Zuzhu Zazha Karakter Animasi Edukatif Frisian Flag Indonesia

Frisian Flag Milky Karakter Animasi Edukatif Zuzhu Zazha

Saya dan Susu Bendera 

"Saya suka susunya sampai tetes terakhir. Saya suka susunya...susu saya susu bendera"
Kalimat tersebut adalah potongan iklan dari Frisian Flag Indonesia yang lumayan saya hafal liriknya. Frisian Flag Indonesia atau yang familiar saya kenal dengan sebutan susu bendera, merupakan salah satu produsen susu yang sudah cukup lama saya kenal dan saya konsumsi produknya.
Susu Kental Manis Bendera (foto: FFI)
Saya masih ingat, lebih dari dua puluh tahun lalu, saat saya masih menjadi anak kost, hampir setiap pagi, sepotong roti tawar dengan toping susu coklat bendera (kemasan kaleng), menjadi pengganjal rasa lapar saya sebelum beraktivitas di kampus. Karena tak punya banyak waktu untuk sarapan, saya memilih selembar roti dengan susu coklat sebagai isi rotinya atau segelas susu coklat bendera saja. Klo sekarang dikenalnya dengan sebutan SKM (susu kental manis) Frisian Flag. 

Keakraban saya dengan produk susu bendera, enggak hanya seputar SKM Coklat saja, Susu bendera full cream, masih yang kemasan kaleng, juga sering saya jadikan "teman duet" kopi dan menjadi minuman yang menemani malam panjang saya karena harus mengerjakan tugas-tugas kuliah. Saya pun masih ingat, saya dan teman satu kosan, hampir semuanya peminum SKM Bendera. 

Harganya relatif terjangkau dan rasanya pun lezat. Meskipun, ternyata SKM itu bukan susu tapi lebih ke pelengkap makanan/toping. Tapi pada waktu itu, saya dan teman-teman taunya SKM Bendera adalah susu wkwkwk. Maklum yak pengetahuan tentang gizi dan komposisi bahan makanan pada dua puluh tahun lalu masih terbatas banget xixixi.

Singkat cerita, Frisian Flag Indonesia atau susu bendera telah menemani hari hari saya untuk waktu yang cukup lama. Dari saya masih menjadi anak anak sampai sekarang sudah punya anak. Dan kini, anak saya pun suka dengan rasa dari susu Frisian Flag terutama yang kemasan tetra pack. 

Frisian Flag Milky Disney
Anak saya rutin mengkonsumsi susu uht Frisian Flag rasa coklat sejak usia pra sekolah. Si kecil awalnya suka dengan tampilan dari kemasan susu uht Frisian Flag. Susu uht Frisian Flag menampilkan karakter yang disukai anak seperti karakter tokoh-tokoh kartun Disney. Selain suka dengan kemasannya, anak saya senang minum susu Frisian Flag karena rasanya yang enak dan juga menyehatkan. 

Saya selalu berupaya untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya makan makanan yang bergizi dan minum susu bagi kesehatan dan pertumbuhannya. Tujuannya supaya anak saya mengetahui kebiasaan baik yaitu minum susu dan makan makanan dengan gizi seimbang. Tentu saja saya menyampaikannya dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak seusianya.

Manfaat Susu Untuk Anak

Susu baik untuk anak (foto:pixabay)
Sama seperti saya, yang selalu berupaya untuk memberikan pemahaman memgenai pentingnya mengkonsumsi makanan bergizi termasuk minum susu setiap hari pada anak saya, Frisian Flag pun terus berusaha untuk memberikan literasi gizi pada masyarakat Indonesia. Frisian Flag Indonesia terus mengedukasi masyarakat Indonesia akan pentingnya minum susu secara rutin setiap hari. Terutama untuk anak-anak. Karena susu mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak.

Manfaat mengkonsumsi susu secara rutin setiap hari untuk anak, adalah:
1. Menjaga kesehatan tulang
Minum susu sebaiknya dibiasakan sejak kecil. Susu memiliki banyak manfaat bagi anak-anak. Bukan hanya menjaga tulang tetap sehat dan kuat, namun susu juga membantu pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan. Susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik. Susu mengandung vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang dan dapat menghindari kerapuhan tulang pada anak saat dewasa nanti;

2. Membuat gigi kuat dan sehat
Susu kaya kalsium dan fosfor sangat penting bagi perkembangan kesehatan gigi anak. Kalsium dan fosfor bersama-sama membantu menjaga kesehatan gigi.

Salah satu protein terpenting yang ditemukan dalam susu adalah kasein. Ini membantu membentuk film (lapisan) tipis di permukaan email gigi dan membantu mencegah hilangnya kalsium dan fosfat;

3. Memelihara kesehatan jantung anak
Susu sapi merupakan sumber kalium yaitu potasium yang dapat meningkatkan vasodilatasi dan menurunkan tekanan darah. Sehingga baik untuk kesehatan jantung;

4. Mendukung berat badan yang ideal
Sebuah penelitian mengungkapkan, anak-anak yang minum susu dan produk susu memiliki 38% resiko obesitas lebih rendah dibanding anak-anak yang tidak mengkonsumsi susu/ produk susu. Diet dengan asupan susu dan produk susu dapat mendukung penurunan berat badan, dan menjaga massa otot tubuh. Dengan syarat, susu dan produk susu tersebut haruslah terbebas dari gula dan garam;

5. Susu baik untuk pertumbuhan otak anak dan mendukung kecerdasan
Kandungan AA, DHA, sphingomyelin, dan lainnya pada susu bisa menjadi nutrisi yang baik bagi otak anak dan mendukung kecerdasan anak. Namun tetap saja anak harus diberikan asupan makanan bergizi lainnya;
Ikan, salah satu makanan yang baik untuk otak anak
6. Susu baik untuk kesehatan kulit anak
Susu mengandung asam laktat yang dapat bertindak sebagai exfoliator dan enzim yang membuat kulit halus. Susu juga mengandung asam amino yang membantu menjaga kelembapan kulit anak;

7. Susu baik untuk pertumbuhkan otot anak
Susu mampu menguatkan otot anak, membuat tubuh anak tetap bugar dan kandungan dalam susu dapat mencegah dan mengatasi depresi pada anak.

Kebaikan susu

Beberapa manfaat yang terkandung dalam susu yang penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak, menjadi salah satu alasan bagi Frisian Flag Indonesia untuk terus berinovasi guna menghasilkan produk susu yang aman dikonsumsi anak-anak. Terutama untuk mendukung tumbuh kembang anak agar selalu sehat dan tumbuh optimal.

Frisian Flag Indonesia Menghadirkan Karakter Animasi Edukatif Zuzhu dan Zazha Sebagai Upaya Menanamkan Karakter Baik Pada Anak

Karakter animasi edukatif Zuzhu Zazha
Saat anak memasuki usia sekolah dasar, faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter anak semakin meluas. Karakter anak bukan hanya dipengaruhi oleh perilaku orang tua, teman, lingkungan, tapi juga konten atau tontonan yang dikonsumsi. Apalagi saat ini smartphone menjadi salah satu hal yang cukup mempengaruhi perkembangan karakter anak.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, sekarang ini anak-anak menghabiskan rata rata 2-3 jam per hari untuk menonton konten digital, baik di televisi, smartphone maupun di website internet lainnya . Di sisi lain, anak usia sekolah dasar juga dihadapkan pada beragam pilihan jajanan yang belum tentu terjamin kualitas dan kesehatannya.

Menyikapi kondisi ini, Frisian Flag Indonesia (FFI) berupaya membantu orang tua dalam hal menanamkan nilai baik dan membiasakan pola hidup sehat kepada anak sekolah dasar melalui kehadiran karakter animasi edukatif, Zuzhu dan Zazha. Inisiatif FFI dalam memperkenalkan duo karakter ini, sekaligus menghadirkan pilihan asupan yang sehat melalui Frisian Flag Milky Zuzhu Zazha.

Zazha

Zuzhu

Karakter edukatif Zuzhu Zazha secara resmi diperkenalkan pada hari Minggu tanggal 29 September 2019 lalu di Teater Garuda TMII sekaligus digelar lomba mewarnai dan menggambar yang diikuti oleh kurang lebih 3000 anak Indonesia. Untuk aktivitas menggambar dan mewarnai, serentak dilakukan di 7 kota, diantaranya Bekasi, Malang, Tangerang Selatan dan tentu saja di DKI Jakarta. Acara peluncuran karakter edukatif Zuzhu Zazha dan lomba mewarnai serta menggambar ini, didukung pula oleh Alfamart sebagai partner dari Frisian Flag Indonesia.

Narasumber launching Zuzhu Zazha

Acara tersebut dihadiri oleh narasumber,yaitu: Aliah Shalihah (Manager Category MarketingRTD Department FFI), Rani Wijaya(Senior Manager Marketing PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk ), Putu Pradyna Dewi, M.Psi (Psikolog Anak), Bambang Gunawan Santoso (Animator Indonesia).

Karakter animasi edukatif Zuzhu dan Zazha terinspirasi dari tetesan susu yang memiliki banyak manfaat kebaikan. Dua karakter ini ada di kemasan terbaru susu cair Frisian Flag Milky yang hadir dalam dua pilihan ukuran (115 ml dan 180 ml) dengan rasa cokelat dan stroberi yang pastinya disukai anak - anak.

Frisian Flag Milky Zuzhu Zazha Cokelat
Zuzhu dan Zazha hadir juga dalam bentuk e-comic dan film animasi pendek, yang mengisahkan berbagai cerita inspiratif dan edukatif, yang akrab dengan kehidupan sehari-hari. Kehadiran dua karakter animasi edukatif ini adalah upaya menanamkan kebiasaan baik sejak dini pada anak.

Aliah Shalihah mengungkapkan bahwa Frisian Flag Indonesia berharap kehadiran sosok Zuzhu dan Zazha dapat menjadi alternatif konten edukasi menarik bagi anak, guna menanamkan pesan budi pekerti yang baik, membiasakan pola hidup sehat, sekaligus pengenalan terhadap susu sebagai pilihan minuman sehat dan aman, yang mendukung penerapan gaya hidup sehat sejak dini.

Pemanfaatan animasi sebagai medium dalam membantu pembentukan karakter anak merupakan salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan. Hal ini dipertegas oleh Psikolog, Putu Andani, M.Psi. Animasi dapat menjadi konten yang disukai anak-anak karena karakter animasi bisa menjadi media yang tepat untuk mengajarkan dan menanamkan perilaku dengan cara yang menyenangkan, apalagi di era digital seperti saat ini.

Untuk membantu anak menginternalisasi karakter positif yang terdapat pada konten animasi seperti kejujuran, empati, optimis, ramah, ceria, inovatif, dan sebagainya, disinilah dibutuhkan pendampingan yang intens dari orang tua. Dan tentu saja pemenuhan nutrisi harian yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan otak anak.

Putu menambahkan saat mendampingi anak menonton konten animasi, orang tua wajib mengetahui alur cerita dan sifat dari setiap karakter secara baik,sehingga tetap ada pengawasan serta menjadi momen diskusi yang mengalir dan interaktif bersama anak.

Animator Indonesia, Bambang Gunawan Santoso turut berbagi pengalaman tentang bagaimana karakter animasi juga dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan dan membiasakan pola hidup sehat pada anak. Menurut Mas Bambi, sapaan akrab dari Bambang Gunawan, dari segi visual, paduan warna-warna cerah pada konten animasi dapat dimanfaaatkan untuk menarik perhatian anak. Satu hal yang tidak kalah penting adalah pemilihan alur cerita yang menjadi nyawa sekaligus kendaraan utama, dalam menyampaikan pesan baik yang ingin ditanamkan supaya dapat diterima dengan mudah oleh anak-anak.

Langkah ini pula yang dilakukan FFI dalam menciptakan dan mengembangkan karakter animasi edukatif Zuzhu dan Zazha. Frisian Flag milky dengan karakter animasi edukatif Zuzhu Zazha ini dapat diperoleh di 13000 gerai Alfamart. Alfamart dan FFI melakukan sinergi dalam menggelar acara menggambar dan mewarnai yang serentak dilakukan di 7 kota dan akan dilakukan juga di kota lain dengan total 16 kota. Inisiatif kolaboratif antara Alfamart dan FFI ini diharapkan dapat membantu meningkatkan gairah dan semangat hidup sehat bagi anak-anak, melalui cara yang menyenangkan.

Zuzhu Zazha dan saya





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Astra Financial Sponsor Utama GIIAS 2019

Pemeriksaan Prodia Prosafe NIPT, Deteksi Dini Kelainan Kromosom Pada Bayi

Masak Aman Bersama BrightGas, Keceriaan Kehangatan Keluarga