Berbagi Kebaikan Kurban Tanpa Repot Melalui THK 2020 Dompet Dhuafa

by - Agustus 03, 2020

THK Dompet Dhuafa

Hellaw semua, sehat bahagia kan? Gimana kabar daging kurban tahun ini? Dapat pembagian hewan kurban atau ngga? Klo yang tidak dapat pembagian hewan kurban tahun ini, mungkin kalian termasuk orang-orang yang mampu dan bisa membeli sendiri.   Tapi jika kenyataannya kalian termasuk dalam kelompok yang berhak menerima daging kurban namun tahun ini tidak memperoleh pembagian daging kurban dikarenakan tidak meratanya sebaran daging kurban, semoga tahun depan kalian bisa menikmati pembagian daging kurban ya Aamiin. 

Pemotongan hewan kurban THK Dompet Dhuafa

Kondisi seperti itulah yang mendorong Dompet Dhuafa menghadirkan program "Berbagi Kebaikan Kurban Melalui Program Tebar Hewan Kurban" sejak tahun 1994 silam. Tujuannya adalah agar pembagian/pendistribusian hewan kurban tersebar dan menjangkau daerah-daerah di pelosok nusantara.  Tidak hanya tersebar di beberapa daerah saja. Jadi manfaatnya lebih tepat sasaran dan sesuai dengan syariat Islam. Pada prakteknya cukup banyak nih ditemui pembagian daging hewan kurban hanya muter disitu-situ saja. Malahan ada yang sampai dobel dapat daging kurbannya eh sedangkan daerah lain, tidak ada satupun warganya yang dapat pembagian hewan kurban meskipun termasuk dalam kelompok yang berhak menerima daging kurban. Kenyataan seperti ini bikin sedih kan?

Dompet Dhuafa melalui program Tebar Hewan Kurban (THK) berupaya untuk mengantisipasi ketidakmerataan pembagian daging kurban. Dompet Dhuafa sebagai lembaga nirlaba sosial yang amanah berusaha agar hewan kurban yang dipercayakan oleh para pekurban dan donatur dapat tersalurkan dengan tepat dan tidak salah sasaran. Program THK tahun 2020 yang spesial akibat kedatangan koroncess yang tanpa diundang, tetap dilaksanakan oleh Dompet Dhuafa dengan sebaik mungkin seperti tahun lalu. 

Dibuktikan dengan terkumpulnya kurang lebih 38000 hewan kurban setara domba kambing dan telah disalurkan pada mereka yang berhak menerimanya yang tersebar diberbagai wilayah, baik itu daerah terpencil, terluar, pelosok, daerah bencana dan daerah konflik. Hal ini dikemukan oleh Mba Etika Setiawanti, GM Marketing Communication Dompet Dhuafa pada pelaksanaan pemotongan hewan kurban di Zona Madina tepat pada Hari Raya Idul Adha 1441 H atau tanggal 31 Juli 2020 kemarin. Menurut Mba Etika, jumlah hewan kurban tersebut kemungkinan bertambah sampai berakhirnya hari Tasrik (saat penutupan penerimaan hewan kurban). Jumlah hewan kurban yang diterima oleh Dompet Dhuafa dari para pekurban tersebut menunjukkan bahwa pandemi global yang melanda tidak menjadi penghalang untuk tetap berbagi kebaikan kurban.

Kebaikan Kurban Dompet Dhuafa melalui program THK memiliki "nilai lebih", diantaranya adalah:
- Daging kurban didistribusikan ke wilayah yang membutuhkan seperti daerah miskin, tertinggal, terluar dan pedalaman yang notabene penduduknya jarang bahkan nyaris belum pernah menikmati daging kurban. Termasuk penduduk di daerah bencana  dan rentan konflik. Daging kurban disalurkan tepat sasaran dan tersebar, tidak hanya terpusat pada satu atau dua wilayah saja;
- Hewan kurban memiliki kualitas baik,terjamin kesehatannya dan sudah layak untuk dikurbankan menurut syariat Islam. Hewan kurban diperiksa dan diawasi secara ketat serta telah melalui proses Quality Control yang amanah;
- Laporan kurban dilakukan secara transparan. Pekurban akan mendapatkan laporan kurban secara lengkap, dan akan selalu diberikan update ketika pemotongan;
- Hewan kurban berasal dari hewan milik peternak binaan dhuafa Dompet Dhuafa. Dengan berkurban di Dompet Dhuafa berarti telah berpartisipasi dalam meningkatkan ketahanan pangan karena membantu meningkatkan taraf kesejahteraan hidup para peternak binaan Dompet Dhuafa.

Tahun 2020 ini, selain melaksanakan program THK sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Dompet Dhuafa juga mengusung program Sedekah Daging bekerjasama dengan platform KitaBisaCom. Program Sedekah Daging ini dihadirkan untuk para donatur yang ingin berbagi daging tapi memiliki keterbatasan dana sehingga tidak bisa berkurban tahun ini. Siapapun yang memiliki keinginan untuk berbagi kebaikan tapi memiliki keterbatasan dana tetap bisa berbagi daging melalui program Sedekah Daging. Program Sedekah Daging ini dimulai dari donasi Rp.100.000,-. Program Sedekah Daging pada tahun pertamanya ini berhasil menghimpun donasi hingga 100juta rupiah dan telah dilaksanakan pemotongan serta pembagian dagingnya. Ada tiga titik pusat pelaksanaan Sedekah Daging yaitu di Masamba, Zona Madina Parung, Jawa Barat dan di Papua. 


Kurbanfest Zona Madina Dompet Dhuafa, Aliran Berkah Kebaikan Sedekah Daging dari Orang Baik di Seluruh Nusantara



Kurbanfest 2020 Zona Madina

Zona Madina Dompet Dhuafa yang berlokasi di Desa Jampang, Parung Jawa Barat menjadi salah satu lokasi pelaksanaan program Sedekah Daging. Hewan yang dijadikan Sedekah Daging adalah sapi. Pemotongan sapi tersebut dilaksanakan setelah Sholat Jumat dan dagingnya dibagikan pada masyarakat Desa Jampang (masyarakat yang berada di sekitar Zona Madina) dan para tenaga kesehatan, karyawan serta petugas kebersihan yang bertugas di RST Dompet Dhuafa yang berlokasi di Zona Madina.


Penduduk sekitar Zona Madina banyak yang termasuk dalam kelompok dhuafa dan lansia. Mereka terdampak akibat pandemi koronavirus ini. Dan untuk para tenaga kesehatan sebagai tanda terimakasih karena telah mengorbankan tenaga dan pikirannya untuk menolong pasien dhuafa yang berobat dan perlu perawatan di RST Dompet Dhuafa. RST Dompet Dhuafa memang diperuntukkan bagi pasien dhuafa.

Lansia penerima Sedekah Daging

Kurbanfest Zona Madina tahun ini diramaikan pula oleh kehadiran Chef Aiko yang sengaja datang ke Zona Madina untuk masak hidangan khas yang terbuat dari daging sapi. Hidangan tersebut akan dibagikan kepada para tenaga kesehatan yang sedang bertugas di RST Dompet Dhuafa. Hidangan khas yang dimasak oleh Chef Aiko adalah Tengkleng Sapi. Hidangan sejenis gulai tapi tidak menggunakan santan. Cara membuat tengkleng sapi ini pun tergolong mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Bagian daging sapi yang dipakaipun bisa bagian apa saja.

Chef Aiko dan Mba Etika (berjilbab coklat)

Hidangan istimewa yang dimasak oleh Chef Aiko diharapkan dapat menjadi pelipur lara bagi para tenaga kesehatan yang tetap harus bertugas pada saat hari raya dan tidak bisa berkumpul bersama keluarga tercinta. Kurbanfest Zona Madina diakhiri dengan pembagian daging Sedekah Daging kepada penduduk dhuafa dan lansia yang berada di sekitar Zona Madina. Oh ya pelaksanaan Kurbanfest ini dilakukan sesuai dengan protokoler kesehatan loh. Pemotongan sapi juga dilakukan sesuai anjuran yang diberikan pemerintah. Dan untuk menghindari kerumunan, daging diberikan langsung ke rumah penerimanya. 

Tengkleng Sapi

Pandemi tidak menjadi penghalang untuk tetap berbagi kebaikan. Semoga pandemi segera berakhir dan kita bisa berjumpa dengan Hari Raya Idul Adha tahun depan dalam keadaan yang lebih baik, sehat dan bahagia Aamiin.


Ikutan masak daging sapi bersama Chef Aiko



You May Also Like

0 komentar

Postingan Populer