Postingan

Film Koboy Kampus, Sepenggal Kisah Lama Pidi Baiq

Gambar
Kalian pasti langsung otomatis teringat film Dilan khan saat mendengar nama Pidi Baiq? Yoi, Dilan selalu membayang-bayangi Pidi Baiq. Apalagi santer beredar kabar kalau tokoh Dilan sebenarnya adalah Pidi Baiq. Meski sampai saat inipun belum ada jawaban yang tegas dan meyakinkan dari mulut Pidi Baiq jika tokoh Dilan adalah dirinya. Tapi kali ini, saya tak ingin membahas Dilan-nya Pidi Baiq. Justru saya ingin memgupas tentang sebuah film yang memang sengaja diangkat dari perjalanan hidup seorang Pidi Baiq. Tepatnya kisah perjalanan seorang Pidi pada saat menjadi seorang mahasiswa pada sekitar tahun 1997-1998. 
Sebenarnya saya menerka saja sih tahun terjadinya cerita dalam film ini dari satu scene yang ada dalam film tentang Pidi Baiq ini. Disalah satu scene ditampilkan pidato mundurnya Pak Harto, Presiden kedua RI. Nah dari situlah saya menyimpulkan klo kisah yang dalam film ini terjadi sekitar tahun 1997-1998. Apalagi ada beberapa bagian film yang menyorot tentang aksi demo mahasiswa.

Makna Dibalik Kelezatan Nasi Tumpeng

Gambar
Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia terutama yang berada di tanah Jawa mengetahui apa itu nasi tumpeng. Sepertinya sih bukan hanya masyarakat Jawa saja yang familiar dengan nasi tumpeng. Masyarakat di daerah lainnya pun sepertinya cukup akrab juga dengan nasi tumpeng ini karena nasi tumpeng biasa dihadirkan untuk memperingati berbagai peristiwa penting yang terjadi dalam kehidupan bernegara seperti syukuran hari kemerdekaan negeri ini. 
Nasi tumpeng menjadi sajian yang sering sekali disuguhkan sebagai pertanda rasa syukur terhadap nikmat Tuhan untuk kemerdekaan Indonesia. Nasi tumpeng juga sebagai perwujudan harapan dan doa agar kehidupan kedepannya bisa lebih baik lagi. Hampir tiap tahun pada perayaan HUT RI, nasi tumpeng dihadirkan sebagai acara puncak syukuran setelah pelaksanaan upacara bendera hari kemerdekaan.
Karena seringnya disajikan dalam acara perayaan penting, hampir semua rakyat Indonesia mengetahui apa itu nasi tumpeng. Meskipun nasi tumpeng ini sangat melekat de…

Tasini Bag Alfamart, Tas Lipat Tersembunyi Ramah Lingkungan

Gambar
Tanpa kita sadari, bumi semakin tua dan kian banyak kerusakan yang kita buat pada tanah tempat kita berpijak. Kalian pasti pernah mendengar berita tentang ditemukannya seekor penyu dengan sedotan plastik di mulutnya. Atau mungkin melihat sendiri tumpukan sampah dipinggir lautan. Bukan hanya itu, jika kalian lewat tempat pembuangan sampah, coba sejenak tengoklah berapa banyak sampah plastik yang memenuhi tempat pembuangan sampah tersebut?
Santer terdengar, beberapa tahun terakhir ini, negeri kita tercinta menjadi negara penyumbang sampah plastik terbanyak nomer dua di dunia. Miris dan sedih gak sih dengernya?
Mungkin kalian belum tau kalau setiap tahun, jutaan ton sampah plastik masuk mengotori lautan. Karena itulah ditemukan beberapa kasus yang akhirnya viral di dunia maya. Salah satunya ya berita mengenai ditemukannya sedotan dalam mulut seekor penyu. Bukan hanya itu, dari hasil aksi pembersihan pantai beberapa tahun terakhir, ditemukan fakta bahwa jumlah kantong plastik yang didapa…

Lima Alasan Mengapa Harus Kurban Melalui Program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa

Gambar
Tak terasa Hari Raya Kurban tinggal sebentar lagi. Kurang dari sebulan, seluruh umat muslim di belahan bumi ini akan merayakan Idul Adha atau Hari Raya Kurban. Gimana nih, kalian sudah ada rencana untuk berkurban? Atau sudah punya niatan berkurban tapi masih galau dan belum tahu akan menyerahkan hewan kurban ke mana serta harus membeli hewan kurban di mana? Masih dilanda kebingungan. Tenang, saya akan membantu menjawab semua kegalauan dan kebingungan tersebut dengan menceritakan mengenai sebuah program yang diusung oleh Dompet Dhuafa dalam menyongsong Hari Raya Kurban. 
Oh ya sebelum saya lanjutkan untuk menceritakan tentang program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa, sudah pada tau atau minimal pernah mendengar kan tentang Dompet Dhuafa? Alhamdulillah lumayan banyak tulisan saya mengenai Dompet Dhuafa dan salah satunya adalah tulisan milad Dompet Dhuafa ke-25 tahun . Kalian bisa membacanya supaya lebih mengenal Dompet Dhuafa.
Dompet Dhuafa merupakan lembaga nirlaba sosial yang tahun i…

Legit Kental, Teh Premium Tradisi Leluhur Bercita Rasa Tinggi

Gambar
Saya tidak ingat kapan pertamakalinya saya minum teh. Tapi yang pasti, saya tidak bisa "lepas" dari yang namanya "teh". Selama bertahun-tahun dalam hidup saya, begitu melek mata, tak lama kemudian saya wajib minum segelas teh panas. Kebiasaan ini harus saya lakukan, jika tidak, terasa ada yang hilang atau malah terkadang perut saya tidak nyaman. 
Bisa dibilang saya nyaris tak pernah melewatkan pagi tanpa segelas teh manis. Untuk kadar manisnya, saya membatasi dan untuk teh, saya pun pilih-pilih. Tidak semua jenis teh saya minum. Sebelumnya saya hanya minum teh tubruk. Klo orang Jawa pasti tau apa itu teh tubruk.
Teh tubruk adalah teh yang masih berupa daun teh (kering) yang diseduh dengan air panas. Lalu ditambah gula. Biasanya saya menambahkan gula batu. Namun seiring dengan makin padatnya aktivitas yang saya jalani, saya mulai mengganti kebiasaan minum teh tubruk dengan minum segelas teh celup panas dengan ditambah sedikit gula tebu. Teh celup yang saya konsumsi…

Menikmati Aneka Ragam Kopi Legendaris di Bakoel Koffie Cikini

Gambar
Kongkow bareng teman sambil ngemil dan menikmati secangkir kopi ataupun minuman yang memanjakan lidah sepertinya sudah menjadi trend hidup masa kini. Bakoel Koffie Cikini adalah  salah satu kedai kopi yang kerapkali dipenuhi oleh anak muda untuk sekedar ngopi dan ngobrol-ngobrol asik bareng teman. Bakoel Koffie Cikini merupakan restoran bergaya arsitektur bangunan Batavia yang menyajikan minuman kopi dari berbagai daerah.

Café Bakoel Koffie ini termasuk sebagai kedai kopi lokal yang tertua, sudah ada sejak tahun 2011 dan kini dikelola oleh generasi keempat. Kuy simak pembahasan singkat mengenai salah satu restoran yang masuk dalam list Traveloka Eats ini.

Lokasi Bakoel Koffie
Bakoel Koffie berlokasi di Jakarta Pusat. Alamat lengkap dari Restoran Bakoel Koffie Cikini ini adalah di Jl. Cikini Raya No. 25, Menteng, Jakarta, Indonesia. Lokasinya strategis dan mudah ditemukan. Jika dari arah Tugu Tani maka posisinya adalah di kanan jalan, dekat dengan stasiun Gondangdia dan Gedung Djoeang.…

AXA Mandiri Hadirkan Solusi Perlindungan Penyakit Kritis

Gambar
Penyakit Kritis di Indonesia Apa yang terbayang dalam benak kalian saat mendengar penyakit kritis? Pasti langsung terbersit pikiran mengenai penyakit-penyakit berbahaya yang beresiko tinggi menyebabkan kematian. Seperti kanker, stroke, gagal ginjal, hipertensi, jantung dan penyakit tidak menular lainnya yang berada dalam fase kronis dan akut. Sebagian besar penyakit kritis masuk dalam kategori penyakit tidak menular. 
Hasil laporan Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jumlah penderita penyakit tidak menular di Indonesia dibandingan dengan hasil Riskesdas 2013. Kenaikan tingkat prevalensi penyakit tidak menular disebabkan karena adanya gaya hidup yang kurang sehat dan kebiasaan buruk merokok yang belum bisa lepas dari masyarakat kita.
Saat ini tingkat kematian prematur di Indonesia pun meningkat. Bukan hanya kelahiran saja yang bisa mengalami prematur, kematian pun bisa juga. Kematian dikategorikan prematur jika usia pada saat meninggal dibawah usia 7…