Upaya 19 Tahun YBM BRI Mewujudkan Mustahik Sejahtera Amil Bahagia

by - Agustus 13, 2020


Awalnya saya kira lembaga amil zakat di Indonesia hanya Baznas dan Dompet Dhuafa saja. Ternyata saya kudet alias kurang update xixixi. Lembaga amil zakat di Indonesia bukan hanya dua nama yang saya sebutkan itu. Cukup banyak badan amil zakat yang berupaya untuk menghimpun dan mengelola zakat masyarakat agar tepat guna dan tepat sasaran. Dalam lingkup BUMN pun , ada badan amil zakat. Salah satunya YBM BRI atau Yayasan Baitul Maal BRI. Badan amil zakat yang belum lama saya tau padahal badan amil zakat ini sudah 19 tahun berkiprah di negeri ini dalam upaya membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan para mustahik (orang yang berhak menerima zakat). Duuh kemana aja saya selama ini yah?!

Tepat tanggal 10 Agustus 2020 kemarin, YBM BRI genap berusia 19 tahun. Usia yang lumayan lama untuk sebuah lembaga amil zakat. Saya pikir, YBM BRI ini lembaga nirlaba sosial yang menghimpun dan mengelola zakat karyawan BRI saja. Lagi-lagi pikiran saya pun keliru. YBM BRI tidak cuma menghimpun dan mengelola zakat karyawan BRI saja tapi juga menerima zakat masyarakat di seluruh Indonesia. Sampai saat ini, YBM BRI telah memiliki 19 kantor perwakilan yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Pada tahun 2011 (sepuluh tahun kedua), YBM BRI menemukan momentum kebangkitannya melalui Surat Keputusan Pemotongan Gaji Pekerja BRI yang mewajibkan seluruh karyawan muslim BRI dipotong gajinya untuk zakat penghasilan. Zakat tersebut dihimpun dan dikelola oleh YBM BRI untuk kepentingan masyarakat dhuafa di seluruh Indonesia.

Penyaluran dan pendayagunaan dana zakat YBM BRI ini diwujudkan melalui 4 program reguler yaitu Berbagi Smart Rakyat Indonesia, Berbagi Sejahtera Rakyat Indonesia, Berbagi Sehat Rakyat Indonesia, dan Berbagi Syiar Rakyat Indonesia. Serta 2 Program Integrasi yaitu Integrasi Program Pemberdayaan Berbasis Pondok Pesantren dan Integrasi Program Pemberdayaan Berbasis Keluarga. YBM BRI memiliki beberapa program unggulan diantaranya adalah Program Integrasi Pemberdayaan Berbasis Pesantren, Integrasi Program Pemberdayaan Berbasis Keluarga (IP2BK), Program Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR), dan Beasiswa Kader Surau yang kini telah berganti menjadi Bright Schoolarship.

Program YBM BRI

Selama sembilan belas tahun, YBM BRI terus berupaya menjaga amanah dan meningkatkan pelayanan kepada para muzakki serta menyejahterakan jutaan mustahik, agar tercapai salah satu keberhasilan YBM BRI yaitu mustahik sejahtera secara lahir dan batin sehingga amil bahagia dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik, amanah, dan profesional. YBM BRI juga terus berupaya menyejahterakan mustahik melalui berbagai program kebaikan dalam lingkup pendidikan, sosial dan ekonomi. Dengan semangat berIndonesia, YBM BRI terus berupaya meluaskan kebermanfaatannya hingga pelosok nusantara.


Tasyakuran Milad ke-19 YBM BRI


Tasyakuran Milad ke-19 YBM BRI


Dalam rangka mensyukuri kiprah YBM BRI dalam mengupayakan mustahik sejahtera, amil bahagia, pada tanggal 12 Agustus kemarin, YBM BRI mengadakan tasyakuran secara online melalui aplikasi zoom meeting dan youtube live. Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Sepyan Uhyandi ( Ketua Badan Pengurus YBM BRI), Bapak Amin Suma (Dewan Syariah) dan KH Wahfiudin Sakam.

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Sepyan Uhyandi menjelaskan bahwa pada tahun 2019 YBM BRI menyalurkan dana hingga Rp. 128,8 M dan pada tahun ini, akan menyalurkan dana sebesar 134,2 M. Untuk tahun 2020 ini, dana yang  disalurkan diperuntukan untuk bidang pendidikan. Setiap tahunnya penyaluran dana YBM BRI memiliki tema masing-masing. Khusus tahun 2020 ini untuk dana pendidikan.  

Lebih lanjut lagi Beliau juga menegaskan bahwa YBM BRI akan selalu berupaya mengadakan perbaikan setiap tahunnya, mencari mustahiq - mustahiq yang sesuai program agar mustahiq lebih sejahtera. Beliau juga berharap pengumpulan dan penyaluran zakat YBM BRI ke mustahiq dapat lebih meningkat agar lebih banyak lagi mustahik yang dapat merasakan manfaat dari pengelolaan zakat tersebut. Pak Sepyan yakin ke depannya YBM BRI akan mampu mewujudkan harapannya yaitu "Mustahik Sejahtera Amil Bahagia". 

YBM BRI saat ini berada di posisi kelima nasional dalam pengumpulan zakat. Sedangkan dikalangan lembaga amil zakat yang berada dalam ruang lingkup BUMN, YBM BRI menempati posisi ketiga setelah YBM PLN dan BSM. Pada tahun ke-19 ini, dijadikan momentum transformasi bagi YBM BRI dalam kerangka perbaikan berkelanjutan. Beragam inovasi pemberdayaan dana zakat akan terus dilakukan sesuai dengan tujuh nilai yang dikembangkan oleh YBM BRI.

Tujuh Nilai YBM BRI

Program pemberdayaan yang dilakukan oleh YBM BRI ditujukan dengan harapan dapat menjadi salah satu elemen yang mendorong kemajuan bangsa dari ketertinggalan. Secara agregatif, selama periode 2019 – 2020 YBM BRI telah berupaya memaksimalkan peran di berbagai bidang, antara lain dengan menyalurkan bantuan di bidang pendidikan kepada 6.128 penerima manfaat. Bantuan juga diberikan dibidang ekonomi dengan mendorong terwujudnya 709 cluster pemberdayaan, dan dibidang sosial dengan upaya peningkatan ketahanan keluarga melalui Integrasi Program Pemberdayaan Keluarga (IP2BK), juga terus membersamai 278 pondok pesantren sejak 2014, serta mengemban misi kemanusiaan untuk membantu sesama.

Tasyakuran Milad ke-19 YBM BRI ditutup oleh tausiyah yang disampaikan oleh KH Wahfiudin Sakam. Dalam tausiyahnya tersebut, Pak Kiai menyampaikan pesan untuk para amil YBM BRI untuk memaknai waktu yang ada dengan perilaku dan perbuatan yang baik. Pak Kiai juga mengingatkan bahwa zakat termasuk ke dalam rukun Islam karena itu para amil harus berhati-hati dalam mengelola dan menyalurkannya. Selain itu, Beliau juga mengingatkan untuk selalu meniru dan meneladani semangat bekerja Rasulullah yang bukan hanya bekerja tapi juga menebarkan rasa cinta, kasih sayang dan memuliakan sesama. 

Tasyakuran Milad ke-19 YBM BRI ditutup doa yang berisi pengharapan bahwa kedepannya YBM BRI bisa lebih baik lagi dan bangsa ini bisa melewati masa masa berat akibat pandemi Covid-19. Aamiin

Bapak Sepyan Uhyandi memberikan sambutan pada Tasyakuran Milad ke-19 YBM BRI

You May Also Like

0 komentar

Postingan Populer