Postingan

Semarak Festival IKMA 2019 Kemenperin RI

Gambar
Waktu terasa cepat sekali bergulir. Tak terasa tahun 2019 akan segera berakhir dan digantikan oleh 2020. Rasanya seperti baru kemarin, saya mencoba keberuntungan di bidang industri kecil dengan membuka usaha online dan offline dibidang makanan. Ternyata akhir tahun ini adalah tahun kelima saya mengenal dan "akrab" dengan dunia industri kecil dan menengah. Berkat dunia industri kecil ini, terbuka jalan pula bagi saya untuk menekuni hal yang saya sukai hingga menjadi sebuah kegiatan produktif yang menghasilkan benefit yang lumayan untuk saya. Yups dari industri kecil yang menjual teri crispy, saya akhirnya aktif dalam kegiatan blogging sampai hari ini.

Dunia industri kecil dan menengah mulai saya "akrabi" ketika saya tergabung dalam sebuah komunitas pelaku usaha kecil dan menengah. Komunitas yang cukup concern membantu para anggotanya untuk dapat mengembangkan usahanya dan menjadi maju. Komunitas bisnis ini kerap kali mendapatkan undangan seminar ataupun workshop da…

Layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan Melalui Mobile Customer Service (MCS)

Gambar
Sakit itu mahal. Bener banget kan yah kalimat diatas? Contohnya nih yah, saya kasih sedikit gambaran. Jika kalian sakit batuk pilek saja nih, untuk biaya berobat ke klinik, minimal kalian harus siap uang seratus ribu rupiah. Ini biaya paling murah yang harus kalian siapkan loh. Dan ini baru sakit batuk pilek. Belum kalau sakit yang agak serius seperti tipus atau demam berdarah yang mengharuskan rawar inap. Duh..kalian harus menyiapkan uang berlipat-lipat jumlahnya. Sudah kebayangkan berapa nominal yang mesti kalian keluarkan untuk biaya pengobatan? Untuk biaya rawat jalan saja sudah bikin meringis, gimana jika harus membayar biaya rawat inap atau jika kalian harus menjalani operasi?? Oh My God.
Beruntung banget saat ini telah ada jaminan kesehatan yang diberikan pemerintah. Yups pemerintah melalui BPJS Kesehatan berupaya untuk memberikan pelayanan dan perlindungan kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia. Memang masih banyak yang pro dan kontra mengenai BPJS Kesehatan ini tapi kalau …

Komunikasi Jadi Bisa Lancar Berkat Paket Umroh dan Haji XL

Gambar
Pergi beribadah ke tanah suci, Mekah Al Mukaromah menjadi keinginan hampir semua umat muslim di dunia, terutama yang berada jauh dari tanah suci umat Islam itu. Tak terkecuali, ayah dan ibu saya. Mereka telah cukup lama memimpikan untuk dapat pergi ke Mekah untuk beribadah haji. Walaupun sudah pernah umroh tapi tetap saja keinginan untuk dapat menjalankan rukun Islam kelima tersebut membuncah dalam hati mereka.
Pergi haji bagi muslim yang berada di Indonesia, bukanlah perkara mudah. Perlu proses dan harus rela menunggu untuk jangka waktu yang cukup lama. Karena kuota haji yang dimiliki pemerintah terbatas setiap tahunnya. Hal ini pula yang menjadikan ibadah haji memiliki nilai prestise yang cukup tinggi. Bukan hanya disebabkan biaya ibadah haji yang lumayan menguras isi atm tapi keterbatasan kuota yang ada, membuat tidak semua muslim yang memiliki uang dapat sesuka hati untuk menjalankan ibadah haji.

Orangtua saya, contohnya. Harus sabar mengantri selama lebih dari 3,5 tahun untuk da…

Cinepolis, Wajah Baru Cinemaxx Hadir di Pejaten Village

Gambar
Nonton film di bioskop dan nge-mall, menjadi dua hal yang bikin hidup saya jadi seimbang. Rutinitas yang acapkali menjadi biang kerok keruwetan yang melanda saya, mendadak menguap seketika sesaat setelah saya nonton dan keliling mall. Apalagi jika bioskop tempat saya membuang stress merupakan tempat yang asik, nyaman dengan pelayanan prima. Wuiiih makin seger saja deh saya jadinya.

Saya tuh paling males kalau melipir ke bioskop eh ternyata tempatnya kurang nyaman. Ga punya space / ruangan yang cukup atau tempat tunggu yang cozy hingga saya pun kebingungan mau nunggu dimana sampai pintu theatre dibuka dan penonton dipersilahkan masuk. Bagi saya, hal ini nyebelin banget.

Sebagai penikmat film layar lebar, saya ngga keberatan loh jika harus mengeluarkan biaya yang sedikit lebih mahal tapi bisa memperoleh kenyamanan dan pelayanan memuaskan selagi berada di bioskop. Dan bagi saya, mall yang sempurna adalah mall yang bisa menghadirkan bioskop dengan kenyamanan paripurna.

Seperti yang ditaw…

Pekan Perpustakaan Kemendikbud 2019 Sebagai Upaya Mewujudkan Generasi Unggul

Gambar
Pendidikan Karakter Untuk Membentuk Generasi Unggul Pendidikan yang efektif kuncinya terletak pada peranan guru dalam membentuk karakter siswa-siswanya. Pendidikan yang efektif bukan tergantung pada kelengkapan infrastrukturnya tapi lebih pada peranan guru yang berkarakter. Peranan guru dalam mendidik murid-muridnya akan menjadi faktor yang sangat menentukan seperti apa murid yang dididiknya tersebut. Apakah akan menjadi generasi unggul atau generasi yang biasa saja.

Keberhasilan pendidikan tergantung pada karakter guru yang akan membentuk seperti apa murid-muridnya. Kenapa demikian? Hal ini dikarenakan setiap harinya murid-murid diberikan penanaman kebiasaan dan nilai-nilai oleh gurunya. Nilai-nilai dan pembiasaan inilah yang akan membentuk karakter murid. Oleh sebab itulah kenapa guru menjadi kunci dalam membentuk kepribadian dan karakter muridnya. Jika ingin murid-murid menjadi generasi unggul dan berkarakter, gurunya pun harus memiliki nilai-nilai tersebut terlebih dulu.
Guru ada…

Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul

Gambar
Apa yang ada dalam benak kalian saat mendengar difabel dan disabilitas? Pasti yang langsung melintas dalam pikiran adalah orang yang memiliki kekurangan fisik. Bener juga sih meski enggak seratus persen karena difabel didefinisikan sebagai seseorang yang memiliki kemampuan dalam menjalankan aktivitas berbeda bila dibandingkan dengan orang-orang kebanyakan, namun belum tentu diartikan sebagai "cacat" atau disabled. Sementara itu, disabilitas (disability) didefinisikan sebagai seseorang yang belum mampu berakomodasi dengan lingkungan sekitarnya sehingga menyebabkan disabilitas (Sumber: Wikipedia).
Kemensos RI mengartikan penyandang disabilitas untuk merujuk pada mereka yang menyandang keterbatasan fisik, mental, intelektual, atau keterbatasan panca indera yang dalam berinteraksi dengan berbagai hambatan dapat menghalangi partisipasi penuh dan efektif mereka dalam bermasyarakat. Hari Disabilitas Internasional Sebagai Bentuk Kepedulian Terhadap Penyandang Disabilitas

Perhatian …

Keseruan Bermain Bunda Siaga dari Panduan Bunda

Gambar
Menjadi seorang ibu itu, cukup banyak "drama" sekaligus tantangannya. Apalagi enggak ada kan sekolah khusus untuk jadi ibu yang baik dan siap siaga menghadapi segala dinamika pertumbuhan anak termasuk saat anak mengalami sakit atau tidak dalam kondisi fit.
Saya sendiri, dulu, sebelum menjadi seorang ibu, sempat "pede" banget dengan ilmu seputar parenting yang saya miliki. Saya memang senang ikut acara atau seminar seputar parenting dan kesehatan anak. Jadi ya saya cukup percaya diri akan bisa menghadapi saat-saat sulit saat anak saya sakit atau ketika anak berulah. Dan faktanya ketika saya benar-benar sudah menjadi seorang ibu, tetap aja panik dan banyak "drama" menghadapi dinamika perkembangan anak dan semua teori yang saya punya mengenai bagaimana cara menghadapi anak sakit, menguap entah kemana huahahaha. Rasa percaya diri yang saya rasakan saat belum menjadi seorang ibu, ikut-ikutan "pergi" juga wkwkwk. Saya tetap dilanda kecemasan ketika a…