Postingan

Temu Netizen KriyaNusa 2019 Kementerian Komunikasi dan Informatika

Gambar
"Seberapa Indonesianya sih kamu?" Duh pertanyaan singkat tapi menohok. Langsung melongok kediri sendiri. Seberapa Indonesianya ya saya? Seberapa cintanya pada hasil karya anak bangsa? Pertanyaan ini cukup menyentil perasaan saya dan membuat jiwa "Indonesia" saya bergejolak sekaligus membuat semangat menggunakan produk karya anak bangsa bergelora kembali.
Saya termasuk orang yang lebih suka menggunakan produk lokal dan enggak bisa menahan diri bila melihat hasil kerajinan atau hasil karya bangsa sendiri. Namun sayangnya sejak beberapa bulan terakhir, saya tak punya waktu untuk berburu barang kerajinan atau etnik lagi.

Saya merasa bangga saat menggunakan produk Indonesia. Karenanya setiap kali mendapat kesempatan untuk mengunjungi daerah-daerah di pelosok nusantara, saya selalu menyempatkan diri untuk membeli produk khas daerah setempat. Seperti saat memperoleh kesempatan untuk mengunjungi Papua, saya tak menyia-nyiakan untuk membawa pulang noken. Noken adalah tas k…

Jadilah Konsumen Pintar, Cek KLIK Sebelum Belanja

Gambar
Teliti Sebelum Membeli Dahulu atau sekitar beberapa tahun yang lalu, saya termasuk orang yang mudah banget termakan godaan promo harga diskon. Baik itu secara offline maupun online. Setiap melihat ada promosi menggiurkan disebuah supermarket, saya seketika lupa diri. Asik saja belanja barang-barang yang sedang turun harga dan saking semangatnya memborong produk yang sedang turun harga tersebut, saya acapkali lupa untuk melihat "expired date" produk yang akan saya beli bahkan sering lupa mengecek apakah produk tersebut telah terdaftar di BPOM atau MUI. Cukup parah juga sih kecerobohan saya saat sudah berhadapan dengan promo yang dilancarkan oleh supermarket atau toko online pada waktu itu.
Saking kalapnya belanja karena gak mau kehabisan barang-barang yang sedang didiskon, saya juga sering  lupa memastikan bahwa barang yang saya beli tersebut memiliki kemasan yang utuh, baik dan tanpa cacat. Saya sering asal ambil saja produk-produk  diskon dan lupa bahwa tidak semua barang …

Lampung Krakatau Festival 2019, Wonderful Indonesia

Gambar
Exited merupakan kata yang paling tepat untuk menggambarkan perasaan saya ketika diberitahu bahwa saya diberikan kesempatan untuk ikut menyaksikan acara Lampung Krakatau Festival 2019. Lampung Krakatau Festival 2019 diselenggarakan pada tanggal 23-25 Agustus 2019 di Bandar Lampung.
Sebelumnya, saya hanya mendengar ceritanya saja tentang keseruan Lampung Krakatau Festival. Event ini memang merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Lampung. Tahun ini saja merupakan tahun ke-29 dihelatnya Lampung Krakatau Festival. 
Saya sempat bertanya tanya sendiri apa sih istimewanya Lampung Krakatau Festival ini hingga kehadirannya disambut antusias warga Lampung dan sekitarnya. Lampung Krakatau Festival menjadi ajang mempromosikan kebudayaan masing-masing kota dan kabupaten yang berada di Lampung dan jadi suguhan yang sangat menarik.
Lampung Krakatau Festival memiliki tujuan mempromosikan Lampung terutama keindahan obyek wisata yang dimilikinya dan menjadikan kota ini me…

SELASI Bersama Kakek Nenek Dukung ASI

Gambar
Jujur aja nih, meski sudah punya dua orang anak dan menikah selama delapan belas tahun, saya enggak mudeng apa itu SELASI. Saya taunya ASI adalah makanan terbaik bagi bayi dan batita, disamping makanan pendamping ASI tentunya. Pertamakali saya dengar tentang SELASI ini sekitar 2 minggu yang lalu. Tepatnya saat mengikuti acara perayaan HUT SELASI Ke-16 di Auditorium Serba Guna  Gedung Balai Kota Jakarta.
SELASI merupakan singkatan dari Sentra Laktasi Indonesia. SELASI hadir dengan tujuan melindungi bayi dan balita dari kuman dan bakteri dengan memberikan ASI Eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan si bayi di dunia (0-6 bulan).
SELASI memiliki 4 pilar layanan, yaitu pusat studi laktasi, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia, advokasi dan kemitraan serta penelitian dan pengembangan organisasi. SELASI telah banyak memfasilitasi pelatihan atau workshop/seminar serta pendampingan supportif bantuan praktis menyusui dan mengembangkan kerjasama dengan institusi dan fasilitas keseh…

Dukungan Masyarakat dan Korporasi Untuk YKAKI

Gambar
Kalian tau apa itu YKAKI? YKAKI adalah Yayasan Kasih Anak Indonesia. YKAKI didirikan sejak 1 November 2006 yang lalu. Dan saat ini YKAKI beralamat di Jalan Percetakan Negara IX no. 129 Jakarta Pusat. YKAKI didirikan dengan tujuan membantu anak penderita kanker untuk memperoleh pengobatan dan perawatan yang sebaik-baiknya termasuk memastikan si anak memperoleh hak belajar dan bermain meskipun berada di rumah sakit.
YKAKI memiliki sebuah rumah singgah yang dikelola oleh YKAKI dan disiapkan untuk mengakomodasi kebutuhan anak penderita kanker yang sedang menjalani pengobatan dan perawatan di rumah sakit. Salah satu rumah singgah YKAKI adalah Rumah Kita yang berada di jalan Percetakan Negara. Selain itu, YKAKI juga melakukan penggalangan dana serta mengajak berbagai pihak yang peduli pada anak penderita kanker di Indonesia untuk selalu mendukung anak penderita kanker. YKAKI menyediakan fasilitas yang dilengkapi tempat belajar dan bermain bagi anak-anak penderita kanker. Kepedulian YKAKI S…

Cegah Pnemonia Pada Anak Dengan STOP

Gambar
Beberapa bulan lalu, seorang teman kehilangan buah hatinya yang baru berusia 2,8tahun karena mengalami infeksi pada paru parunya. Menurut penuturan teman saya ini, awalnya dia mengira anaknya hanya terkena batuk flu biasa saja. Pada 24 jam pertama anaknya menunjukkan gejala batuk dan demam, teman saya ini memberikan obat batuk flu pada anaknya. Namun selama 2x 24jam, gejala tersebut tak kunjung membaik. Si anak terlihat semakin lesu dan seperti kesulitan bernafas. Nafasnya pun mengeluarkan bunyi. Pada hari ketiga, teman saya ini membawa anaknya untuk berobat ke bidan tak jauh dari rumahnya. Ketika saya menanyakan kenapa dibawa ke bidan bukan ke dokter, teman saya bilang bahwa kalau anak-anaknya sakit ya dibawanya ke bidan dan biasanya sembuh.
Setelah minum obat dari bidan, kondisi si anak terlihat sedikit membaik, demamnya turun meski batuknya tak kunjung mereda. Teman saya merasa bahwa anaknya baik-baik saja dan hanya mengalami batuk pilek saja. Nanti juga sembuh, begitu pikirnya. T…

Kampanye Jalan Hijau, Yuk Gunakan Transportasi Umum dan Berjalan Kaki

Gambar
Tahun 2019 ini, saya dan masyarakat DKI Jakarta menyambut gembira dan antusias dengan kehadiran MRT yang dapat menjadi salah satu solusi terbebas dari kemacetan lalu lintas. MRT ini menjadi salah satu transportasi umum andalan warga Jakarta sekaligus menjadi kebanggaan orang Jakarta. Sampai saat ini saja, masih banyak orang Jakarta yang sengaja meluangkan waktunya untuk sekedar merasakan naik MRT. Termasuk saya. Beberapa hari yang lalu, saya sengaja naik MRT untuk merasakan sendiri gimana rasanya naik MRT dan membuktikan bahwa naik transportasi umum lebih cepat dan efektif dalam menghadapi keruwetan lalu lintas ibukota.
Pagi itu, saya berangkat menuju stasiun MRT Sudirman, yang dekat stasiun BNI City. Dari rumah, saya naik ojek online menuju Stasiun Pasar Minggu. Dari Stasiun Pasar Minggu, lanjut naik KRL jurusan Tanah Abang dan turun di Stasiun Sudirman. Dengan menggunakan transportasi umum seperti commuter line ini, saya bisa menghemat waktu dan terhindar dari kemacetan jalanan ibu…