapkan bisa dapat meningkatkan produktivitas masyarakat dan mendapat rejeki berlimpah ya mba. Salut deh dengan kerja keras Jokowi mau masuk sampai di kesana :)

Balas

Wah...dengan diberikannya hak guna hutan kepada warga Muara Gembong selama 35 tahun, semoga perhutanan revitalisasi dan segala perkembangan hutan bisa menghasilkan pendapatan efektif bagi masyarakat di sana. Presiden Jokowi pun berkunjung langsung ya mbak...meninjau hutan mangrove tsb.

Balas

Suka model pemberdayaan model gini. Sekaligus dapat mengedukasi masyarakat sekitar.

Balas

Mudah2an program ini bisa berjalan long term, ya biar Ada efek manfaatnya ke warga sekitar

Balas

Semoga terwujud ya niat baiknya menyejahterakan warga Muara Gombong dan sekitarnya.

Balas

Bekasi makin membenah diri, khususnya Muara Gembong. Jadi bisa tersentuh banyak masyarakat untuk berkunjung

Balas

Wahhh ada Bapak Jokowi pembenahannya jadi terstruktur dan rapi yah. Jadi optimal juga ide-ide dan pelaksanaannya

Balas

Muara Gembong ini mengingatkanku sama daerah Kenjeran atau Tambak di Surabaya, modelnya gtu2 juga tapi lbh padet perumahan.
Semoga saja petambak makin sejahtera dengan kredit yg bisa mengembangkan usaha mereka ya mbk TFS

Balas

Semoga dengan adanya program ini bisa membantu memperbaiki kehidupan masyarakat di Muara Gembong ya dan jadi semakin berkembang.

Balas

Yg namanya pakai Muara tuh letaknya di pesisir pantai ya? ^_^ Programnya bagus. Semoga terwujud,, jadi nantinya bisa mensejahterakan penduduk sekitar.

Balas

Ohhh ini yang beritanya bapak Jokowi naik motor trail di Bekasi, semoga programnya berjalan lancar dan sukses yaa mak..btw kapan ya aku bisa jumpa pak Jokowi kayak emak ini..

Balas

Seneng ihhh kalau Daerah Istimewa Bekasi dapat perhatian lebih kaya gini... Ampe bapak nya langsung loh yang nengokin... Sukses terus deh buat programnya...

Balas

Karena tulisan si emak, saya jadi tau ada daerah yg namanya Muara Gembong. Semoga program pemberdayaannya berjalan sesuai rencana

Balas

aku nonton beritanya waktu presiden jokowi ke muara gembong, ternyata di bekasi ada tambak seluas itu ... mantap

Balas

Pernah denger Muara Gembong, tapi gak pernah tahu kondisinya kaya gimana, kaget juga kalau ternyata kondisinya memprihatinkan, tapi bersyukur ya sekarang mulai diberdyaakan terutama sektor perikanannya, jadi bisa menyusul daerah lain supaya maju

Balas

Program Yg bagus untuk memberdayakan masyarakat sekitar y... Semoga bisa di nikmati y hasilnya dan berjalan sesuai yg di harapkan

Balas

Semoga dengan adanya program ini, dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar muara Gembong jadi lebih baik ya Mak kedepannya.

Jadi peran aktif dari masyarakat dan dukungan dari pemerintah serta swasta harus terus ditingkatkan niyy, agar daerah2 yang lain juga ikut berkembang.

Balas

Aku pernah 2x le muara gembong untuk penanaman mangrove. Dan iya, kondisi masyarakat di sana cukup memprihatinkan. Akses pendidikan dan kesehatan sangat minim.
Semoga setelah ini taraf hidup mereka membaik.

Balas

Udah komen kemaren kan ya. Komen lagi deh. Hehehe.

Balas

Bekasi juga diperhatikan oleh pemerintah pusat :)
Senang sekali membacanya, semoga Bekasi bisa maju dan berkembang juga.

Balas

Emak semakin hitz dan tersepan bisa ketemu pak jokowi hihihi. Dedek bangga padamu mak.

Aku selalu smua program pemerintah yg mmbawa manfaat besar untuk masyarakat.

Balas

Aamiin semogaapayang diharapakan tercapai, Muara Gembong bisa menjadi penghasil Udang dan Ikan Bandeng. Yang pastinya juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Program yang bagus ini. Lanjutkan.

Balas

Bisa jadi objek wisata ini kalau dilakukan pembaharuan infrastruktur.
Semakin keren ya bekasi.

Balas

Alhamdulillah makin banyak perusahaan besar yang mau turun tangan membantu permasalahan di indonesia.. Apalagi seperti muara gembong ini

Balas