Postingan

Tokoh Inspiratif, Website yang Menginspirasi

Gambar
Inspirasi. Apa yang terlintas dalam benak kalian saat mendengar kata inspirasi? Inspirasi menurut saya adalah tindakan atau perbuatan dari orang lain yang menggugah hati saya untuk melakukan 'sesuatu' karena terdorong oleh tindakan orang lain tersebut. Itu sih kalau menurut saya. Namun jika melihat ke KBBI, inspirasi adalah suatu proses yang mendorong atau merangsang pikiran untuk melakukan sesuatu tindakan terutama melakukan sesuatu yang kreatif. Inspirasi dapat diperoleh dari siapapun, dimanapun dan kapan saja. Inspirasi merupakan suatu proses untuk melakukan tindakan setelah melihat atau mempelajari sesuatu yang ada di lingkungan sekitar kita.
Inspirasi berbeda dengan motivasi. Motivasi adalah proses yang mendorong atau mempengaruhi seseorang untuk mendapatkan atau mencapai apa yang diinginkannya. Sedangkan inspirasi merupakan ide-de kreatif yang muncul dari dalam diri setelah ada rangsangan dari luar. Sudah agak jelas ya pengertian inspirasi. 
Dalam hidup ini, pasti kita …

Kurban Dikita Aja, Dompet Dhuafa Menjawab Panggilan Jaman

Gambar
Hai apa kabar semua? Semoga sehat dan bahagia selalu ya..Amiin. Tak terasa sebentar lagi, kita, umat muslim khususnya akan merayakan Hari Raya Kurban atau Hari Raya Idul Adha. Adakah rencana kalian untuk berkurban tahun ini? Kurban hewan ternak yah, bukan kurban perasaan hahahaha. Berkurban adalah bukti syukur dan ketaatan kita pada Allah. Dan sebagai tanda bahwa kita meneladani keimanan Nabi Ibrahim dan anaknya, Ismail. Hmmm masih ingat kan dengan kisah Nabi Ibrahim dan Ismail yang melatarbelakangi hadirnya ibadah kurban?

Dalam Al Qur'an, pengorbanan Ibrahim dan Ismail ini dikisahkan dalam Surat Ash-Shaffat Ayat 102, yang berbunyi: فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يَا بُنَيَّ إِنِّي أَرَى فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرَى قَالَ يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ (Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimp…

Colour To Life, Aplikasi Mewarnai Jaman Now

Gambar
Masih terekam jelas dalam ingatan saat beberapa belas tahun yang lalu, saya sempat mengalami tekanan jiwa atau bahasa kerennya depresi. Duh saat itu rasanya nano nano, enggak tahu mau apa dan harus berbuat apa. Semua terasa pekat dan suram. Padahal jika direnungkan kembali saat kondisi sudah "normal", penyebab saya depresi saat itu adalah hal yang biasa banget. Gagal menikah karena dikhianati pada saat sedang menyelesaikan tugas akhir.

Terdengar "cemen" yah, karena hal seperti itu saja langsung tertekan. Tapi sepertinya bukan masalah "gagal menikah" yang bikin depresi tapi "rasa malu" dan tidak terima karena dikhianati apalagi si mantan memilih menikah dengan sahabat saya sendiri. Kalau sekarang sih saya bisa bilang bahwa dulu itu saya bodoh karena sempat tergoncang karena masalah cinta ini. Bahkan sampai harus konsultasi ke seorang psikolog. Untungnya psikolog ini teman satu kost sih, jadi ngga ada biaya konsul cuma traktir makan mie ayam saja…

Siapa Bilang Sampah Tak Ada Harganya?

Gambar
Pernah ngga terlintas dalam pikiran saat melihat tumpukan sampah di tong sampah yang ada di rumah jika sampah-sampah tersebut bisa menjelma menjadi emas? Hah sampah jadi emas? Yups, hal ini bukan cuma khayalan saya saja kog. Pegadaian memiliki program CSR yang mengubah sampah-sampah menjadi tabungan emas. Lah kog gimana caranya? Pegadaian membeli sampah-sampah yang dikumpulkan oleh masyarakat desa binaannya dan hasil penjualan sampah masyarakat tersebut dikonversi ke dalam bentuk tabungan emas. Salah satu desa binaan Pegadaian adalah Desa Setia Asih, Taruma Jaya, Bekasi. Pegadaian belum lama ini telah meresmikan Bank Sampah dan Taman Desa Setia Asih, Tarumajaya Bekasi.
Peresmian Bank Sampah dan Taman Desa Setia Asih ini merupakan salah satu program CSR dari PT. Pegadaian. Dirut Pegadaian, Direktur Utama Pegadaian, Bapak Sunarso menjelaskan bahwa tujuan pendirian Bank Sampah adalah untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hidup masyarakat, mengurangi dampak sampah lingkungan, se…

Festival Sahabat Generasi Maju SGM Eksplor

Gambar
"Pilih anak pintar atau anak berkarakter? atau anak pintar dan berkarakter?" (Ayah Edy) Kalimat tersebut diucapkan oleh Ayah Edy, seorang motivator parenting Indonesia dalam sebuah workshop tentang potensi prestasi anak yang sempat saya ikuti pada awal tahun 2017 lalu. Sebagai seorang ibu, saya pasti menginginkan anak saya tumbuh optimal dan sesuai dengan fase-fase pertumbuhannya baik secara fisik maupun psikologis. Saya menyadari bahwa tidaklah mudah untuk menjadi orangtua yang mampu memenuhi  tumbuh kembang anak secara optimal baik fisik maupun psikologisnya. 
Saya tidak ingin anak saya tumbuh cerdas dan sehat secara fisik namun memiliki karakter lemah, mudah menyerah dan tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Atau sebaliknya. Berkarakter tapi memiliki fisik yang tidak tumbuh optimal dan memiliki tingkat kecerdasan yang rendah . Saya dan suami ingin anak-anak kami dapat tumbuh optimal sebagai anak generasi masa depan yang sehat, cerdas dan berkarakter. Oleh kar…

Selamatkan Generasi Muda Dari Hepatitis

Gambar
Tak pernah terbayangkan sebelumnya jika penyakit hati atau tepatnya kanker hati dapat begitu cepat merenggut nyawa anak manusia muda belia yang baru berusia belasan tahun. Tidak perlu waktu lama, hanya sekitar 1,5 bulan sebelum akhirnya kanker hati memisahkan seorang anak muda dengan orang-orang yang menyayanginya. Sebelum diketahui mengidap penyakit mematikan itu, tak ada gejala apapun yang menunjukkan bahwa tubuh muda tersebut akan terkena kanker hati. Hidup di lingkungan bersih dan sehat serta didukung gaya hidup yang sehat, membuat kenyataan ini terasa bagai mimpi. 
Hingga detik hari ini, saya masih tak menyangka bahwa kanker hati dapat menyerang anak usia belasan yang terlihat sehat, tanpa ada tanda-tandanya. Menghadapi kenyataan ini, saya berupaya mencari tahu mengenai penyakit kanker hati. Kanker hati merupakan kondisi terparah dari penyakit hepatitis. Hepatitis yang tidak terdeteksi akan mengakibatkan chronics hepatitis, cirrhosis dan hepatocellular carcinoma with cirrhosis.