Senin, 27 November 2017

HIT Expert Untuk Nyamuk Bandel


HIT Expert Flower dan Citrus

Nyamuk merupakan makhluk kecil yang cukup popular. Ayo siapa yang enggak kenal nyamuk? Sepertinya semua orang kenal deh sama nyamuk wkwkwk. Nyamuk cukup popular tapi nyebelin. Iya enggak siy? Ayo yang setuju tunjuk jempol eh malah cari dukungan hahaha. Nih, Saya kasih buktinya ya kalau nyamuk adalah makhluk kecil yang popular dan menyebalkan.

Minggu lalu, Saya sempat bertandang ke Jayapura, Papua. Kalian tahu kalimat apa yang pertamakali Saya dapatkan dari penjemput Saya? "Kakak sudah pakai lotion anti nyamuk? Disini nyamuknya nakal-nakal, Kak. Terutama nyamuk malaria." Tuch, catat ya yang pertamakali ditanyakan ke Saya adalah seputar nyamuk. Padahal Saya baru saja menempuh perjalanan panjang yang cukup melelahkan. Namun hal pertama yang ditanyakan ke Saya adalah sudah pakai lotion nyamuk atau belum. Bukannya bertanya bagaimana keadaan Saya. Puk puk sedih, kalah tenar sama nyamuk hiks. Dan hal ini menjadi bukti kalau nyamuk adalah makhluk kecil yang popular, menakutkan sekaligus sering bikin masalah wkwkwk.

Wamena
Beberapa penelitian menyatakan bahwa nyamuk merupakan hewan kecil yang paling mematikan. Ini fakta loh. Hal ini diperkuat oleh data dari World Health Organization (WHO) tahun 2016 yang menyebutkan bahwa nyamuk adalah binatang paling mematikan di dunia. Sekitar 725.000 orang meninggal setiap tahunnya. Banyak ya korbannya Si Nyamuk ini?!

Saya juga akan berikan contohnya dengan kenyataan yang terjadi di Jayapura untuk memperkuat bukti bahwa nyamuk adalah binatang yang paling mematikan sekaligus menakutkan. Masyarakat di Jayapura cukup "takut" dengan Si Nyamuk ini terutama nyamuk malaria. Karena nyamuk malaria telah banyak memakan korban sanak saudara mereka.

Masyarakat Papua
Malaria telah menjadi wabah yang mematikan bagi masyarakat Jayapura. Iklim Jayapura yang cukup menyengat membuat nyamuk malaria betah dan bahagia untuk berkembang biak. Ini baru nyamuk malaria, belum lagi nyamuk demam berdarah dan jenis nyamuk lainnya. Khusus untuk nyamuk demam berdarah,nyamuk ini berkontribusi besar dalam meningkatkan jumlah kematian di Indonesia yang disebabkan oleh penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Iklim Indonesia yang tropis merupakan iklim yang sangat digemari oleh nyamuk. Iklim tropis hangat dan lembab. Wah ini merupakan cuaca favorit Si Nyamuk untuk memperbanyak populasinya. Semakin panas cuaca dan lembab, doi pasti happy banget. Pemanasan global atau bahasa kerennya global warming bukan hanya berdampak pada bumi saja tapi juga berdampak pada siklus kehidupan nyamuk beserta wabah yang ditimbulkannya.

Cuaca panas membuat nyamuk lebih rajin kawin dan bertelur terus. Karena itu daerah yang memiliki iklim kering atau panas lebih mudah terjangkit wabah yang disebabkan oleh nyamuk. Nyamuk kurang suka hidup di daerah pegunungan. Cuaca pegunungan yang dingin membuat nyamuk ogah tinggal dan berkembang biak. Itulah sebabnya di daerah pegunungan relatif jarang ada nyamuk meskipun ada pasti dalam jumlah sedikit. Hal senada juga disampaikan oleh dr. Lula Kamal sebagai Brand Ambasador HIT belum lama ini di acara peluncuran HIT Expert bersama teman-teman blogger.

dr. Lula Kamal menjelaskan bahwa musim kemarau membuat populasi nyamuk semakin meningkat. Perubahan iklim pun membuat nyamuk semakin cerdas berevolusi. Nyamuk menjadi semakin bandel, sering kawin dan ukurannya menjadi semakin kecil hingga akhirnya mengakibatkan nyamuk harus menghisap lebih banyak darah untuk mengejar keukuran normal agar memenuhi syarat untuk berkembang biak.

dr. Lula Kamal dan MC
Suhu tinggi mempercepat siklus hidup nyamuk. Inilah yang mengakibatkan nyamuk jaman now semakin nyebelin, bandel dan agresif untuk menghisap darah manusia. Nyamuk itu menghisap darah loh bukan menggigit. Doi enggak punya gigi tapi memiliki kemampuan untuk menghisap darah manusia melalui jarum dimulutnya. Dan hanya nyamuk betina saja yang menghisap darah manusia untuk keperluannya bertelur dan berkembang biak. Mungkin temannya drakula, Si Nyamuk ini ya hahaha.



Tumpukan buku dan gantungan tas, tempat sembunyi nyamuk
Nyamuk dapat bersarang atau bersembunyi di dalam dan diluar ruangan. Doi hanya membutuhkan 1cc air bersih untuk bertelur dan berkembang biak. Nyamuk sangat suka dengan bau tubuh manusia karena itu nyamuk suka banget sembunyi di pakaian-pakaian yang telah dipakai dan digantung. Apalagi jika berwarna hitam dan merah. Warna favoritnya nyamuk tuch. Nyamuk anteng bersembunyi ditumpukan buku-buku yang diletakkan ditempat terbuka seperti atas meja dan jarang tersentuh tangan manusia. Nyamuk juga bahagia banget ngumpet di pigura-pigura foto atau lukisan yang ditempel di dinding bahkan dibalik selimut loh. Ampun ya Si Nyamuk ini ada di mana-mana. Tepok jidat.



Cara Mengatasi Nyamuk Bandel

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengusir nyamuk jaman now yaitu:

  • Untuk memutus siklus perkembangbiakan nyamuk maka Kita harus membasmi jentik nyamuk. Ada 3 prinsip yang harus dilakukan untuk membasmi jentik nyamuk yaitu prinsip 3 M. Tahu dong 3 M itu apa saja? Yups, menguras, mengubur dan menutup. Menguras bak mandi dan membersihkan bak mandi secara teratur minimal 3 hari sekali dengan cara menyikat dinding bagian dalam bak mandi supaya jentik nyamuk tidak menempel di dinding. Membuang air di tempat pembuangan air pada lemari es, biasanya di bagian belakang lemari es (khusus untuk kulkas model lama ya). Mengubur kaleng-kaleng bekas atau botol-botol yang memungkinkan air tergenang. Nyamuk paling suka bertelur dan berkembang biak di genangan air bersih. Nyamuk jaman now pemilih loh dan enggak mau tinggal di genangan air kotor. Menutup semua tampungan air bersih termasuk ember-ember yang berisi air.
  • Tidak menggantung pakaian yang telah dipakai meski belum kotor benar. Lebih baik dilipat lalu di masukkan dalam keranjang khusus. Membersihkan secara berkala hiasan dinding termasuk foto atau lukisan. Membersihkan dan mengubah letak buku-buku yang diletakkan di atas meja. Nyamuk paling senang bersembunyi di tumpukan barang-barang atau buku yang jarang terjamah tangan manusia. Menempatkan barang-barang dengan rapi pada tempat khusus/lemari tertutup.
  • Mengatasi Nyamuk bandel dengan HIT Expert. Untuk mengatasi nyamuk jaman now yang semakin bandel, HIT berinovasi dan mengeluarkan HIT Expert sebagai resolusi terbaru dengan 4 kelebihan dalam satu produk yaitu:
  1. Formula baru dengan partikel yang lebih kecil atau disebut microparticle sehingga dapat bertahan lebih lama di udara dan dapat membasmi nyamuk bandel dengan lebih baik;
  2. Teknologi double nozzle yang menghasilkan semprotan menjadi lebih jauh, merata ke seluruh ruangan sehingga hanya perlu menyemprot secukupnya dan tidak boros. Nah cocok banget nih untuk Mamak-Mamak yang selalu ingin hemat. Beda tipis sih antara hemat dan pelit wkwkwk;
  3. Kemasan baru yang premium dengan desain cap yang ergonomis sehingga lebih nyaman saat digenggam. Semprotan yang dihasilkan pun menjadi lebih halus;
  4. Dua pilihan wangi baru yang premium yaitu sweet flower dan fresh citrus. Kedua aroma ini dipilih berdasarkan survei kecil yang dilakukan dan ternyata dua aroma ini yang paling banyak dipilih.


HIT Expert aman digunakan untuk mengatasi nyamuk bandel asalkan digunakan sesuai dengan anjuran penggunaan. Untuk penderita penyakit pernafasan seperti asma dan sesak nafas, sebaiknya dicoba dulu. Jika tidak timbul gangguan maka HIT Expert dapat digunakan namun jika muncul gangguan seperti sesak atau pusing, sebaiknya beralih ke HIT Elektrik. Namun sejauh ini belum pernah ditemukan kasus seperti itu.


HIT Expert mengandung 0,1% bahan aktif transflutrin dan masuk dalam kelas U berdasarkan WHO. Kelas U (Unlikely to present  acute hazard) merupakan golongan kimia yang aman untuk digunakan sebagai pembasmi serangga kecil rumahan. Serangga kecil rumahan seperti nyamuk dan kecoa. Berdasarkan ulasan tersebut maka HIT Expert aman untuk digunakan.

Perhatikan cara penggunaan HIT Expert dengan teliti ya! Semprotkan HIT Expert ke ruangan yang dikehendaki. Sesuaikan dengan berapa banyak tempat yang diduga menjadi wilayah kekuasaan nyamuk dan luas ruangan yang ingin disemprot. Semprotkan secukupnya ke wilayah-wilayah kekuasaan nyamuk tersebut dan tutup ruangan selama minimal 15 menit. Itu sih berdasarkan cara penggunaan yang tertera dibotol HIT Expert. Kalau Saya pribadi lebih merasa aman dan nyaman menutup ruangan setelah disemprot selama kurang lebih satu jam. Setelah satu jam, ruangan yang tadi Saya semprot baru bisa untuk ditempati atau digunakan. Saya biasanya menyemprot ruangan rumah Saya pada pagi hari ketika kedua anak dan suami Saya pergi ke sekolah dan kantor, lalu menyemprot kembali pada sore hari sekitar jam 5 sore.

HIT Blossom Lily dan Orange

HIT Expert
Saya telah merasakan sendiri perbedaan hasil antara memakai HIT Lily Blossom dan HIT Orange yang sebelumnya Saya pakai dengan HIT Expert. Dengan HIT Expert nyamuk tidak nongol lagi sampai menjelang Subuh. Biasanya sekitar jam 3 atau 4 pagi mulai nongol tuh nyamuk-nyamuk nakal meski satu dua nyamuk saja.  Dan sekarang tidak lagi. Bebas nyamuk bandel sampai pagi.

HIT Expert dengan doble nozzle membuat semprotan lebih merata dan lebih jauh sebarannya karena memiliki dua lubang penyemprotan. Saya bisa menyemprot secukupnya sehingga tidak boros alias hemat Cynt hahaha. Anak-anak pun suka dengan wangi Citrus dari HIT Expert yang Saya pakai. Aktifitas bercengkrama dan istirahat keluarga menjadi lebih nyaman tanpa gangguan nyamuk bandel. Tidur menjadi lebih berkualitas dan ketika bangun di pagi hari terasa lebih menyegarkan. Saya puas memakai HIT Expert sebagai obat nyamuk keluarga, bagaimana dengan Kalian?

Bersama dr. Lula Kamal, Brand Ambassador HIT










Jumat, 24 November 2017

Mandiri Hadir Untuk Kopi Wamena


Wamena merupakan sebuah kota kecil di Papua yang menjadi ibukota Kabupaten Jayawijaya. Tak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa Saya akan bisa datang dan menikmati keindahan Wamena. Seperti mimpi saja rasanya. Perjalanan dari Jakarta menuju Wamena dapat ditempuh selama kurang lebih 6 jam dengan menggunakan pesawat terbang. Dapat langsung menuju Wamena tanpa transit di Jayapura atau transit dulu di Jayapura. Jayapura-Wamena dapat ditempuh selama satu jam perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang juga. Cukup melelahkan namun keindahan alam dan budaya Wamena sanggup menghapus semua rasa lelah tersebut.

Kota Wamena
Wamena terletak diketinggian 1.200-1.800 m dari permukaan laut dan berada diantara pegunungan. Kalian pernah mendengar Lembah Baliem? Yups, Lembah Baliem ini berada di Wamena. Orang setempat sih menyatakan bahwa Lembah Baliem ya Wamena itu. Kontur Wamena memang berbukit-bukit dan penuh tebing gitu. Mempunyai hawa dingin yang cukup membuat ngilu tulang-tulang Saya yang mulai berumur hahaha. Kalian pernah melihat film Dinosaurus? Nah kondisi alam Wamena kurang lebih seperti yang ditampilkan dalam film tersebut. Kebayang kan bagaimana memukaunya Wamena?



Sebagian besar masyarakat Wamena adalah petani. Terutama kopi. Yess kopi. Selama ini masyarakat lebih familiar dengan kopi Sidikalang, Aceh, Lampung dan beberapa daerah penghasil kopi di Jawa. Belum banyak yang tahu bahwa Wamena punya kopi. Dan kopi Wamena tak kalah kualitasnya dengan kopi lainnya di Indonesia bahkan dunia sekalipun.

Kopi Wamena memiliki beberapa kelebihan namun letak geografis dan minimnya sumber daya manusia membuat kopi Wamena seolah kalah pamor dengan kopi dari daerah lain. Kelebihan kopi Wamena terletak pada rasa, kekentalan, aroma serta tingkat keasamannya yang rendah sehingga cukup aman dikonsumsi lambung. Satu lagi kelebihan dari kopi Wamena adalah petani kopi Wamena tidak ada yang memakai pupuk kimia dalam perawatan tanaman kopinya sehingga kopi Wamena tergolong kopi organik.



Kurangnya sumber daya, infrastruktur yang kurang mendukung serta kurangnya pengetahuan seputar teknik pemeliharaan pohon kopi dan pengolahan biji kopi membuat Bank Mandiri sebagai salah satu BUMN negeri ini merasa perlu untuk memberikan perhatian khusus terhadap keberadaan kopi Wamena. Mandiri berusaha untuk memperkenalkan kopi Wamena ke khalayak dunia. Bank Mandiri bersinergi dengan BUMN lainnya berupaya untuk membantu petani kopi Wamena untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik.

Bu Mentri BUMN


Tanggal 20 November kemarin, Kementrian BUMN melakukan kunjungan sekaligus penyerahan bantuan untuk masyarakat Wamena yang berada di Wolo, salah satu daerah penghasil kopi di Wamena. Kelompok petani Wolo tergabung dalam PokJa Wamena yang merupakan anggota dari Rumah Kreatif BUMN Wamena, Papua. Mandiri dalam hal ini, memiliki peranan besar dalam pemberian bantuan tersebut. Karena Mandiri lah yang secara langsung berhubungan dengan kelompok petani kopi Wolo, Wamena melalui KUR.




Dalam pemberian bantuan tersebut diserahkan 4 unit mesin pengolahan kopi yang terdiri dari mesin pengupas biji kopi, mesin pengoven/pembakar biji kopi (dengan bahan bakar kayu), mesin penggiling biji kopi serta mesin pengemas kopi yang telah digiling hingga siap untuk dipasarkan. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bu Menteri BUMN kepada kelompok petani kopi Wolo, Wamena.

Selain memberikan bantuan alat, Mandiri juga melakukan pendampingan terhadap kelompok petani kopi Wolo, Wamena. Pendampingan tersebut meliputi memberikan pengarahan dan bimbingan seputar teknik pengolahan kopi. Petani kopi Wolo, biasanya merendam buah kopi hasil panen mereka dalam air selama berhari-hari supaya terlepaslah kulit kopi dan isinya. Namun perlakuan ini membuat biji kopi memiliki kadar air yang tinggi sehingga mempengaruhi rasa dan aroma kopi.



Melalui pendampingan yang dilakukan oleh Mandiri, petani kopi Wolo, Wamena sekarang telah mengerti bagaimana cara mengolah kopi yang benar. Pendampingan dilakukan bukan hanya seputar pengolahan kopi saja tapi juga meliputi pengemasan dan pemasaran kopi. Untuk pemasaran kopi, Mandiri bersinergi dengan PT.Pos Indonesia dan PELNI.

Petani kopi Wolo, Wamena menanam kopi dibalik pohon-pohon besar nan rindang di dalam hutan. Tepatnya siy dilereng bukit yang cukup melelahkan untuk dihampiri wkwkwk. Apalagi saat musim hujan datang, wah lengkaplah sudah, hujan becek ngga ada ojek hahahaha. Jangan bayangkan perkebunan kopi yang tertata apik di tanah rata seperti perkebunan kopi di Jawa ya. Di Wolo, berbeda namun istimewa. Kopi Wamena saat ini sudah mulai dipasarkan di Anomali, salah satu kedai kopi cukup ternama di Jakarta.

Bantuan yang diberikan oleh Bank Mandiri untuk petani kopi Wamena diharapkan mampu membantu kemajuan kopi Wamena dan membuat kopi Wamena menjadi salah satu kopi yang digemari masyarakat lokal dan dunia. Semoga.

Pak Tiko, Dirut Mandiri


Bersama Bu Rini, Menteri BUMN





Kamis, 23 November 2017

Kepedulian Mandiri Untuk Muara Gembong Bekasi


Bekasi merupakan kota terdekat dari ibu kota Jakarta. Kota yang berbatasan langsung dengan provinsi DKI Jakarta ini ternyata memiliki daerah dengan kondisi kehidupan masyarakatnya yang cukup memprihatinkan. Padahal mereka hidup dekat ke Jakarta, kota metropolitan. Daerah Bekasi yang memiliki kehidupan sangat memprihatinkan bahkan cenderung kekurangan ini berada di Kecamatan Muara Gembong Bekasi.

Muara Gembong berada diujung Bekasi dan memiliki daerah pantai yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Pada tanggal 1 November 2017 kemarin, Presiden Jokowi melakukan peresmian hutan sosial untuk pemerataan ekonomi di Muara Gembong Bekasi. Hutan sosial itu merupakan salah satu bentuk dari sinergi BUMN terhadap pemerataan ekonomi dan perbaikan taraf hidup masyarakat negeri ini. Terutama yang masih berada dalam masyarakat golongan ekonomi lemah namun sebenarnya memiliki lahan ataupun potensi untuk dikembangkan. Sesuai dengan motto yang diemban oleh BUMN yaitu BUMN hadir untuk negeri. Dan Bank Mandiri sebagai salah satu BUMN negeri ini menjadi salah satu pihak yang aktif dalam program ini.


Seperti di Muara Gembong ini. Mereka memiliki daerah pesisir pantai yang dapat dimanfaatkan sebagai tambak sekaligus ditanami tanaman bakau (dijadikan hutan bakau). Mandiri melalui program KUR dan bantuan CSRnya berupaya untuk memberdayakan masyarakat setempat melalui usaha tambak dan hutan bakau (mangrove).

Model pengembangan petambak Muara Gembong oleh Bank Mandiri meliputi:
  • Pembenahan infrastruktur tambak dan infrastruktur penunjang tambak;
  • Secara sosiokultural yaitu untuk bersedia ikut dan mendukung program perhutanan sosial;
  • Pembentukan dan operasionalisasi kelompok petamvak untuk menjalankan program perhutanan sosial;
  • Pendampingan dan offtaker berupa bantuan benih dan pakan serta pendampingan petani dalam pengelolaan tambak dan pembelian hasil tambak;
  • Pembiayaan petambak melalui pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk operasional tambak;
  • Peningkatan program kapabilitas pemberian pelatihan untuk petambak;
  • Penggunaan teknologi modernisasi tambak. Penyediaan teknologi untuk menunjang produktifitas tambak seperti kincir dan alat pakan otomatis dari e-fishery.
  • Monitoring proses konservasi mangrove berjalan secara berkelanjutan.
Pada saat peresmian Perhutanan Sosial, Presiden Joko Widodo melakukan dialog interaktif dengan masyarakat Muara Gembong sekaligus menyerahkan bantuan untuk pengembangan perekonomian di daerah tersebut. Presiden menyerahkan sertifikat hak guna hutan negara kepada masyarakat Muara Gembong. Masyarakat diijinkan untuk memanfaatkan dan menjaga hutan negara tersebut sebagai hutan sosial. Masyarakat diberikan hak guna hutan tersebut selama 35 tahun.



Presiden juga meninjau langsung area tambak dan hutan bakau yang baru saja direvitalisasi. Tambak dan hutan bakau yang dikelola kelompok petambak Muara Gembong memiliki luas kurang lebih 17 hektar. Presiden didampingi oleh WaGub Jawa Barat, Bpk Dedi Mizwar dan Dirut Bank Mandiri, Bapak Tiko menyerahkan bantuan berupa kincir air, alat pemberian makan ikan, penanaman bibit bakau serta benih udang vanamae dan benih ikan bandeng. Ikan bandeng dibudidayakan secara bersamaan dengan tanaman mangrove.




Presiden tampak sangat antusias dengan program Perhutanan Sosial ini. Dan diharapkan program ini dapat memperbaiki taraf kehidupan masyarakat Muara Gembong. Dengan adanya program Perhutanan Sosial maka infrastruktur di daerah ini pun akan terus dibangun dan dilengkapi. Muara Gembong diharapkan mampu menjadi salah satu daerah penghasil udang dan ikan bandeng yang produktif.




Rabu, 22 November 2017

Cegah dan Atasi Obesitas Melalui GERMAS


Obesitas atau gendut merupakan salah satu masalah yang cukup banyak dialami oleh masyarakat negeri ini. Duh itu mah Saya banget (tutup muka). Saya merupakan salah satu penderita obesitas. Bahkan beberapa tahun lalu, Saya sempat mengalami stress karena obesitas ini. Saya mengalami masalah dengan berat badan. Saya merasa tertekan dengan label "gemuk/gendut" yang diberikan oleh beberapa orang terhadap Saya. Bahkan Saya sering mengalami bullying karena berat badan Saya ini. Beberapa cara menurunkan berat badan sudah pernah Saya lakukan tapi tetap saja hasilnya tidak memuaskan. Sampai akhirnya Saya berada dititik cuek dan bodo amat yang penting Saya sehat dan tidak merugikan orang lain.

Menjadi obes memang kurang menyenangkan. Sulit mencari ukuran pakaian, enggak bisa pakai pakaian sesuai mode yang sedang trend. Sering dituduh sebagai pembersih makanan dan tukang makan. Padahal tidak selamanya seperti itu loh. Saya sendiri bukanlah tipe orang yang suka makan dan ngemil. Bahkan porsi makan Saya pun sedikit. Tadinya Saya merasa terganggu dengan berat badan yang tidak ideal yang Saya alami hingga pada akhirnya Saya putuskan untuk menerima apa pun bentuk dan berat badan Saya. Saya putuskan untuk menjadi pribadi yang bahagia tanpa syarat.

Ternyata Saya bukanlah satu-satunya penderita obesitas di negeri tercinta ini. Indonesia menempati peringkat kesepuluh, negara dengan penderita obesitas terbanyak di dunia. Obesitas selalu berkaitan erat dengan PTM (Penyakit Tidak Menular) dan menjadi penyebab kematian cukup banyak di negeri ini. Haduh sedih yak. Penderita obesitas memiliki resiko terkena penyakit jantung, diabetes bahkan kanker.
Obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebihan akibat ketidakseimbangan asupan energi dengan energi yang digunakan dalam waktu lama
Obesitas diartikan secara singkat sebagai kelebihan lemak yang disimpan oleh tubuh. Apa yang masuk ke dalam tubuh tidak seimbang dengan apa yang dikeluarkan tubuh. Obesitas dapat terjadi pada siapa saja, tak peduli itu tua, muda bahkan balita. Dan penderita obesitas memang lebih banyak wanita. Obesitas dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu genetik (keturunan) tapi ini kecil sekali kemungkinannya, faktor lingkungan, obat-obatan, kebiasaan, sociokultural, metabolik, physiological, psykological dan hormonal. Nah yang terakhir inilah yang menjadi penyebab obesitas yang Saya alami.



Saya pernah melakukan suntik hormon atau terapi hormon untuk memperoleh anak. Bukan cuma sekali tapi dua kali. Dan menurut dokter kandungan Saya, kenaikan berat badan yang Saya alami setelah melakukan terapi hormon tersebut dapat dikatakan lebih baik dibandingkan dengan orang lain yang melakukan terapi hormon juga. Bahkan ada yang mengalami kenaikan berat badan tiga kali dari berat awal sebelum melakukan terapi hormon. Wuiiih 

Tanggal 7 November kemarin, Saya mengikuti Seminar Hari Obesitas Se-Dunia, "Cegah Obesitas Melalui GERMAS" di Hotel Harris Kelapa Gading. Hadir pada seminar tersebut Bu Lily dari KeMenKes, dr. Ida Gunawan, MS SpGK(K), Dr.(C) Rita Ramayulis,DCN,M.Kes dan Dr. Michael Triangto, SpKO. Dalam seminar tersebut, dr. Ida menjelaskan bahwa masyarakat Indonesia menggemari makanan berlemak dan manis serta kurang menyukai sayuran dan buah. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab utama terus meningkatnya penderita obesitas di Indonesia.

Berdasarkan kondisi tersebut maka perlu dilakukan upaya serius yang inovatif untuk menahan laju peningkatan angka Obesitas di Indonesia. Obesitas sangat erat kaitannya dengan PTM karena itu pengendalian obesitas dapat berjalan secara optimal jika kebijakan umum penanggulangan PTM didasari pada partisipasi  dan pemberdayaan masyarakat . Pemerintah berupaya untuk mengendalikan dan mengatasi obesitas melalui GERMAS.

Obesitas merupakan ancaman bagi kesehatan masyarakat bila tidak segera diatasi karena obesitas merupakan faktor resiko terjadinya berbagai penyakit metabolik dan degeneratif seperti penyakit kardiovaskuler, DM, kanker,osteoartritis dan penyakit tidak menular lainnya. Karena itu obesitas harus segera mungkin diatasi melalui GERMAS.

GERMAS adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat melalui tindakan CERDIK. Cek rutin kesehatan secara berkala, Enyahkan rokok, Rutin melakukan aktifitas fisik, Diet makanan dengan nutrisi seimbang terutama mengonsumsi sayur dan buah, Istirahat yang cukup dan Kelola stress. Selain menerapkan GERMAS sebagai salah satu cara untuk mengatasi obesitas, pemerintah juga membuat buku panduan Pelaksanaan Gerakan Nusantara Tekan Angka Obesitas (GENTAS).

Melalui GERMAS dan GENTAS, masyarakat diajak untuk mengatur pola makan. Seperti menggunakan piring makan model T yaitu jumlah sayur 2 kali lipat dari bahan makanan sumber karbohidrat (nasi, mie, roti, pasta dan lain-lain), jumlah makanan sumber protein setara dengan jumlah makanan sumber karbohidrat serta konsumsi buah minimal harus sama dengan jumlaj karbohidrat atau protein. Pilihlah makanan yang disenangi namun tetap memperhatikan jumlah, jenis dan jadwal makan. Konsumsi garam, gula dan lemak harus diminimalisir serendah mungkin. Makanan sedapat mungkin diolah dengan cara ditumis dan direbus. Hindari gorengan dan minuman manis.

Selain mengatur pola makan dan menjaga asupan makanan yang masuk, obesitas dapat dicegah dan diatasi dengan aktifitas fisik. Menjadi aktif sangat penting untuk mencegah dan mengatasi obesitas serta dapat pula mencegah penyakit tidak menular seperti penyakit jantung pembuluh darah, stroke , diabetes dan penyakit tidak menular lain. Prinsip utama aktifitas fisik pada obesitas adalah untuk meningkatkan pengeluaran energi dan membakar lemak. Aktifitas fisik dan latihan fisik menjadi bagian terintegrasi sebagai terapi  untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap ideal.

Selain melakukan aktifitas fisik, menjauhi rokok, istirahat yang cukup dan kelola stress menjadi faktor pendukung untuk mengatasi dan mencegah obesitas.  Dan semua perilaku GERMAS serta GENTAS ini dapat pula Saya terapkan untuk diri sendiri supaya Saya dapat menekan laju kenaikan berat badan dan dapat menjalani hidup dengan sehat dan bugar.










Minggu, 19 November 2017

Ada Yang Baru di Detik Com


Zaman semakin maju. Teknologi tambah mutakhir. Zaman now semua terasa lebih praktis. Asalkan ada gadget, banyak hal dapat dilakukan hanya dengan mengandalkan jaringan internet dan jari jari tangan wkwkwk. Sekarang tak perlu lagi ribet datang ke restoran untuk membeli makanan. Cukup browsing dan memesan secara online, makanan pesanan akan diantar sampai ke tempat kita. Dan masih banyak hal lain yang dapat kita lakukan dengan mengandalkan teknologi internet dan gadget. Salah satunyanya adalah membaca berita.

Dulu untuk mendapatkan informasi aktual seputar berita-berita yang beredar, Kita mengandalkan televisi ataupun dari majalah dan koran. Tapi sekarang, tidak seperti itu. Saya sendiri saat ini lebih sering membaca berita dan mencari informasi secara online. Lebih praktis membaca berita dan mencari informasi melalui portal berita yang dapat diakses secara online melalui smartphone.

Saya sering membuka dan membaca berita-berita aktual dari aplikasi detik com. Kenapa siy harus detik com? Jawabannya adalah karena detik com menyajikan informasi aktual dengan cepat. Jadi ketika Saya ingin mencari informasi tentang sebuah berita, Saya selalu mengandalkan aplikasi detik com. Detik com memberikan kemudahan bagi Saya untuk mengakses berita apapun yang Saya cari.

Oh ya ada satu hal yang Saya sukai dari aplikasi detik com ini yaitu detik com selalu inovatif dan berupaya memberikan informasi terkini dan tercepat untuk pembacanya. Seperti yang belum lama ini dilakukan oleh detik com untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi para pembacanya, detik com melakukan inovasi terbaru. Apa saja sih yang terbaru dari detik com? Yuk simak contekkan dari Saya.


Ada yang baru dari detik com yaitu meliputi beberapa hal. Seperti pembaruan tampilan antar muka. Kini menjadi lebih clean dan terkini. Tampilan antar muka detik com menjadi lebih trendy. Bukan hanya itu saja. Detik com kini juga tersedia mode malam. Mode malam dapat disetting secara otomatis  menyesuaikan warna tampilan ketika malam hari sehingga tetap nyaman dibaca waktu malam. Tampilan ini membuat mata tidak sakit meskipun membaca berita dan informasi cukup banyak. Mode malam tidak membuat mata menjadi lelah dan sakit.

Untuk mendapatkan settingan mode malam, sangatlah mudah. Cukup masuk ke profile lalu carilah settingan mode malam. Mode malam dapat disetel otomatis atau pun pada waktu tertentu saja. Masih ada yang baru lagi dari detik com. Sekarang, video-video popular dari 20 detik dapat dilihat langsung di aplikasi detik com. Detik com menampilkan video-video 20 detik langsung pada laman beritanya.


Mencari fokus ataupun liputan mendalam menjadi lebih mudah ditemukan. Detik com selalu berupaya untuk memberikan kepuasan pada pembacanya. Kategori berita detik com pun mengalami penambahan. Sekarang untuk menemukan berita beberapa daerah, Kita cukup membuka laman berita daerah yang terdapat pada aplikasi detik com yang terbaru. Ada kategori berita untuk bunda-bunda zaman now seputar keluarga dan anak.


Oh ya pasti kalian bertanya-tanya, bagaimana caranya menemukan "wajah baru" detik com? Caranya mudah banget kog. Kalian cukup mengupdate aplikasi detik com. Belum punya aplikasi detik com? Buruan download aplikasinya dan temukan apa lagi yang baru lainnya dari aplikasi kesayangan ini.