Gentle Birth, Program Unggulan RS Muhammadiyah Taman Puring


Menikah lalu hamil dan melahirkan adalah proses yang harus dijalani oleh setiap wanita. Termasuk Emak. Tapi tak semua wanita mengalami fase yang mulus seperti itu, menikah lalu punya anak. Ada beberapa wanita yang harus bersabar dan ikhlas menanti hadirnya buah hati. Mereka harus berupaya lebih keras lagi supaya dapat hamil. Dan setelah hamil pun tidak semua wanita dapat melahirkan secara normal dengan lancar huhuhu ribet ya jadi wanita eh ya ga gitu juga siy. Itu semua karena wanita istimewa. Dan Allah memberikan banyak keistimewaan untuk wanita. Hamil dan melahirkan pada wanita dihitung sebagai jihad loh. Dan ganjarannya adalah syurga.So, jadi wanita itu agak ribet tapi unik xixixi.

Oke, kembali lagi ke masalah hamil dan melahirkan. Setiap wanita yang tahu dirinya hamil, pastinya menginginkan diri dan bayinya dapat terus sehat dan dapat melahirkan persalinan secara lancar. Karena itu biasanya rutin memeriksakan diri dan kandungannya ke klinik bersalin atau pun rumah sakit. Nah muncul lagi nih persoalan baru wkwkwk, tidak semua rumah sakit dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan kondisi ibu hamil dan membuat ibu hamil merasa nyaman. Jadi harus pilah pilih rumah sakit dong supaya proses pemeriksaan kandungan dan persalinannya lancar.

Pilah pilih rumah sakit dan ini bukan persoalan mudah bahkan terkadang harus gonta ganti dulu srperti pakai baju aja hahaha sebelum bertemu dengan rumah sakit yang pas dihati eaaaa. Memilih rumah sakit untuk memeriksakan kehamilan, pastinya berdasarkan kenyamanan dan pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit tersebut pada ibu hamil. Dan tidak semua rumah sakit memberikan pelayanan memuaskan dan sarana lengkap untuk ibu hamil terutama saat mempersiapkan proses persalinannya.

Apalagi saat ini banyak pula wanita yang takut melahirkan secara normal karena merasa tidak kuat menghadapi rasa sakit melahirkan dan memilih untuk sectio caesar. Padahal ada beberapa proses persalinan normal yang dapat dilakukan dengan rasa sakit yang dapat diminimalisir. Tentunya dengan beberapa langkah persiapan persalinan. Sayangnya tidak semua rumah sakit dan klinik persalinan memberikan penjelasan mengenai hal ini. Bahkan ada beberapa rumah sakit dan klinik bersalin yang memilih mengambil langkah praktis saja yaitu mengikuti keinginan pasien untuk melakukan sectio caesar  tanpa memberikan penjelasan dan dukungan pada pasiennya untuk melakukan persalinan normal. Padahal pasien dalam kondisi baik dan dapat melakukan persalinan normal. Hanya saja pikiran dan jiwanya telah dihantui rasa sakit melahirkan normal.

Kejadian ini terjadi dan menimpa bukan hanya pada satu dua orang ibu hamil saja tapi cukup banyak loh. Karena kurangnya dukungan dari petugas kesehatan yang melayaninya untuk mengatasi rasa takut sakitnya melahirkan, akhirnya tetaplah ditempuh jalan caesar padahal masih ada jalan lain yang dapat ditempuh yaitu dengan hypnobirthing dan gentle birth.
Di Jakarta, telah cukup banyak rumah sakit dengan program gentle birth ini. Salah satunya adalah RS Muhammadiyah Taman Puring, Kebayoran Jak-Sel.


Poli Kandungan dan Kebidanan RS Muhammadiyah Taman Puring

Gentle Birth Rumah Sakit Muhammadiyah Taman Puring Jakarta Selatan

Gentle Birth
Rumah Sakit Muhammadiyah Taman Puring berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk ibu hamil agar dapat melakukan persalinan secara lancar. RS Muhammadiyah Taman Puring mengutamakan kesehatan dan keselamatan ibu dan bayi. Rumah sakit ini juga mendukung semua ibu hamil yang menjadi pasiennya untuk melahirkan secara normal dan dapat mempersiapkan mental ibu hamil dalam menghadapi persalinannya. Duh sayangnya Emak baru tahu RS Muhammadiyah Taman Puring ini, coba tahunya saat Emak hamil dulu. Jadi ngga repot-repot deh cari rumah sakit yang memberikan pelayanan memuaskan untuk pasiennya.

Bidan Devi
Minggu tanggal 5 November kemarin, Emak mengikuti acara "Seminar Interaktif  Obstetri dan Simulasi Hypnobirthing" di RS Muhammadiyah Taman Puring. Huwaaaa Emak ngiri banget dengan ibu hamil masa kini. Ibu hamil masa kini lebih mudah mendapatkan informasi yang tepat seputar hamil dan persalinan. Enggak seperti Emak hamil waktu itu, belum banyak seminar interaktif seputar hamil dan persalinan. Eits tapi bukan kode kalau Emak pengen hamil lagi ya hahaha.

Peserta Seminar
Salah satu nara sumber yang hadir yaitu Bidan Sri Deviyanti adalah seorang bidan yang juga praktisi hypnobirthing. Hypnobirthing adalah salah satu cara untuk mempersiapkan mental ibu hamil dalam menghadapi persalinan. Bidan Devi, sapaan akrab beliau, menjelaskan bahwa RS Muhammadiyah Taman Puring merupakan salah satu rumah sakit di Jakarta yang giat mengedukasi mengenai gentle birth.
Gentle Birth merupakan seni untuk menjadikan proses kehamilan dan persalinan secara natural karena ia merupakan hal fitrah dan alamiah.
Gentle Birth merupakan metode persalinan yang menggabungkan persiapan pikiran dan mental sejak awal kehamilan hingga proses persalinan berlangsung dengan meminimalisasi intervensi dan trauma bagi ibu dan bayi. Metode ini akan meningkatkan pengetahuan ibu dan keluarga selama kehamilan serta mempermudah proses adaptasi kehamilan dan memperlancar proses persalinan (knowledge is power).
Selain itu, metode gentle birth ini merupakan filosofi yang terbaik bagi ibu dan bayi sebagai media tumbuh kembang yang optimal untuk generasi yang dilahirkan (from the womb, for the better world).

Salah satu cara yang digunakan dalam gentle birt yaitu hypnobirthing. Hypnobirthing merupakan teknik melahirkan secara alami yang meliputi relaksasi mendalam, pola pernafasan secara lambat dan petunjuk cara melepaskan endorfin dari dalam tubuh.
Hypnobirthing memungkinkan calon ibu untuk menikmati proses kelahiran yang aman, lembut, cepat dan tanpa proses pembedahan. Hypnobirthing mengaplikasikan teknik-teknik hipnoterapi dalam proses persalinan termasuk bagaimana caranya mengendalikan dan mensugesti pikiran serta perasaan ibu hamil mengenai dirinya dan kehamilannya supaya selalu positif.

Manfaat hypno birthing, yaitu:
@ mengurangi rasa mual, muntah, pusing dan beberapa gangguan di masa awal kehamilan
@ sarana untuk berkomunikasi dengan janin selama dalam kandungan karena janin sudah memiliki unsur jiwa yang sederhana yaitu perasaan
@ meningkatkan kadar endorphin untuk mengurangi rasa nyeri sehingga proses persalinan berlangsung nyaman dan lancar
@ kondisi rileks, tenang dan damai dirasakan oleh janin sehingga membentuk SQ (spiritual quotient/nilai kedamaian) yang tinggi, bayi tenang dan bahagia
@ mencegah robekan/jahitan pada vagina
@ mengurangi tindakkan bedah caesar karena indikasi non medis
@ mencegah terjadinya bayi premature
@ mencegah terjadinya berat badan bayi kurang
@ mencegah kekurangan oksigen pada bayi sehingga berpengaruh pada pertumbuhan otak bayi
@ mencegah baby blues/post partum depression
@ meningkatkan hormon oxytosin yang dibutuhkan untuk memperlancar ASI
@ mempercepat proses penyembuhan operasi caesar (jika terpaksa)

Program hypnobirthing di RS Muhammadiyah Taman Puring meliputi beberapa pertemuan, yaitu:
1. pertemuan 1: pengenalan hypnobirthing, filosofi gentle birth, latihan relaksasi (30 menit);
2. pertemuan 2: pemrograman hipnoanalgesia, endorphine message (30 menit);
3. pertemuan 3: pemrograman hipnoanalgesia, endorphine massage, simulasi persiapan hipnobirthing (45 menit).
Biaya  hypnobirthing  untuk private class oleh dr. Hasto Harsono CCH CHt sebesar Rp. 600.000,- (3 kali pertemuan). Untuk hypnobirthing di ruang persalinan sebesar Rp. 100.000,-.

Seluruh peserta seminar diajak Bidan Devi untuk melakukan simulasi hypnobirthing yaitu proses relaksasi dan afirmasi. Tujuannya adalah membuat hati tenang, nyaman, yakin pada kemampuan badan sendiri untuk mengatasi rasa sakit dan rasa tidak nyaman lainnya serta selalu berpikir positif dan bersyukur.

Simulasi dengan cara memejamkan mata dan dipandu oleh kata-kata Bidan Devi sebagai petunjuk sekaligus perintah yang harus dilakukan oleh peserta. Ditemani pula oleh suara bunyi-bunyian yang dapat merangsang rasa nyaman dan damai.
Tuch gimana Emak enggak tambah ngiri? Huaaaa *mewek dipojokkan.


Selain hypnobirthing sebagai salah satu bagian dari metode gentle birth, ada beberapa rangkaian kegiatan gentle birth yaitu antenatal class, senam hamil, klinik laktasi, painless labour dan baby spa.


Antenatal Class


Antenatal Class merupakan kelas persiapan dengan kurikulum materi dan penyampaian sesuai dengan filosofi persalinan ramah jiwa. Tujuannya adalah untuk menambah pengetahuan ibu dan pasangan selama menjalani kehamilan dan mempersiapkan persalinan.

Antenatal Class terdiri dari rangkaian materi fisiologi kehamilan dan perkembangan janin, pregnancy planning, hypnobirthing, gizi ibu hamil dan menyusui, hypnobirthing, laktasi, birth planning dan patologi persalinan, patologi bayi, gizi bayi dan anak serta rehabilitasi medik.

Senam Hamil


Senam hamil adalah exercise untuk meningkatkan endurance atau daya tahan ibu hamil untuk mempersiapkan kelahiran. Senam hamil dimulai pada usia kehamilan 28-30 minggu. Sewaktu Emak hamil dulu, Emak juga ikut senam hamil eh ternyata Emak tidak bisa melakukan persalinan normal karena faktor medis. Tapi Emak sudah merasakan sendiri siy manfaat senam hamil ini.


Oh ya tujuan dari senam hamil itu yaitu:

  1. meningkatkan kerja jantung dan melancarkan sirkulasi peredaran darah;
  2. memperkuat sistem pernafasan sehingga ibu hamil merasa lebih sehat dan tidak sesak nafas;
  3. melenturkan dan menguatkan otot-otot panggul sebagai persiapan melahirkan;
  4. melatih postur tubuh yang benar;
  5. merangsang keluarnya ASI;
  6. mengajarkan relaksasi;
  7. memperpendek masa partus kala II (saat bayi akan keluar);
  8. menjaga kebugaran tubuh;
  9. meringankan nyeri punggung selama kehamilan dan persalinan;
  10. mengurangi stress;
  11. memperkuat otot dasar panggul, punggung dan perut.
  12. mengurangi resiko terjadinya gawat janin;
  13. mengurangi angka kejadian gestational diabetes terutama pada wanita gemuk.
Cukup banyak manfaat senam hamil bagi ibu hamil namun senam hamil harus dilakukan dengan bimbingan instruktur senam hamil dan petugas kesehatan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan saat melakukan senam atau senam dilakukan tanpa menghiraukan kesehatan dari ibu hamil.

Senam hamil terasa menyenangkan bagi ibu hamil dan hal seperti ini yang Emak rasakan saat melakukan senam hamil. Tapi senam hamil harus segera dihentikan ketika ibu hamil merasa pusing, sakit kepala, pendarahan pervaginam, sesak nafas saat senam, penurunan gerak bayi, sakit dada, nyeri otot dan gejala kelahiran prematur. Jadi, enggak asal ikut senam hamil saja ya.

Ada tiga jenis senam yang dapat dilakukan ibu hamil selama hamil yaitu yoga, belly dance dan senam hamil. Senam hamil tidak akan menciderai ibu hamil selama senam tersebut dibawah pengawasan tenaga ahli.
RS Muhammadiyah Taman Puring memiliki beberapa pilihan waktu untuk mengikuti kelas senam hamil ini. 
Jadwal senam hamil RS Muhammadiyah Taman Puring adalah setiap hari Sabtu . Untuk lebih jelasnya tentang program senam hamil ini, dapat menghubungi 081218674236.

Klinik Laktasi


RS Muhammadiyah merupakan salah satu rumah sakit yang mengutamakan pemberian ASI pada bayi. ASI merupakan satu-satunya nutrisi yang terbaik untuk bayi. Karena itu, rumah sakit ini dilengkapi dengan klinik laktasi yang juga merupakan bagian dari gentle birth. Klinik laktasi adalah lembaga atau tempat konselling bagi ibu atau calon ibu mengenai masalah menyusui (perhatian dan pelayanan lebih pada ibu dan bayinya). Klinik Laktasi siap membantu memberi informasi yang dibutuhkan dan mencarikan solusi untuk masalah menyusui yang dihadapi oleh ibu hamil dan sedang menyusui.


Klinik Laktasi akan memberikan penjelasan atau pemaparan seputar manfaat ASI, pentingnya menyusui, mengenal anatomi payudara, posisi dan pelekatan menyusui yang efektif, kunci keberhasilan menyusui, cara menyusui yang benar, tatalaksana Inisiasi Menyusui Dini (IMD) yang benar, hari-hari pertama bayi termasuk sebab-sebab bayi menangis dan mengapa bayi kuning, memahami feses bayi ASI eksklusif serta teknik memerah, menyimpan dan memberikan ASI.

Konsultasi laktasi meliputi:

  • persiapan menyusui ibu hamil (manfaat ASI, teknik dan manfaat IMD dan keberhasilan menyusui);
  • konsultasi pasca melahirkan (masalah puting lecet dan payudara membengkak serta hari-hari pertama bayi);
  • konsultasi masalah menyusui pasca rawat inap (masalah radang payudara, produksi ASI menurun);
  • manajemen laktasi pada ibu yang bekerja.

Klinik laktasi berusaha untuk mempersiapkan mental dan kemampuan ibu hamil untuk dapat memberikan ASI pada bayinya sehingga ibu hamil tidak mengalami stress karena ASInya tidak bisa keluar atau pun mengalami masalah menyusui lainnya seperti puting yang masuk ke dalam dan menyebabkannya tidak dapat menyusui. Dengan adanya klinik laktasi diharapkan ibu hamil dan menyusui mendapatkan solusi dari semua masalah menyusui yang dihadapi.

Klinik Laktasi

Painless Labour (Melahirkan Tanpa Rasa Nyeri)


Rasa sakit dan nyeri pada ibu hamil merupakan salah satu hal yang cukup ditakutkan padahal rasa nyeri merupakan pertanda bahwa ibu hamil telah siap untuk melakukan persalinan. Painless Labour merupakan layanan yang bertugas untuk mendampingi calon ibu untuk menjalani persalinan dengan nyaman dan tenang sehingga mengurangi timbulnya trauma bagi ibu dan bayi.


Ada beberapa layanan yang disediakan, yaitu:

  • hypnobirthing class merupakan pemanfaatan hipnosis dalam persalinan berupa teknik sugesti mandiri selama menjalani kehamilan dan mempersiapkan persalinan;
  • anestesi ILA (intrathecal labor analgesia) merupakan teknik untuk menghilangkan rasa sakit saat persalinan dengan memasukkan zat anestesi lewat suntikan kerongga serabut syaraf ditulang belakang bagian bawah;
  • pijat endorphin merupakan pijatan dititik titik akupuntur dibagian punggung dan pinggang ibu sehingga merangsang pengeluaran hormon endorphin dan oksitosi yang akan berfungsi memblokir rasa sakit dan memperkuat kontraksi rahim sehingga memperlancar proses persalinan;
  • pijat perinum adalah pemijatan daerah perineum untuk menstimulasi aliran darah dan menimgkatkan elastisitas perineum sehingga dapat menghindari kejadian episiotomi atau robekan saat melahirkan (partus).
  • pelvic rocking merupakan rangkaian gerakan untuk melatih otot panggul menggunakan gym ball. Mulai dilakukan pada usia kehamilan 36 minggu atau pada saat menjelang proses persalinan. Gerakan ini bermanfaat untuk memperkuat kontraksi dan dapat meningkatkan bidang luas panggul sebanyak 30% sehingga akan mendorong turunnya kepala bayi.


Baby Spa (Baby Massage dan Baby Swimming


Pemijatan pada bayi merupakan sarana ikatan yang indah antara bayi dan orangtua. Pijat bayi sangat bermanfaat bagi perkembangan fisik dan emosi bayi. Pijat bayi dapat segera dilakukan setelah bayi dilahirkan atau sesuai keinginan orangtua. Lebih cepat mengawali pemijatan, bayi akan mendapatkan keuntungan lebih besar terlebih lagi bila pemijatan dapat rutin dilakukan setiap hari sejak bayi dilahirkan sampai berusia 6-7 bulan. Ibu akan diberikan latihan singkat cara memijat bayinya sendiri secara sederhana hingga setiap hari bayi dapat dipijat sendiri.


Pemijatan bayi dapat pula dilakukan secara berkala pada klinik baby spa di RS Muhammadiyah Taman Puring. Baby spa terdiri dari baby massage dan baby swimming. Baby spa memberikan bayi pengalaman sensori yang natural dan dapat perkembanhan otak dan fisiknya.

Manfaat pijat untuk bayi:

  • meningkatkan berat badan bayi;
  • mempercepat pertumbuhan bayi;
  • meningkatkan daya tahan tubuh;
  • meningkatkan konsentrasi bayi dan membuat bayi tidur lelap;
  • membina ikatan kasih sayang antara orangtua dan anak;
  • meningkatkan hubungan batin antara orangtua dan bayi;
  • mengurangi kembung dan kholik;
  • meningkatkan koordinasi dan keseimbangan.
Durasi baby massage selama 30-45 menit dan baby swimming selama 15 menit dengan biaya Rp.125.000,-.



Baby Swim

Rumah sakit Muhammadiyah Taman Puring berusaha untuk mempersembahkan yang terbaik untuk ibu hamil yang memeriksakan kandungannya dan melakukan persalinan di rumah sakit tersebut. Gentle birth membantu mempersiapkan ibu hamil dan calon ibu untuk dapat menjalani proses kehamilan dan persalinannya dengan lancar, aman, nyaman serta bahagia.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi RS Muhammadiyah Taman Puring, telp: 021-7208358, 021-7250243. 











Komentar

  1. Bahas ginian penting, tapi gimanaaa gitu buat anak2 kek aku. 😌😌😌

    BalasHapus
  2. Manfaat hypnobirthing banyak banget ya mbak :D
    AKu nyesel dulu gak belajar gtu2. Pas anak pertama aku norak tereak2 saat lahiran.
    Saat anak kedua dah mulai baca2 soal gentle birth dan hypnobirthing sih pas senam hamil, tapi aku masih gak terlalu paham prakteknya gmn. Akibatnya msh agak heboh pas lahiran tapi gak seheboh yg pertama :D
    Aku denger ada ibu2 yg lahiran bareng aku pas itu emang gk ada robekan, aku msh ada meski dikit haha :P

    BalasHapus
  3. Wah....gentle birth ini membantu ibu hamil untuk menjadi pilihan melahirkan mereka ya.....
    Selain itu ibu menjadi rileks dan mengurangi rasa sakit saat melahirkan

    BalasHapus
  4. buat para bumil, rekomen baca artikel ini biar bisa menjadi alternatif buat melahirkan

    BalasHapus
  5. Wah aku baru tahu kalau ada Painless Labour yang merupakan layanan mendampingi calon ibu untuk menjalani persalinan dengan nyaman dan tenang. BIasanya kan yang mendampingi hanya keluarga saja ya agar ibu hamil tteap tenang. Keren ya RS Muhammadiyah Taman Puring :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dibohongi Atau Dipoligami?

Mengapa Saya Poligami

Belajar Blogging Bersama Repzone Dan Ani Berta