Hexpharm Jaya, Obat Generik Kualitas Paten


Pagi itu, Saya merasakan sakit yang luar biasa di sekitar perut. Sepintas berpikir, "Ah mungkin masuk angin saja, setelah dikerik nanti pasti hilang sendiri sakitnya". Ternyata Saya salah, bukannya tambah membaik eh malah semakin menjalar sakitnya sampai ke punggung. Akhirnya Saya putuskan untuk berobat ke klinik langganan yang jaraknya tak jauh dari rumah. 

Sesampainya di klinik, Saya langsung diperiksa oleh dokter. Dan dokter tersebut mendiagnosa bahwa penyakit maag Saya sudah akut dan Saya harus lebih aware terhadap kesehatan diri Saya sendiri. Pada saat akan menuliskan resep obat, dokter tersebut berkata, "Bu, ini Saya berikan obat maag yang berbeda dari yang biasanya Ibu minum. Obat maag yang biasanya Ibu minum, kosong persediannya. Ini memang obat generik Bu namun memiliki kandungan yang sama dengan obat yang biasa Ibu minum". Pada saat mendengar penjelasannya tersebut, Saya hanya manggut-manggut saja. Saya hanya ingin secepatnya minum obat supaya rasa sakit yang Saya rasakan cepat lenyap.


Tiba di rumah, Saya langsung minum obat dan tidur. Beberapa jam kemudian, kondisi Saya berangsur membaik. Tiba-tiba, Saya teringat perkataan  dokter yang memeriksa Saya tadi yaitu mengenai obat generik. Saya pun menjadi bertanya-tanya sendiri apakah yang dimaksud dengan obat generik itu. Apakah obat yang dijual dengan harga murah? Atau obat yang diproduksi oleh pabrik obat dalam negeri? Dan Saya belum menemukan jawabannya.

Pabrik Hexpharm Jaya Cikarang
Hingga hari Senin kemarin, tepat di tanggal 13 November 2017, Saya berkesempatan melakukan visit factory atau kunjungan pabrik ke PT. Hexpharm Jaya yang berlokasi di Cikarang.  Ayo ada yang dapat menebakkah, pabrik apa siy itu? Yess, PT. Hexpharm Jaya adalah pabrik obat generik.  Akhirnya Saya temukan juga jawaban yang selama ini Saya cari tentang obat generik. Saya akan menceritakan apa itu obat generik termasuk tentang PT. Hexpharm Jaya, sebuah anak perusahaan PT. Kalbe Farma yang concern  mengembangkan obat generik berkualitas. Disimak yak. Awas, jangan sampai ketiduran hahaha. 
" Obat adalah suatu bahan atau campuran yang digunakan dalam menentukan diagnosis, mencegah, mengurangi, menghilangkan, menyembuhkan penyakit atau gejala penyakit, luka atau kelainan badaniah dan rohaniah pada manusia atau hewan dan untuk memperelok atau memperindah badan atau bagian badan manusia. "
Pengertian obat di atas merupakan pengertian secara umum. Secara khusus,pengertian obat dapat diartikan sebagai obat paten atau obat original/inisiator, obat generik, obat tradisional, obat baru, obat asli, obat jadi dan obat essensial.
Pengertian obat paten atau obat original adalah obat yang dihasilkan melalui proses penelitian yang panjang dan detil sehingga berhak memperoleh hak paten dari pemerintah selama 20 tahun. Dan selama hak patennya tersebut belum berakhir maka tidak boleh ada obat lain sejenis yang beredar di pasaran. Obat paten merupakan obat jadi dengan nama dagang yang terdaftar atas nama pembuat yang telah diberi kuasa hak paten oleh pemerintah.

Obat Generik
Obat generik adalah obat yang dibuat dengan nama resmi yang ditetapkan sesuai dengan nama zat yang terkandung di dalamnya. Seperti contohnya obat yang mengandung asam mefenamat maka obat generiknya bernama Mefenamit Acid. Obat generik adalah obat yang mengandung zat-zat atau unsur kimia yang terdapat pada obat paten yang telah melewati 20 tahun hak patennya serta berkhasiat menyembuhkan, mengurangi bahkan menghilangkan rasa sakit yang diderita.

Sebelum obat generik diproduksi dan dipasarkan, obat tersebut harus lulus uji bioekuivalensi. Bioekuivalensi yaitu obat harus sama bentuknya dengan obat patennya. Contohnya jika obat patennya berupa kapsul maka generiknya harus berupa kapsul juga. Enggak boleh jika bentuk generiknya berbeda dengan patennya. Misalnya obat generiknya tablet padahal patennya kapsul, ini tidak diperbolehkan. Harus sama persis. Kalau kata orang Jawa mah plek keteplek wkwkwk.

Di Indonesia, salah satu perusahaan yang concern bergerak dalam bidang pengembangan, produksi dan pemasaran obat generik adalah PT. Hexpharm Jaya, anak perusahaan PT. Kalbe Farma. PT. Hexpharm Jaya menghasilkan dan memasarkan obat generik berkualitas. "Obat generik kualitas paten". Hexpharm Jaya generik merupakan generik logo (memiliki logo obat generik). Yuk kita kenali lebih dekat lagi PT. Hexpharm Jaya ini.

PT. Hexpharm Jaya (anak perusahaan PT. Kalbe Farma Tbk), Produsen Obat Generik dengan Kualitas Paten

PT. Hexpharm Jaya berdiri sejak tahun 1971 namun saat itu belum tergabung dalam keluarga besar PT. Kalbe Farma Tbk. Pada tanggal 26-10-1988, PT. Hexpharm Jaya berdiri secara resmi sebagai perusahaan farmasi. Dan baru pada tahun 1983, PT. Hexpharm Jaya bergabung sebagai anak perusahaan PT. Dankos yang merupakan bagian dari Kalbe Grup.

Tahun 2001, HJ, sebutan beken dari PT.Hexpharm Jaya ini memfokuskan diri pada bidang pengembangan, produksi dan pemasaran obat generik. 2006, HJ menjadi anak perusahaan PT. Kalbe Farma Tbk bersama dengan PT. Dankos Farma dan PT. Finusol Prima. HJ semakin berkembang sehingga pada tahun 2012, pabrik HJ yang di Cikarang diresmikan dan lokasinya bersebelahan dengan pabrik PT. Kalbe Farma Tbk sebagai induk perusahaannya.


Pabrik HJ Cikarang merupakan pabrik yang dilengkapi dengan teknologi mutakhir dan telah memenuhi standart CPOB. Di tahun 2015 yang lalu, PT. Hexpharm Jaya menambah fasilitas produksinya ke lantai 2 dan mendapatkan sertifikat CPOB pada bulan Desember 2016. Obat generik HJ sejak sekitar bulan September 2017 ini mulai berganti kemasan menjadi kemasan biru. Sebelumnya berwarna putih. Namun perubahan tersebut dilakukan secara bertahap dan nantinya semua produk obat generik HJ akan memiliki kemasan berwarna biru. Di pabrik Cikarang diproduksi 80 jenis obat generik.




Obat generik HJ telah melayani kebutuhan obat di 4 negara yaitu Indonesia, Singapura, Kamboja dan Myanmar. HJ selalu berupaya untuk menjaga dan meningkatkan standart mutu produknya dengan menggunakan teknologi canggih dan mutakhir dalam proses produksinya. Pertamakali menginjakkan kaki ke area pabrik PT. Hexpharm Jaya, Saya dibuat terkagum-kagum oleh keteraturan dan kebersihan setiap ruangan yang ada dilingkungan pabrik HJ ini.

Kekaguman tersebut semakin bertambah saat visit factory berlangsung. PT. HJ berusaha untuk selalu menjaga kesterilan area produksi dan pengemasan produk. Bahkan gudang penyimpanan bahan baku serta produk yang telah siap untuk di pasarkan melalui distributor obat. Sebelum memasuki area pabrik yang sesungguhnya (karena Saya sebelumnya hanya berada di luar area produksi dan pengemasan, di ruang meeting), Saya harus memakai baju khusus dan mencuci tangan dengan desinfektan supaya tidak ada kuman yang ikut masuk ruang produksi sehingga kontaminasi dapat dicegah bahkan tidak boleh terjadi kontaminasi sekecil apapun.




Tidak semua orang dapat masuk ruang produksi. Hanya pekerja dan yang memiliki kartu identitas berdasarkan sidik jari saja yang dapat membuka pintu produksi. Jadi keamanan produk obat generik HJ terjamin. Proses produksi pun mengalami beberapa tahap dan selalu dikontrol dengan ketat. Semua proses dilakukan secara terintegrasi berdasarkan sistem komputerisasi dan barcoding. Serta didukung pula oleh alat produksi dan teknologi mutakhir sehingga obat generik HJ selalu terjamin kualitasnya. Harga boleh murah tapi kualitas bukan murahan.

Setelah melihat sendiri situasi dan kondisi pabrik PT. Hexpharm Jaya, Saya menjadi yakin jika mengonsumsi obat generik bukanlah sesuatu yang harus dihindari hanya karena opini yang telanjur beredar bebas dan menyesatkan yaitu obat generik adalah obat murah dengan kualitas nomer sekian. Dan terkesan murahan. Padahal kenyataannya tidaklah seperti itu. Obat generik HJ adalah obat dengan kualitas terbaik. PT. Hexpharm Jaya telah mendapatkan beberapa penghargaan. Salah satunya penghargaan ISO 9001.





















Komentar

  1. Semoga tulisan2 para blogger yg ke sana bisa mengedukasi pembacanya bahwa kualitas obat generik engak kalah dari yg paten ya mbak :D TFS

    BalasHapus
  2. Kualitas obat generik PT Hexapharm jaya tak perlu diragukan lagi ya mbaaa

    BalasHapus
  3. Makin peduli masyarakat akan kesehatannya dan pengetahuannya akan obat generik. Maka makin banyak orang sakit yang dipermudah pengobatannya. Bukan karena harganya yang murah saja. Tapi kualitas generik nggak perlu diragukan.

    BalasHapus
  4. Sekarang jadi makin yakin ya kalau obat generik sama kualitas nya dengan obat paten

    BalasHapus
  5. Seru maakkk bisa keliling pabrik obat sambil dapet ilmu dan pengalaman baru

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dibohongi Atau Dipoligami?

Mengapa Saya Poligami

Belajar Blogging Bersama Repzone Dan Ani Berta