Review Oven Cosmos CO-9926 RCG, Memanggang Jadi Makin Menyenangkan

Oven Cosmos CO-9926 RCG

Enggak kerasa, puasa Ramadan ini sudah memasuki minggu terakhir. Sepertinya cepat sekali hari berganti. Masih segar dalam ingatan euforia puasa Ramadan tahun lalu. Eh tau tau sudah berjumpa Ramadan lagi. Tidak jauh berbeda dengan Ramadan tahun lalu, memasuki minggu terakhir Ramadan, mulai disibukkan dengan persiapan lebaran. Terutama menyiapkan bingkisan dan hantaran lebaran untuk kerabat dekat.

Bingkisan dan hantaran lebaran ini, mulai dikirim ke kerabat H-3 lebaran. Jika tahun lalu, saya memesan kue kering, brownis dan bolu pada catering langganan, kali ini saya ingin membuatnya sendiri. Enggak semua sih saya buat sendiri. Rencananya saya ingin membuat brownis dan kue keju.

Kebetulan, tahun ini wish saya untuk memiliki sebuah oven listrik yang mudah dioperasikan, simple, besar ukurannya tapi hemat listrik dikabulkan Tuhan. Awal Ramadan, saya berhasil memboyong sebuah oven yang sukses membuat hati ini jatuh cinta dan terpesona. Oven Cosmos CO-9926 RCG. Oven listrik keluaran Cosmos ini, kini menjadi primadona dalam dapur saya.

Penampakan kemasan oven Cosmos terbaik yang pernah saya alami

Awalnya sempat ketar ketir apakah saya bisa menggunakan oven Cosmos ini? Mengingat betapa repotnya mengatur api bawah api atas, suhu pemanggangan sampai waktu lamanya pembakaran pada oven tangkring yang sungguh membuat saya menjadi malas untuk menggunakannya karena kebanyakan gagalnya daripada berhasilnya. Bukan karena oven tangkringnya tidak bagus tapi lebih karena ketidakmampuan saya untuk mengoperasikannya. Dikarenakan kenyataan inilah yang membuat hati saya menggebu-gebu ingin mengadopsi oven listrik yang menurut referensi beberapa orang, mudah sekali pemakaiannya, gampang dibersihkan dan awet. Karena itu pilihan saya jatuh pada Oven Cosmos CO-9929 RCG.

Kenapa Harus Oven Cosmos CO-9929 RCG?

Bisa dibilang, oven tipe ini menjadi incaran saya. Terhitung dua kali saya mencari tau mengenai oven keluaran Cosmos ini di toko elektronik yang berada dekat dengan tempat tinggal saya. Dan saya juga sempat ngepoin oven ini di salah satu toko elektronik terbesar di Jakarta. Kenapa sih oven Cosmos CO-9926 RCG ini begitu spesial?

Oven Cosmos CO-9926 RCG ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu:
- Memiliki kapasitas yang cukup besar, 26 liter;
- Low watt, berkisar 400-800 W. Jadi hemat listrik;
- Memiliki pilihan waktu memanggang sampai 60 menit;
- Mudah digunakan dan dibersihkan;
- Memiliki 6 pilihan elemen pemanas;
- Begitu waktu pemanggangan selesai, langsung otomatis mati. Lebih aman terutama untuk orang yang pelupa dan teledor seperti saya ini hahahaha;
- Dilengkapi dengan mode "Stay On". Oven tetap menyala tanpa pengaturan waktu;
- Dilengkapi dengan dua rak pemanggangan, rak kue dan rak besi;
- Elemen pemanas terbuat dari stainless steel. Hal ini membuat oven tidak berkarat;
- Memiliki BBQ Rotiserrie pick dan pemanggangan ikan;
- Simple dan memiliki penampilan elegan;
- Harga sangat terjangkau;
- Dilengkapi dengan crumb tray (alas remah) supaya mudah dibersihkan.

Bagian dalam oven

Bisa dibilang oven Cosmos CO-9926 RCG adalah oven terbaik di kelasnya. Oh ya, FYI, Cosmos juga telah mengeluarkan oven model terbaru, series VRL yang memiliki kapasitas lebih besar yaitu 35, 45 dan 66L serta dilengkapi dengan lampu indikator di dalam oven untuk memudahkan melihat hasil panggangan.  Oven series ini diperuntukkan untuk pelaku home industri tapi bisa juga kog kalau kalian berminat untuk memilikinya.

Kalian juga bisa melihat produk-produk Cosmos yang lainnya di website Cosmos . Kalian bisa melihat tipe dan spesifikasi produk-produk Cosmos melalui website tersebut sebelum memutuskan untuk memboyong produknya ke rumah. Dan banyak juga tips dan resep yang dibagikan dalam website resmi Cosmos tersebut.

Di bagian belakang kardus kemasan oven Cosmos terdapat keunggulan oven tipe ini

Produk-produk Cosmos dapat dibeli di toko elektronik, supermarket, juga secara online di marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee (Official Store Cosmos) dan di belanja Cosmos . Sekarang untuk membeli produk-produk Cosmos termasuk oven favorit saya ini, cukup dari genggaman saja. Enggak harus datang lagi ke toko elektronik offline. Cukup mencari tau dilaman resmi Cosmos dan tinggal pilih mau beli produk Cosmos di E-commerce yang mana. Sesuai kata hati aja sik, ini klo saya wkwkwk.

Spesifikasi Oven Listrik Cosmos CO-9926 RCG
- Crump Tray dan Fish Grill 
- 6 pilihan pengatur pemanasan 
- Memiliki fungsi mode tetap menyala 
- Elemen pemanas terbuat dari bahan stainless steel 
- Nama Produk : Cosmos
- Oven Tipe : CO-9926RCG 
- Kapasitas : 26 Liter 
- Daya : 400 - 800 Watt
- Tegangan - 220 Volt / 50 Hz 
- Dimensi (P x L x T) : 52.4 cm x 38.8 cm x 34 cm 
- Timer : 60 Menit 
- Berat : 11.5 Kg Max
- Temperature : 250oC
- Warna : Hitam 
- Garansi Resmi 1 Tahun

Brownis Panggang Hantaran Lebaran

Brownis panggang keju

Seperti yang telah saya utarakan sebelumnya, kalau lebaran tahun ini, saya menyiapkan hantaran lebaran untuk keluarga dan istimewanya saya membuatnya sendiri.

Brownis tergolong kue yang mudah membuatnya. Dan bisa divariasikan dengan memberikan topping diatasnya. Kali ini saya memilih untuk membuat brownis coklat panggang dengan taburan keju diatasnya.

Resep Brownis Coklat

Bahan yang diperlukan:
- margarine kurang lebih 4 sdm, lelehkan;
- dua butir telur;
- 200 gr tepung terigu protein sedang yang telah dicampur dengan bubuk coklat;
- keju secukupnya untuk taburan.

Bahan-bahan brownis

Cara membuatnya: margarine cair campur dengan telur, kocok hingga tercampur rata. Masukkan perlahan-lahan tepung terigu dan coklat bubuk. Aduk hingga tercampur rata semuanya. Setelah itu masukan kedalam cetakan yang sudah dialasi margarin dan kertas roti. Panggang selama 30 menit dengan suhu 175' C. Keluarkan sebentar, tambahkan keju yang telah diparut. Panggang lagi selama 10 menit. Brownis siap untuk dihidangkan.

Brownis dengan taburan keju

Saya membuat brownis panggang dengan taburan keju (tanpa keju ikut dipanggang dan taburan keju yang ikut dipanggang. Tergantung selera saja sik sebenarnya. Dan saya langsung memanggangnya dalam loyang yang sudah diolesi margarine. Saya tidak menggunakan kertas roti sebagai alasnya.  Ternyata mudah juga kog untuk melepaskan brownis dari cetakannya.

Kemudahan menggunakan oven Cosmos CO-9926 RCG, membuat saya makin hobi dan semangat untuk membuat berbagai hidangan yang dipanggang. Selain membuat brownis, kemarin saya sempat juga membuat kue keju. Padahal saya ini bukan tipe orang yang rajin bikin kue atau hidangan yang menggunakan oven loh karena merasa ribet bila harus berhadapan dengan oven. Karena pernah mengalami beberapa masalah dalam proses baking.

Kue keju

Masalah yang sering saya alami adalah panas yang tidak merata dan kerepotan mengatur suhu serta memastikan kalau makanan atau kue yang saya bakar, matang sempurna. Sejak menggunakan oven Cosmos CO-9926 RCG, saya tidak lagi menghadapi masalah tersebut. Panas yang dihasilkan oven ini merata dan sangat mudah untuk digunakan. Sehingga saya tidak menghadapi kendala saat berkenalan dengan oven andalan Cosmos ini.

Berdasarkan cerita teman yang punya usaha kuliner kecil-kecilan, daya tahan oven Cosmos dan produk rumah tangga Cosmos yang lainnya, tahan banting. Sebagai contoh, teman saya sudah hampir 8 tahun memakai oven Cosmos dan sampai sekarang masih bandel meskipun sudah jadul. Apa yang dikatakan teman saya bukanlah omong kosong belaka. Saya sendiri adalah pemakai mixer Cosmos dan Cosmos Harmond. Usia mixer saya sudah memasuki tahun keempat dan masih oke.

Kehadiran oven Cosmos CO-9926 RCG ini membantu mempermudah saya menyiapkan hidangan dan panganan untuk keluarga. Kapan saja saya ingin memanggang kue atau bahan lainnya, saya dapat dengan mudah menggunakan oven Cosmos ini. Memanggang menjadi lebih menyenangkan. Selamat hari raya lebaran 2019 ya!

Sebelum dipanggang
Oven dalam kondisi digunakan (lampunya menyala)












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Astra Financial Sponsor Utama GIIAS 2019

Belanja Asik Di Giant Dengan Harga Teman

Pemeriksaan Prodia Prosafe NIPT, Deteksi Dini Kelainan Kromosom Pada Bayi