#OneEarthMovement, Program Batiqa Hotels Sebagai Bentuk Kepedulian Pada Bumi

Pesona Indonesia

Alam Indonesia yang indah dan memesona menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang dan menikmatinya. Banyaknya wisatawan yang datang untuk menikmati alam Indonesia yang memukau, bukan hanya mendatangkan devisa dan keuntungan bagi negeri tercinta. Namun juga mendatangkan masalah baru untuk kelestarian lingkungan terutama kebersihan daerah sekitar tempat wisata. Sampah menjadi masalah utama bagi kelestarian dan kebersihan lingkungan sekitar lokasi wisata. Sekaligus dapat merusak keindahan tempat wisata. 

Saya sempat mengunjungi Bukit Merese, Lombok beberapa waktu lalu dan saya cukup tercekat dengan kehadiran sampah-sampah plastik di sekitar lokasi wisata. Terutama sampah yang ditinggalkan oleh pengunjung. Ada botol plastik bekas minuman kemasan, bungkus makanan ringan dan sedotan plastik. Melihat pemandangan tersebut hati saya miris. Belum lagi saat melipir ke wc umum, di sana saya melihat sampah sisa perlengkapan mandi dalam jumlah yang tidak sedikit. Cukup mengganggu pemandangan dan bikin enggak nyaman juga.

Mungkin belum banyak yang tau kalau zat-zat kimia yang dibawa oleh sampah-sampah tersebut juga akan mencemari air, udara, tanah, hewan, tumbuhan dan juga manusia yang berada di lingkungan tersebut.

BATIQA Hotels

Merujuk kenyataan tersebut, BATIQA Hotels mengadakan program atau gerakan #OneEarthMovement yang bertujuan untuk mengajak masyarakat umum, dan khususnya pengunjung BATIQA Hotels, untuk lebih peduli akan kelestarian alam Indonesia serta berupaya mengedukasi masyarakat atas isu conscious hospitality.
Conscious hospitality merupakan konsep layanan yang mengaplikasikan keramahtamahan dengan penuh kesadaran, bertujuan dan pertimbangan yang bijaksana.
Program #OneEarthMovement BATIQA Hotels, diperkenalkan secara resmi ke khalayak umum pada tanggal 17 Mei 2019. Peluncuran gerakan tersebut dilakukan di BATIQA Hotels Karawang. BATIQA Hotels Karawang merupakan hotel pertama dari jaringan hotel life style bintang tiga yang berada dibawah brand BATIQA, yang melakukan gerakan peduli lingkungan tersebut.

Peluncuran Gerakan #OneEarthMovement di BATIQA Hotels Karawang

#OneEarthMovement merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh BATIQA Hotels untuk mengurangi kerusakan lingkungan. Usaha yang dilakukan oleh BATIQA Hotels dalam mengurangi kerusakan lingkungan adalah dengan meminimalisir penggunaan plastik, terutama di lingkungan hotel. BATIQA Hotels juga bekerjasama dengan pihak lain yang peduli terhadap kelestarian lingkungan untuk menciptakan lingkungan sekitar hotel menjadi lingkungan yang ramah alam.

Mba Annisa (baju merah), Bapak Budi Santosa, Bapak Matthew Lim, Bapak Amir Michael Tjahaja dan Mba Wardah Fajri

Dalam acara peluncuran gerakan #OneEarthMovement tersebut hadir Bapak Amir Michael Tjahaja (Vice President Director BHM Hospitality), Mr. Matthew Lim (Operational Director BHM Hospitality), Bapak Budi Santoso (Director of Development The Nature Conservancy), Ibu Annisa Malati seorang Travel Influencer yang juga peduli lingkungan. Bapak Amir Michael Tjahaja menjelaskan bahwa secara bertahap BATIQA Hotels akan mengganti amenities hotel yang berbahan dasar plastik menjadi ecoplas atau kemasan yang terbuat dari singkong. Tepung singkong tepatnya.

Ketika pertamakalinya, saya menjejakkan kaki di BATIQA Hotels Karawang, mata saya sudah tertumpu pada barisan kemasan amenities hotel yang berwarna putih dan tampak berbeda dengan kemasan yang pernah ada. Kemasan yang menarik perhatian saya itulah yang disebut dengan ecoplas.

Kemasan aminities hotel

Lebih lanjut lagi, Bapak Budi Santoso selaku pihak yang membuat ecoplas menerangkan bahwa ecoplas yang terbuat dari singkong tersebut, lebih cepat terurai dan berbeda dengan plastik. Kemasan ini memang memiliki biaya produksi yang lebih mahal dibanding kemasan plastik tapi aman digunakan dan ramah lingkungan.

Bapak Amir menambahkan bahwa ecoplas yang mudah terurai, akan membantu dalam meminimalisasi jumlah limbah plastik yang beredar baik di daratan maupun di lautan. Beliau menambahkan, sekitar 5-13 juta ton limbah plastik terbawa ke lautan dan menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan.

Ecoplas

Tiga program yang dilakukan oleh BATIQA Hotels Karawang dalam rangka #OneEarthMovement yaitu:
1. Stay With Purpose
BATIQA Hotels akan mendonasikan Rp.10.000,-/transaksi untuk setiap reservasi yang dilakukan dengan cara walk-in. Sementara itu, untuk setiap reservasi yang dilakukan secara online melalui website resmi BATIQA Hotels, donasi yang diberikan adalah sebesar Rp. 5.000/transaksi;
2. The Movement
BATIQA Hotels menawarkan amenities ecoplas yang dapat dibeli oleh tamu hotel pada bagian front office. BATIQA Hotels akan mendonasikan Rp.15.000,- dari setiap ecoplas yang terjual
3. Make a Difference
BATIQA Hotels memfasilitasi masyarakat yang ingin langsung berdonasi secara mandiri melalui link resmi yang dapat ditemukan di situs BATIQA Hotels.

Terkait dengan peduli lingkungan, Annisa yang merupakan seorang Traveller dan Influencer Lingkungan memberikan tips bagaimana bepergian atau traveling yang mengasikan tapi tetap mengutamakan kelestarian lingkungan. Annisa menyarankan untuk membawa sesimple mungkin perlengkapan traveling termasuk baju ganti, menggunakan tempat makan dan minum yang bisa dibersihkan untuk meminimalisir sampah pada saat perjalanan wisata. Membuang sampah pada tempatnya dan memindahkan makanan ringan dari kemasan plastik ke dalam wadah yang bisa digunakan berkali-kali. 

Mba Annisa juga menyarankan kita untuk menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan dan menghindari penggunaan plastik termasuk pemakaian sedotan plastik. Jika tidak dari sekarang dan sedini mungkin, kita peduli pada kelestarian lingkungan maka bumi ini dipastikan akan mengalami kerusakan yang makin parah dikemudian hari.

Acara peluncuran gerakan #OneEarthMovement ditutup dengan penempelan stiker dengan bentuk penyu yang telah diberi nama dan ditandatangani oleh tamu undangan yang hadir pada dinding lobbi BATIQA Hotels yang memang sengaja telah disiapkan lebih dulu.

Penempelan stiker penyu tersebut sebagai tanda kepedulian pada kehidupan penyu yang semakin punah. Dan sebagai bentuk dukungan terhadap penangkaran penyu.


Tempat pengolahan limbah industri secara organik

BATIQA Hotels Karawang bersinergi dengan perusahaan lain yang berada di kawasan Surya Cipta dalam proses pengolahan limbah industri termasuk limbah sampah yang dihasilkan oleh hotel. Pengolahan limbah yang dikelola tersebut merupakan pengolahan limbah secara organik. Tempat pengolahan limbahnya pun ramah lingkungan sekali. Diatas kolam pembuangan air limbah industri, ditanami tanaman yang akarnya mampu mengurai bakteri yang terdapat pada limbah industri tersebut. Apa yang dilakukan oleh BATIQA Hotels ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap kelangsungan hidup bumi dan kelestarian lingkungan.

 Sekilas Mengenai BATIQA Hotels Karawang

BATIQA Hotels

BATIQA Hotels merupakan jaringan hotel lifestyle bintang tiga di Indonesia. Brand BATIQA diambil dari kata “batik” serta “Quality A”. Batik merupakan salah satu ikon kebanggaan Indonesia, sementara “Quality A” merupakan komitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik. Saat ini BATIQA Hotels tersebar di kota-kota besar seperti Pekanbaru, Palembang, Lampung, Jababeka, Karawang, Cirebon, serta Surabaya.


Lobbi BATIQA Hotels Karawang

BATIQA Hotels Karawang terletak tidak jauh dari pintu tol Karawang Timur dan berada di Kawasan Industri Surya Cipta. BATIQA Hotels Karawang dilengkapi dengan restoran, lobbi, kolam renang dan ruangan spa. Hotel ini menawarkan paket wisata ke beberapa tempat wisata yang berada di Karawang. Dengan mengeluarkan biaya sekitar 750ribu, pengunjung bisa menginap di BATIQA Hotels selama satu malam dan menikmati wisata Karawang.


Suasana kamar hotel 

Kamar BATIQA Hotels cukup nyaman untuk tempat melepas lelah. Kamar dilengkapi oleh pemanas air, dua botol air mineral, teh dan kopi serta air hangat untuk mandi. Kamar juga dilengkapi oleh televisi dan kulkas kecil. Ada hal kecil yang mak sukai dari BATIQA Hotels ini adalah suasananya yang nyaman, tenang dan kolam renangnya yang cukup luas.


Kamar mandi/toilet yang bersih dan nyaman

Tak jauh dari BATIQA hotels, terdapat gerai Indomaret dan tempat ngopi yang cukup mengasikkan. Bagi penggemar kopi seperti saya, amanlah karena bisa melipir untuk menikmati secangkir kopi tanpa harus jauh-jauh meninggalkan hotel. Saya memperoleh kesan mendalam terhadap BATIQA Hotels karena menyajikan rasa nyaman seperti sedang berada di rumah. Hommy sekali rasanya.

BATIQA Hotels dapat menjadi alternatif tempat beristirahat saat mudik lebaran nanti terutama bagi mereka yang melintasi Karawang Timur. Mungkin kamu salah satunya.

Mainan air di kolam renang BATIQA Hotels

Komentar

  1. mantab ini Batiqa, nilai tambahnya gue suka.. nginep lgsg donasi.. jadi lelap kalau tidur!

    BalasHapus
  2. Wiiiihhhh si Emak udah jauh banget maennya ampe ke Lombok.

    Semoga Batiqa ada di lombok juga ya mak...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belanja Asik Di Giant Dengan Harga Teman

Penyakit Langka di Indonesia

Dukungan Dewan Pertimbangan Daerah RI Untuk Atlet Asian Games 2018 Indonesia