Wake Up Wakaf Dompet Dhuafa

Foto: Dompet Dhuafa
Apa yang pertamakali terlintas saat mendengar kata wakaf? Pasti langsung kepikiran bahwa wakaf itu berupa bangunan, tanah atau uang dalam jumlah besar. Padahal wakaf bisa dilakukan dari nominal berapapun sesuai kemampuan kita. Wakaf adalah salah satu sedekah jariyah yang terus kekal amalnya selagi aset wakaf itu dipergunakan oleh orang banyak meskipun pewakif sudah meninggalkan dunia fana ini. 

Selama ini yang menjadi mindset kebanyakan orang, wakaf itu berupa aset. Padahal wakaf dapat pula berbentuk wakaf uang dan obligasi syariah. Ngomongin tentang wakaf, tak lengkap rasanya jika tak menyinggung Dompet Dhuafa. Dompet Dhuafa merupakan salah satu nadzir wakaf di Indonesia yang sengaja menyasar wakaf uang karena lebih bersifat fleksibel. 

Dompet Dhuafa sebagai lembaga nirlaba sosial yang mengelola dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf) serta dana sosial lainnya terus berupaya untuk memanfaatkan donasi tersebut untuk kepentingan khalayak banyak termasuk mengupayakan wakaf produktif. Inilah salah satu tantangan terbesar Dompet Dhuafa yaitu mengubah sebagian aset wakaf non produktif menjadi wakaf produktif.

Wakaf jika dilihat dari segi potensi, sangat mungkin untuk menjadi lahan investasi. Selain itu dapat juga diintegrasikan pada keuangan sosial. Hal inilah yang terus dilakukan oleh Dompet Dhuafa. Salah satu hal yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa adalah membangun sebuah bangunan diatas tanah wakaf yang dananya merupakan penghimpunan wakaf sukuk.

Dompet Dhuafa sebagai lembaga filantropi yang berdiri sejak tahun 1993, telah berhasil mengembangkan berbagai program pemberdayaan masyarakat yang berbasis wakaf produktif. Saat ini untuk mengubah mindset bahwa wakaf hanya berupa aset, Dompet Dhuafa menggalakan gerakan Wake Up Wakaf. 

Wake Up Wakaf  Dompet Dhuafa

Gerakan Wake Up Wakaf Dompet Dhuafa

Wake Up Wakaf menjadi gerakan teranyar Dompet Dhuafa dalam rangka mengedukasi kaum milenial mengenai apa itu wakaf terutama wakaf produktif. Selama ini, masyarakat awam mengenal wakaf hanya sebatas 3M yaitu masjid, makam dan madrasah. Pemikiran seperti ini haruslah diubah dan diluruskan. Karena wakaf dapat menjadi hal hal atau kegiatan yang bersifat produktif dan memiliki nilai sangat tinggi.

Wake Up Wakaf merupakan gerakan sejuta wakif yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa sebagai upaya pengembangan wakaf di Indonesia. Tujuannya adalah agar dapat terbangun ekosistem wakaf produktif, salah satunya adalah membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berwakaf. Terutama membangun kesadaran berwakaf sedini mungkin.

Dompet Dhuafa telah mengembangkan beberapa usaha yang merupakan perwujudan dari wakaf produktif. Beberapa diantaranya adalah Lahan Indonesia Berdaya, Daya Mart, penginapan dan Bumi Pengembangan Insani. Semuanya dibangun dan dikembangkan dari wakaf untuk kepentingan kaum dhuafa dan khalayak umum.

Dompet Dhuafa telah mengembangkan berbagai program berbasis wakaf produktif sejak tahun pertama berdirinya lembaga nirlaba sosial ini pada tahun 1993. Di antaranya adalah pembangunan dan pembukaan operasional RS Rumah Sehat Terpadu di Parung, Bogor, yang kini telah melayani lebih dari 15 ribu dhuafa setiap bulannya. 

Daya Mart

Dari segi agronomi, Dompet Dhuafa membangun Kampung Agroindustri di Kebun Indonesia Berdaya di Subang, dengan memberdayakan petani peternak, pekebun, dan UKM setempat. Dalam bidang pendidikan, Dompet Dhuafa telah mengembangkan Bumi Pengembangan Insani termasuk mendirikan Sekolah SMART Ekselensia di Parung, Bogor yang diperuntukkan 100% untuk anak-anak dari keluarga dhuafa. 

Mendirikan Pesantren Hafidz Village di Lido, Sukabumi. Membuka Daya Mart dan Zona Madina serta sektor lainnya yang telah banyak dikembangkan oleh Dompet Dhuafa. Sebagian besar dari program-program tersebut dibangun di atas tanah wakaf dengan biaya dari wakaf uang yang digalakan oleh Dompet Dhuafa.

Empat Pilar Program Wakaf Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa memiliki empat pilar dalam rangka melaksanakan program wakafnya terutama menyangkut wakaf produktif. Empat pilar tersebut adalah kesehatan, pendidikan, ekonomi dan sosial budaya. 

Bidang Kesehatan

RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa Parung, Bogor

Dalam bidang kesehatan, wakaf produktif yang telah dilakukannya adalah dioperasionalkannya beberapa rumah sakit dan klinik yang berbasis dana wakaf. Rumah sakit dan klinik yang telah dioperasionalkan untuk kepentingan kaum dhuafa dan masyarakat umum  diantaranya adalah RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa, RS AKA Medika Sribhawono, Bandar Lampung, RS Mata Ahmad Wardi (Rumah Sakit Khusus Mata), Serang-Banten, RS Lancang Kuning , Pekanbaru, RSIA Sayyidah , Jakarta Timur, Klinik Naura Depok, Jawa Barat dan RS Griya Medika Tulang Bawang, Lampung.

Bidang Pendidikan
Dompet Dhuafa memiliki beberapa lembaga pendidikan.

Bumi Pengembangan Insani


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Astra Financial Sponsor Utama GIIAS 2019

Pemeriksaan Prodia Prosafe NIPT, Deteksi Dini Kelainan Kromosom Pada Bayi

Masak Aman Bersama BrightGas, Keceriaan Kehangatan Keluarga