BPJS Satu, BPJS Kesehatan Siap Membantu Untuk Pelayanan Optimal

BPJS Satu, BPJS Kesehatan Siap Membantu (dok.twitter BPJS Kesehatan RI)

Tak terasa beberapa hari lagi, Insya Allah kita akan berjumpa dengan tahun 2020. Mungkin bagi sebagian orang, datangnya tahun 2020 merupakan hal yang biasa saja. Tapi tidak buat saya. Tahun 2020 beban hidup saya akan bertambah karena saya harus mengeluarkan biaya dua kali lipat untuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan. 

Terhitung mulai tanggal 1 Januari 2020, saya harus membayar iuran BPJS sebesar Rp. 160.000,- untuk kelas 1. Kalau hanya membayar untuk satu orang saja mungkin tak terlalu terasa menyesakkan wkwkwk. Tapi ini saya harus membayar iuran BPJS untuk 6 orang. Hitung saja sendiri berapa yang harus saya keluarkan untuk membayar iuran BPJS perbulannya. 

Penyesuaian iuran BPJS Kesehatan yang mengalami kenaikan sebanyak dua kali lipat, cukup membuat saya ngos ngosan. Biasanya saya membayar Rp.480.000/bulannya dan mulai 1 Januari 2020 nanti, saya harus membayar Rp.960.000,-/bulan. Angka yang lumayan dan cukup membuat saya sedikit mengomel wekekek. 

Cukup sedikit saja karena beberapa saat  kemudian saya tersadar bahwa manfaat yang saya dapatkan dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan lebih dari nominal yang saya keluarkan tiap bulannya. Apalagi setelah mengetahui bahwa saya diperbolehkan untuk melakukan "turun kelas" jika biaya iuran BPJS Kesehatan terasa sangat memberatkan.

Menyikapi adanya penyesuaian iuran BPJS Kesehatan yang lumayan tinggi naiknya, saat ini BPJS Kesehatan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanannya dan mempermudah para peserta BPJS Kesehatan untuk memperoleh informasi seputar BPJS Kesehatan termasuk masalah turun kelas. Hal ini terlihat dari berbagai upaya yang diterapkan oleh BPJS Kesehatan untuk mempermudah para pesertanya memperoleh informasi seputar JKN-KIS ataupun untuk pengaduan. 

Sampai hari ini, BPJS Kesehatan telah mengembangkan program BPJS  Kesehatan Jemput Bola, BPJS Praktis dan yang terbaru adalah BPJS Satu, BPJS Kesehatan Siap Membantu. BPJS Kesehatan selaku penyelenggara program JKN-KIS, terus melakukan inovasi agar peserta JKN-KIS dapat memperoleh pelayanan dengan baik, mudah dan efektif. Hal ini dilakukan  BPJS Kesehatan agar peserta JKN-KIS memperoleh hasil yang seimbang dengan adanya penyesuaian iuran BPJS Kesehatan.

BPJS Satu, BPJS Kesehatan Siap Membantu


Inovasi terbaru BPJS Kesehatan (dok.twitter BPJS Kesehatan RI)

BPJS Satu atau BPJS Kesehatan Siap Membantu merupakan inovasi terbaru yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan sebagai upaya mempermudah para peserta JKN-KIS memperoleh pelayanan. BPJS Satu bertujuan memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta. 

BPJS Satu, BPJS Kesehatan Siap Membantu akan selalu membantu peserta JKN-KIS di rumah sakit. Yups, petugas BPJS Satu akan berada di rumah sakit. Mereka mengenakan rompi kuning bertuliskan "BPJS Satu". Dengan atribut tersebut, petugas BPJS Satu akan mudah dikenali oleh peserta JKN-KIS yang berada di rumah sakit dan memerlukan bantuan pelayanan seputar BPJS Kesehatan. Termasuk mengenai proses Turun Kelas dan pengaduan.

Jika peserta JKN-KIS yang berobat di rumah sakit butuh informasi terkait Program JKN-KIS atau ada keluhan atas pelayanan yang diterima selama menjalani pengobatan, maka peserta bisa menemui petugas BPJS Satu yang siap membantu dan berada di sekitar rumah sakit tersebut. Petugas BPJS Satu akan memberikan penjelasan atau informasi-informasi tentang JKN-KIS, maupun membantu menyelesaikan keluhan peserta hingga menemukan solusinya.

Ibu Dwi Asmariyati dari kantor BPJS Kesehatan RI

Menurut penjelasan Ibu Dwi Asmariyati dari kantor BPJS Kesehatan RI, dengan dikembangkannya BPJS Satu, maka peserta JKN-KIS tidak perlu repot lagi ke kantor BPJS Kesehatan. Karena informasi yang dibutuhkan bisa diperoleh di BPJS Satu, atau kendala yang dialami saat menjalani pengobatan bisa diselesaikan di rumah sakit oleh BPJS Satu. Jadi lebih mudah dan peserta juga akan hemat waktu dan biaya, serta enggak perlu ribet lagi karena tak perlu datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan. Tinggal cari dan datangi saja petugas BPJS Satu yang ada di rumah sakit tempat melakukan pengobatan. Mudah kan?

Peserta JKN-KIS yang memiliki unek unek atau keluh kesah terhadap pelayanan BPJS Kesehatan atau rumah sakit dapat langsung mendatangi petugas BPJS Satu. Petugas BPJS Satu akan mudah sekali dikenali dari rompi kuning yang dikenakannya. Petugas BPJS Satu akan mencatat identitas dan mengidentifikasi kebutuhan peserta. Kemudian petugas BPJS Satu akan memberikan penjelasan yang dibutuhkan peserta. 

Begitu pula dengan keluhan peserta. Kalau keluhannya atau pengaduannya bisa langsung diselesaikan saat itu juga, maka petugas BPJS Satu akan langsung menindaklanjutinya. Tapi kalau butuh tindakan lanjut dan tidak bisa diselesaikan saat itu juga maka petugas BPJS Satu akan membawanya ke kantor cabang BPJS Kesehatan.

Kehadiran petugas BPJS Satu akan efektif membantu peserta JKN-KIS yang sedang berada di lokasi dan memerlukan informasi mengenai BPJS Kesehatan ataupun memiliki keluhan atau unek unek seputar BPJS ataupun rumah sakit tempat berobat. Petugas BPJS Satu akan sangat membantu peserta dan tentunya berdampak positif terhadap pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan.

Kerapkali terjadi, peserta merasa bingung kalau butuh infomasi di rumah sakit. Atau saat ada keluhan bingung akan disampaikan kemana. Jadi dengan adanya BPJS Satu ini pasti akan sangat bermanfaat dan memudahkan peserta JKN-KIS menyelesaikan permasalahan seputar pelayanan JKN-KIS atau saat ingin membuat pengaduan. 

Kehadiran petugas BPJS Satu di rumah sakit,membuat peserta JKN-KIS jadi tau harus kemana dan menemui siapa saat membutuhkan informasi seputar BPJS Kesehatan atau tak bingung lagi karena tau informasi tersebut bisa diperoleh dimana. Atau pun jika ingin menyampaikan keluhan, mereka jadi tau keluhan tersebut harus disampaikan kemana. Terlebih lagi petugasnya mudah sekali dikenali karena mengenakan rompi kuning yang mudah terlihat dan dikenali.

BPJS Satu ini membuat peserta JKN-KIS jadi cepat terbantu karena BPJS Kesehatan selalu siap membantu. Gak ada lagi deh alasan bingung harus kemana dan menemui siapa jika memerlukan bantuan informasi JKN-KIS atau saat ingin membuat pengaduan mengenai pelayanan BPJS Kesehatan atau rumah sakit yang dirasa merugikan peserta JKN-KIS. BPJS Satu, BPJS selalu siap membantu demi pelayanan yang optimal.

Petugas BPJS Satu yang selalu siap membantu peserta JKN-KIS yang sedang berada di rumah sakit (dok BPJS Kesehatan RI)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Astra Financial Sponsor Utama GIIAS 2019

Pemeriksaan Prodia Prosafe NIPT, Deteksi Dini Kelainan Kromosom Pada Bayi

Masak Aman Bersama BrightGas, Keceriaan Kehangatan Keluarga