Satu Dekade Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah


Sepuluh tahun yang lalu, tepatnya pada bulan Desember tahun 2007, pemerintah membentuk Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). LKPP dibentuk untuk mendapatkan sistem pengadaan dengan regulasi dan prosedur yang jelas, kelembagaan yang lebih baik, sumber daya manusia yang mumpuni, proses bisnis yang transparan dan akuntabel serta penanganan permasalahan hukum yang mengedepankan azas keadilan.

Dalam sepuluh tahun kiprahnya ini, LKPP telah melakukan sejumlah langkah dan terobosan untuk mencapai tujuannya. LKPP juga bermitra dengan banyak lembaga termasuk dengan Millenium Challenge Account-Indonesia (MCA-Indonesia). Melalui proyek Modernisasi Pengadaan, MCA-Indonesia mendukung LKPP untuk meningkatkan kapasitas para profesional pengadaan publik, memperkuat kelembagaan Unit Layanan Pengadaan atau ULP.

Kemitraan ini diharapkan dapat membantu pemerintah menghemat biaya, mencapai efisiensi dalam pengadaan, serta 
memastikan kualitas pengadaan sesuai dengan kepentingan publik dan waktu yang telah direncanakan. Penghematan ini 
bermuara pada perbaikan layanan pembelian barang dan jasa yang meningkatkan kesejahteraan rakyat serta 
perekonomian Indonesia.

Supaya masyarakat memahami perkembangan dalam sektor pengadaan publik dan relevansinya bagi kehidupan mereka, 
LKPP dan MCA-Indonesia bekerja sama mensosialisasikan pencapaian satu dekade LKPP. Rangkaian acara sosialisasi bagi 
media dan publik ini akan diadakan pada awal Desember sekaligus memperingati satu dekade LKPP. Adapun tujuan dilakukannya sosialisasi tersebut, yaitu:
1. Mensosialisasikan informasi tentang pencapaian LKPP selama satu dekade dan modernisasi pengadaan;
2. Meningkatkan kesadaran publik akan nilai penting pengadaan yang modern.

Acara sosialisasi LKPP dan MCA Indonesia mengenai pengadaan publik yang modern untuk Indonesia yang lebih baik dilaksanakan di Tjikini Lima, Jakarta Pusat.
Acara ini dihadiri oleh Bapak Robin Asad Suryo, Deputi Pengembangan Strategi dan Kebijakan LKPP, Bapak Firman Dharmawan, Direktur Proyek Modernisasi Pengadaan MCA-Indonesia dan Bapak Febri Hendri, Koordinator Divisi Investigasi ICW.

Dalam acara tersebut dijelaskan mengenai Proyek Modernisasi Pengadaan. Proyek ini dirancang untuk membantu pemerintah mempercepat reformasi pengadaan barang dan jasa pemerintah. Proyek ini merupakan sinergi antara LKPP dan MCA-Indonesia yang memiliki tujuan tercapainya efisiensi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah dan disaat yang sama juga memastikan kualitasnya sesuai dengan kepentingan publik dan waktu yang direncanakan.

Proyek Pengadaaan Publik yang modern ini diharapkan mampu menjadikan Indonesia lebih baik lagi. Dan semua program pemerintah sesuai dengan nawacita kepemerintahan Bapak Joko Widodo dapat tercapai sehingga rakyat dapat hidup lebih baik dan merata di seluruh pelosok tanah air. Bukan hanya kemajuan di beberapa daerah saja.

Salah satu program pemerataan pembangunan pemerintahan Jokowi


Komentar

  1. Proyek Pengadaaan Publik yang modern. Mantaps ini, Mbak. Semoga program pembangunan pemerintah di seluruh negeri tercinta ini semakin lancar dan sukses.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dibohongi Atau Dipoligami?

Mengapa Saya Poligami

Belajar Blogging Bersama Repzone Dan Ani Berta