Ngobrol Cantik Makin Asik Dengan Tori Bowl

doc.HokBen

Memiliki rutinitas yang cukup padat, tidak lantas membuat Saya melupakan waktu santai untuk sekedar ngobrol cantik sambil makan bersama dengan keluarga dan sahabat tersayang. Saya selalu berusaha menyempatkan waktu agar dapat menikmati saat santai bersama sahabat dan keluarga meski terkadang hanya sebentar saja. Bagi Saya yang terpenting bukan kuantitasnya tapi lebih pada kualitas ngobrol cantik tersebut.

Nah untuk ngobrol cantik ini, Saya atau pun keluarga dan sahabat, memiliki kesepakatan bahwa tempat ngobrol cantik tersebut haruslah tempat yang nyaman untuk ngerumpi, bukan di rumah supaya ada suasana baru dan pastinya, harga makanan di tempat tersebut haruslah terjangkau. Eits, sampai lupa, satu hal yang terpenting adalah rasanya harus enak, lezat dan cocok dilidah. Ini nih yang jadi bahan pertimbangan yang cukup melelahkan sampai akhirnya terpilihlah satu tempat makan yang cozy, nyaman, murah meriah tapi enggak murahan, menawarkan varian menu yang cukup variatif dan halal. Point terpenting buat Saya adalah makanan yang disajikan harus terjangkau harganya, sehat dan halal.

Nah tempat favorit ngobrol cantik Saya ini adalah HokBen alias Hoka Hoka Bento. Memang sih banyak resto lain yang sama-sama menghidangkan makanan enak dan tempatnya nyaman tapi biasanya kepentok diharga euy. Mahal wkwkwkwk. Apalagi untuk kelas restoran makanan Jepang, HokBen ini terkenal paling bersahabat harganya. Selain menghadirkan kenyamanan tempat, HokBen juga memiliki fasilitas yang mungkin sepele bagi orang lain tapi penting untuk Saya yaitu colokan listrik untuk mencharge gadget atau laptop. Colokan listrik yang ada di gerai HokBen dapat dikatakan cukup banyak, jadi enggak perlu takut mati gaya karena gadget lowbath dan lupa bawa power bank. Tapi tetap bawa charge-an lho! Kalau enggak bawa ya tetap saja enggak bisa ngecharge wkwkwk.

Oh ya, awalnya nih Saya kira HokBen itu resto yang berasal dari Jepang eh ternyata Saya salah. HokBen itu resto Indonesia yang menyajikan hidangan Jepang. Pantas saja kalau taste makanannya pun cocok dilidah dan pas untuk menemani ngobrol cantik kami. Kami (Saya, keluarga dan sahabat) telah cukup lama mengenal HokBen. Terlebih lagi Saya. Saya sudah cukup lama mengenal Hokben tepatnya sejak tahun 1990an. Dan bisa dibilang Saya adalah salah satu pelanggan setia HokBen.


Dalam sebulan, Saya bisa datang ke gerai HokBen sekitar 2 sampai 3 kali dengan orang-orang yang berbeda. Terkadang Saya datang bersama sahabat untuk sekedar ngerumpi hal-hal remeh yang terjadi dalam hidup kami. Dilain kesempatan, Saya datang ke HokBen untuk ngobrol cantik bareng keluarga tercinta. Dan Saya juga biasa menghabiskan "injury time" Saya di HokBen bersama gadget dan bahan tulisan Saya wkwkwk. Dikejar deadline hahaha.

Salah satu alasan kenapa Saya pilih HokBen selain alasan-alasan yang telah Saya utarakan sebelumnya adalah karena gerai HokBen lokasinya dekat banget dengan rumah Saya, hanya 10 menit pakai ojek online. Gerai HokBen pun mudah ditemukan keberadaannya. Enggak bikin ribet. Dapat dibilang kalau HokBen adalah salah satu resto lokal yang menyajikan hidangan Jepang yang enak dan halal serta mempunyai banyak cabang di Indonesia sehingga mudah dijumpai.

Sejarah HokBen

Saya akan cerita sedikit nih tentang sejarah HokBen atau dulu dikenal dengan nama Hoka Hoka Bento di Indonesia. HokBen pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1985 di daerah Kebon Kacang. Hmmm berarti sejak Saya berumur 7 tahun HokBen ini sudah ada lho! Tua juga ya wkwkwk. Kalau Saya boleh menduga, sepertinya HokBen ini adalah restoran lokal yang menyajikan hidangan Jepang  paling tua yang eksis terus di Indonesia. Hebat ya!

Enggak heran sih kalau HokBen dapat berkembang dan terus eksis meramaikan dunia perkulineran negeri ini. Karena rasa yang ditawarkan oleh HokBen ramah dilidah masyarakat bangsa ini. Saya yang dari kecil terkenal "picky eater" alias pilih-pilih makanan ternyata bisa cocok dengan rasa hidangan HokBen. Oh ya, HokBen ini berada dibawah lisensi PT. Eka Boga Inti.

HokBen terus mengalami perkembangan dan pada tahun 1990 mulailah dibuka gerai pertamanya di Bandung. Di Bandung saat ini telah hadir 24 gerai yang menyebar di beberapa daerah di kota kembang dan sekitarnya. Di 23 Pascal juga telah ada gerai HokBen lho! Dan ini adalah gerai yang terbaru. HokBen bukan hanya membuka gerai di Bandung saja. Tahun 2005 HokBen mulai membuka gerainya di Surabaya dan saat ini telah ada 10 gerai tersebar di sekitar kota Surabaya dan Malang.

Untuk semakin memuaskan hati dan mempermudah pelanggannya, pada tahun 2007 untuk pertamakalinya HokBen meluncurkan Call Center dan HokBen Delivery Service. HokBen terus berinovasi demi kepuasan pelanggannya, pelayanan terhadap pelanggan selalu diutamakan.

doc.HokBen

Pada tahun 2008, HokBen kembali meluncurkan websitenya dengan fasilitas pesan online sekaligus memperkenalkan paket Kidzu Bento untuk anak-anak.Paket Kidzu Bento adalah paket sajian untuk anak-anak dengan tambahan hadiah mainan disetiap paketnya. Anak-anak dapat memilih sendiri mainan yang ditawarkan. Ada 3 jenis paket Kidzu Bento ini.


Pada tahun ini pula, HokBen memperoleh sertifikat halal dari MUI. Sertifikat halal ini meyakinkan khalayak ramai bahwa HokBen terjamin kualitas bahan makanannya dan aman dikonsumsi. Jadi enggak perlu khawatir dengan kehalalan semua produk HokBen.

doc.HokBen

HokBen semakin melebarkan sayapnya dan pada tahun 2010 mulailah dibuka beberapa gerai baru di Jawa Tengah dan Bali. HokBen semakin menyebar diberbagai kota di tanah air. HokBen juga punya cafe lho! Namanya Ho Cafe dan sepertinya sih baru sedikit Ho Cafe ini atau bahkan masih satu gerai saja.

Seperti sudah Saya ceritakan diatas bahwa Hoka Hoka Bento mengalami perubahan nama menjadi HokBen dan itu terjadi pada tahun 2013. Kog jadi HokBen? Semua itu dilakukan sebagai salah satu usaha peremajaan serta pembaharuan yang dilakukan oleh Hoka Hoka Bento. HokBen diambil dari seringnya pelanggan Hoka Hoka Bento menyebut "HokBen" untuk menyingkat nama Hoka Hoka Bento.

Bukan hanya namanya saja yang mengalami peremajaan, logo HokBen pun sedikit berubah dan menjadi lebih muda dan menggemaskan. Makin enak dilihat. Logo HokBen yang tadinya bergambar dua orang anak  kecil laki-laki dan perempuan berpakaian Jepang berganti menjadi gambar wajah 2 orang anak kecil laki-laki dan perempuan berpakaian Jepang. Berubah sedikit saja kog.
doc.HokBen

Kalau kalian sering ke HokBen seperti Saya pasti hafal dong dengan sambutan Mas atau Mba HokBen yang membukakan pintu gerai HokBen dan tersenyum ramah sambil berkata selamat datang dalam bahasa Jepang. Saya suka lho dengan perlakuan seperti ini. Berasa sangat dihargai dan jadi ingin datang, datang dan datang lagi ke HokBen. Kalian pernah enggak memperhatikan gambar yang berwarna kuning yang ada didinding gerai HokBen? Gambar yang seperti garis-garis. Itu gambar yang menunjukkan pattern hubungan antara HokBen dan pelanggannya.
doc.HokBen


Tokyo Bowl, Menu Baru HokBen

Lima varian menu Tokyo Bowl

Awal Oktober ini, HokBen memperkenalkan menu barunya yaitu Tokyo Bowl. Tokyo Bowl ada 5 varian yang ditawarkan yaitu Tori Don Soboro, Gyu Don Soboro, Tori Don Chicken Steak, Tori Don Chicken Katsu Tare dan Tori Don Chicken Karage. Menu ini memakai daging ayam atau daging sapi dan potongan rumput laut.

Tori atau daging ayam merupakan bahan makanan yang cukup banyak digemari karena mudah ditemukan di pasaran dan mengandung protein yang cukup tinggi. Selain mengandung protein yang tinggi, daging ayam mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan tubuh seperti asam amino, fosfor, kalsium, niacin, selenium, riboplavin (B2), vitamin A, D, B6/B kompleks dan mengandung kolagen.
Manfaat daging ayam untuk tubuh yaitu sebagai anti depresan natural, kesehatan kulit dan kecantikan, untuk pertumbuhan dan pengembangan otot dan tulang, mencegah osteoporosis serta menjaga stamina tubuh.

Daging sapi atau dalam bahasa Jepangnya disebut gyu memiliki kandungan zat besi yang tinggi, protein, selenium, zinc, B kompleks dan omega3.
Manfaat daging sapi untuk tubuh yaitu meningkatkan metabolisme dalam tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan daya konsentrasi, untuk perkembangan otak anak, membantu membentuk jaringan baru pada otot, membentuk zat anti oksidan dan membantu menjaga kesehatan jantung, sistem syaraf serta liver.

Saya baru tahu lho kalau ternyata rumput laut itu memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Pas banget nih HokBen memakai potongan rumput laut di 5 varian terbarunya ini.
Kandungan gizi yang terdapat dalam rumput laut yaitu natrium, kalium, serat pangan, vitamin A, D, C, B6, B12, magnesium, kolagen, anti oksidan, omega 3 dan 6, protein dan beta cartine.
Manfaat rumput laut bagi kesehatan tubuh yaitu meningkatkan daya tahan tubuh, mengendalikan berat badan, untuk melancarkan pencernaan, mencegah anemia, mengatasi alergi, untuk kecantikan kulit dan wajah serta dapat mencegah kanker. Rumput laut tidak mengandung kolesterol jadi sangat sehat untuk dikonsumsi.

Menu terbaru HokBen ini juga memakai taburan daun bawang yang menambah aroma dari hidangan tersebut. Daun bawang mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tori Don Soboro


Tori atau dalam bahasa Indonesianya berarti ayam adalah hidangan yang terdiri dari daging ayam cincang dengan saus teriyaki khas HokBen yang disajikan di atas semangkuk nasi pulen Jepang. Di atasnya ditaburi potongan seaweed (rumput laut), irisan daun bawang dan crispy atau kriuk khas HokBen. Hidangan ini cocok untuk kalian yang menyukai cita rasa manis dan gurih.

Cocok juga untuk anak-anak karena daging ayam cincangnya sangat mudah untuk dimakan oleh anak-anak yang biasanya agak susah makan daging ayam potongan. Daging ayam bermanfaat untuk kesehatan tubuh Si Kecil. Tori Soboro recomended untuk menemani ngobrol cantik di HokBen bersama Si Kecil.
Harga Rp 24.546 (belum termasuk ppn10%).

Gyu Don Soboro


Gyu atau dalam bahasa Indonesianya berarti daging sapi adalah hidangan yang terdiri dari daging cincang dengan saus teriyaki khas HokBen yang disajikan di atas semangkuk nasi pulen Jepang. Diatasnya ditaburi potongan rumput laut, crispy khas HokBen dan irisan daun bawang. Rasa Gyu Don Soboro manis gurih. Daging sapi cincangnya lembut dan mudah sekali untuk dikunyah. 

Varian ini recomended pula untuk anak karena biasanya anak-anak susah jika diminta untuk makan hidangan daging sapi karena susah untuk dikunyah tapi karena Gyu Don memakai daging giling sehingga mudah dimakan oleh anak-anak. Daging sapi dan rumput laut sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak karena dapat membantu tumbuh kembang otak dan fisiknya.
Harga semangkuk Gyu Don dibandrol dengan harga Rp. 28.182 (belum termasuk ppn10%).

Tori Don Chicken Steak


Tori Don Chicken Steak Original
Tori Don Chicken Steak terdiri dari dua pilihan rasa yang ditawarkan yaitu rasa original dan pedas. Sensasi pedasnya cukup mantap dan menggoda selera. Tori Don Chicken Steak terbuat dari fillet dada ayam rendah lemak yang dipanggang dan dibumbui saus khas HokBen. Untuk varian original, semangkuk nasi pulen Jepang lalu diatasnya diberikan sepotong dada ayam yang cukup besar dengan bumbu saos steak khas HokBen dan ditaburi potongan rumput laut, irisan daun bawang serta wijen. Rasanya manis memuaskan rasa lapar yang datang xixixi.

Untuk varian pedasnya hampir sama dengan varian original tapi tanpa taburan wijen dan warna fillet dada ayam berbumbunya lebih pekat. Sensasi pedasnya menggugah selera makan. Pemakaian dada ayam tanpa tulang membuat varian ini cocok untuk mereka yang sedang diet untuk menurunkan berat badan. Karena dada ayam memiliki kadar lemak yang rendah. Kalau ingin benar-benar tanpa lemak dan lebih sehat lagi, kulit ayam yang masih menempel pada dada ayam ini dapat dibuang.
Semangkuk Tori Don Chicken Steak ini dibandrol dengan harga Rp 33.637 (belum termasuk ppn10%).

Tori Don Chicken Karage


Hidangan ini terdiri dari potongan fillet paha ayam cukup besar yang digoreng tepung dan diberi saos dan mayonaise khas HokBen, disajikan diatas semangkuk nasi pulen Jepang dengan taburan potongan rumput laut serta irisan daun bawang. Rasanya gurih dan manis. Cocok untuk penggemar ayam tepung tapi ini dengan sensasi manis yang khas HokBen. Potongan fillet paha ayamnya cukup besar dan tidak bisa langsung hap sekali makan jadi harus digigit atau dibagi beberapa bagian kecil dulu.
Harga Rp 33.637 (belum termasuk pajak).

Tori Don Chicken Katsu Tare


Sepotong daging dada ayam tanpa tulang yang digoreng berbalur tepung panir dan diberi saos khas HokBen. Disajikan diatas semangkuk nasi pulen Jepang dan ditaburi dengan potongan rumput laut dan irisan daun bawang.
Harga Rp 28.182 (belum termasuk pajak).

Diantara kelima menu Tokyo Bowl tersebut, Tori Don Chicken Steak pedas menjadi favorit Saya. Saya suka dengan rasa sedikit manis dan dominan pedas bumbu khas HokBen. Potongan dada ayamnya besar tapi mudah untuk dimakan karena telah diiris-iris. Kelima varian rasa dari menu Tokyo Bowl tersebut enak dan cocok untuk lidah Saya yang pemilih ini. Porsinya pun sangat mengenyangkan.

Untuk kalian dan Saya (juga) jika ingin berkunjung ke Negeri Sakura Jepang tapi belum punya cukup biaya, enggak perlu putus asa karena Tokyo Bowl mempunyai program "From Tokyo Bowl to Tokyo Tower, Cara Enak ke Tokyo. Gratis!" Caranya mudah banget kog. Pertama, beli dulu salah satu varian dari menu Tokyo Bowl di HokBen lalu upload foto ekspresi kita saat makan menu Tokyo Bowl tersebut dan posting diakun instagram  kita, mention ke @Hokben_id dan beberapa teman kita lalu jangan lupa sertakan hastag HokBen Tokyo Bowl. Jangan lupa pula sertakan foto struk pembelian menu Tokyo Bowl yang kita pesan. Kita bisa posting foto ekspresi tergokil ataupun terkeren saat makan menu Tokyo Bowl ini. Untuk keterangan lebih lanjutnya, silahkan simak keterangan difoto berikut ini.


Selain program challenge tersebut, Menu Tokyo Bowl juga memiliki promo pembelian lho! Untuk dine in atau makan ditempat, Menu Tokyo Bowl menawarkan promo beli 2 dapat 3. Asyik khan. Duh Saya jadi ketagihan terus deh untuk menikmati sensasi lezatnya menu Tokyo Bowl. Siapa tahu Saya beruntung dan bisa pergi ke Jepang. Amiin.



Referensi:
-Serba Serbi Ayam; Diktat Kuliah Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran
-Kandungan gizi dan Manfaat Daging Sapi; Diktat Kuliah Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran
-Kandungan gizi dan Manfaat Rumput Laut; Jurnal Pertanian IPB














Komentar

  1. Toriiii, aku gak pernah bosen sama toriiii. Enaaakkk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu mah sama makanan jenis apapun juga enggak ada bosannya. Apalagi sama tori alias chicken atawa ayam ini hahahaha

      Hapus
  2. Maaak enak ya sepertinya Tokyo Bowl ini *mupeeng hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uenak banget. Besok kalau pemotretan kamu sudah selesai langsung mampir ke HokBen yak. Ajak itu Si Kerudung dan ikutan kompetisi foto Tokyo Bowl. Siapa tahu menang ke Jepang wkwkwkwk

      Hapus
  3. kapan HokBen masuk Palembang :((

    BalasHapus
  4. Di Pontianak sepertinya belum ada Hokben ini, hhhmmm... Jadi pengen cicip menunya setelah baca tulisan ini.

    BalasHapus
  5. Waah...banyak menu barunya nih. Ngeliatnya bikin mupeng iih, variannya juga banyak ya Tokyo Bowlnya, porsinya cukup tuk sendiri deh kayaknya.

    BalasHapus
  6. Kalau hokben memang salah satu andalan restauran untuk makan bersama keluarga. Dari menu terbarunya, kayaknya saya mau coba Tori Don Chicken Steak.

    Menu ini yang paling bikin mupeng. Siiplah, siap berkunjung ke hokben nyobain menu barunya.. 😊

    BalasHapus
  7. emak dewi itu beli 2 dapat 3 periode promonya sampai kapan? rasanya kaya apa ya, penasaran pengen beli mau coba!

    BalasHapus
  8. Ada pilihan menu baru ya di hokben skrng. Aku termasuk penggemar hokben jg sih, sip deh jd mau coba menu bowlnya ah.

    BalasHapus
  9. Saya favorite banget makan di hokben. Aihh ada menu baru lagi ya..nuansa Jejepangan, berasa pingin segera nyicipin semua

    BalasHapus
  10. PERFECTO! loh, ini jepang ya... Wkwkw

    Baca ini bikin laper dan ngimpi, coba akh...

    BalasHapus
  11. Maks, samaaa kirain gw Hokben itu resto yg berasal dari Jepang. Ternyata salah ya mindset diriku selama ini. Padahal sudah eksis 7 tahun juga lho ya. Duh duh makasih pencerahannya mak. Jadi ngeh sekarang. Dan menu2 nya emang masuk banget sama lidah kita

    BalasHapus
  12. Hokben termasuk paling sering mengeluarkan variasi menu makanan yang mengugah selera ya. Asik nih sekali skali mau mencoba juga varian baru karena Hokben kesukaan keluarga

    BalasHapus
  13. Saya dan keluarga juga pencinta menunya HOKBEN, karena rasanya pas di lidah. Untuk gambar Tokyo Bowl ini sukses bikin saya pengen meluncur ke Hokben sekarang juga

    BalasHapus
  14. Keluarga saya selalu antusias tiap ada menu baru di Hokben. Nah kalo Tokyo Bowl ini belum sempet coba tapi gambarnya udah sukses bikin aku laper

    BalasHapus
  15. Waah enak semua nih kayaknya, sayang yah di Hokben itu ga ada sushi, padahal aku kan suka banget.. 😁😁

    BalasHapus
  16. Waduh bingung pilih yang mana ya. Semuanya enak. Kayanya sehari perlu makan satu menu deh

    BalasHapus
  17. Makin variatif makin ok aja ini Hokben. Kalau meet kantor atau jalan2 anak dengan sekolahnya pasti maksinya ini. Enak & cocok sama lidah bamyak orang menu2nya.

    BalasHapus
  18. Yummy, aku suka hokben.. Asyik makin byk dunk ya variannya.. Ada tori pula skrg.. Jujur aja aku suka banget ama hokben apalagi mereka udah ada halal mui makin yakin halal, enak dah toyyibannya makanan satu ini.. Jadi kapan mbak mau nraktir aku ?

    BalasHapus
  19. Akuuuu suka suka suka bangettt sama hokben. Dari pada yang ayam2an atau burger aku lebih suka hokben karena lebih variatif menunya. Dan aku suka banget sama salad dan mayonesnya ituuu.

    BalasHapus
  20. Nyeseeeelllll baca postingan emak jam segini.. Lapaarrr! Mak tanggung jawab ihhh. Semuanya enak enak, tapibaku penasaran banget sama gyo soboro

    BalasHapus
  21. jadi ngiler liat tokyo bowlnya. Hokben salah satu resto favorit klo kangen makanan ala Jepang pasti ke Hokben

    BalasHapus
  22. Aku suka HokBen buat tempat kulineran sambil ngumpul bersama teman2. Wah, menu barunya perlu dicoba nih

    BalasHapus
  23. Mba, itu gerai Hokben Graha Cijantung ya? Mau dong diajakin nongki bareng, deket nih dari Graha.
    Oya, promo beli 2 dapat 3 itu bisa buat delivery order ngk? Lumayan, belum makan2 HUT anak kedua yang jatuh pada hari minggu kemarin.

    BalasHapus
  24. Harus dicoba neh menu barunya biar ga kudet. Kira-kira semua outletnya sudah ada blom?

    BalasHapus
  25. aih sudah lama ga makan di HokBen, ternyata ada menu baru. Boleh juga kapan kapan ke gerai HokBen terdekat. Padahal pabriknya dekat rumah ini.

    BalasHapus
  26. Belum pernah ke HokBen. Ternyata harganya standar ya, alias gak mahal2 amat. Biasa lah. Kapan2 traktir donk Mak.

    BalasHapus
  27. selalau suka sama toriiii chicken steaknya...tokyo bowl emang enakdan kenyang

    BalasHapus
  28. Kidzu Bento tuh menu andalan buat anak2 😊 Rasanya enak, praktis pula. Eh suka dapat hadiah mainan pas lagi promo loh. Oooh Hoka2 Bento sejak 2008 ya punya website nya? Waaahh emang sekarang udah banyak cabangnya. Di Jagakarsa ada tuh sekitar Cilandak KKO. Depok pun ada. Mantap 😊

    BalasHapus
  29. Aku pun dulu ngira HokBen itu asli Jepang ternyata asli Indonesia.. Keluargaku paling suka Mak makan di HokBen.. Harganya ramah kantong, pas pula di lidah.. hehe.. Aku pingin nyobain yang kaarage ituuu.. Nanti ah ke HokBen beli menu barunya.. :D

    BalasHapus
  30. Nyam-nyam banget mak, aku baru tahu kandungan komplitnya gizi menu hokben, kaya gizi ya mak..

    BalasHapus
  31. Dulu jg ngira Hokben asal Jepang asli ternyata keliru.
    Ini makanan favorit keluargaku Mak. Dulu rumah kontrakanku tinggal ngesot ke Hokben jd kalau males masak, salah satu tempat yg kami kunjungi ini :D

    BalasHapus
  32. Wah Hokben punya menu baru. Weekend nanti bisa nih nyobain

    BalasHapus
  33. Menu jepang yang pas dilidah aku sih rasanya gak assyem banget tapi belom pernah menu yg ini deh.

    BalasHapus
  34. Wow makanan jepang favorit ada menu baru dan makin variatif

    BalasHapus
  35. Salsat tempat makan paporit nih..wah.. ada menu baru ya. Jd pengen nyicip

    BalasHapus
  36. Suka sama semua menu HokBen hahhaaa.. yang baru ini belom coba.... Salam kenal mbak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dibohongi Atau Dipoligami?

Mengapa Saya Poligami

Belajar Blogging Bersama Repzone Dan Ani Berta