Mudik Sehat Dan Aman Bersama Pos Layanan Kesehatan



Yuhuuu, puasa Ramadhan tak terasa sudah memasuki hari keempat belas. Bagaimana puasanya? Lancar dan tetap semangat khan? Emak nih kalau sudah memasuki dua minggu terakhir, justru lagi semangat banget. Ada yang tahu enggak kenapa seperti itu? Yups, benar banget tuch! Sebab didua minggu terakhir itu adalah waktunya belanja belanji persiapan lebaran dan mudik. Ahaaa! Demen banget dech kalau sudah menyangkut urusan persiapan lebaran dan mudik. Mudik? Yess, ini nich aktivitas rutin yang mungkin terkesan sepele padahal memiliki makna silahturahmi mendalam. Cuma kalau sudah mepet lebaran atau sudah waktunya tercium aroma lebaran, arus lalu lintas mudik akan menjadi sangat crowded bin macet dan inilah yang paling bikin males. Tapi gimana lagi dong, meskipun harus bermacet ria, tetap saja rutinitas mudik kudu dijalanin. Demi apa? Demi menuntaskan kerinduan pada kampung halaman dan orang-orang tersayang eaaa.

Beruntung sich Emak yang mudik enggak perlu jauh-jauh tapi tetap saja yak kena macet, hiks! Meskipun hanya mudik ke Bandung tapi persiapan mudik Emak enggak kalah heboh dengan yang mudik ke daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur wkwkwk. Sedekat apapun mudik tetap harus dipersiapkan dengan matang. Apalagi mudik dengan membawa pasukan kurcaci, ahh itu sich enggak bisa cuma bawa tas ransel saja. Banyak hal yang harus dipersiapkan supaya pasukan kurcaci tetap terkondisikan saat perjalanan mudik wkwkwk.


Pas banget nich ngomongin soal mudik, tanggal 2 Juni kemarin, Emak menghadiri acara Buka Bersama Kementrian Kesehatan di Ruang Terbuka Hijau dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Kalijodo. Apa?? Kalijodo?? Eits, biasa saja dong. Kalijodo memang bekas tempat lokalisasi alias para penjaja cinta memasarkan dirinya. Itu dulu. Sekarang, Kalijodo telah disulap menjadi kawasan apik tempat rekreasi gratis untuk keluarga. Ada arena main skate board, tempat main anak-anak seperti perosotan, ayunan dan tempat sosialisasi masyarakat. Jadi buang jauh-jauh bayangan Kalijodo dimasa lalu.



Acara Buka Bersama KeMenKes ini bukan hanya sekedar bertemu, hahahihi sambil menantikan adzan Maghrib lalu buka puasa bersama saja, melainkan ada bahasan utama yang menjadi bahan obrolan penuh 'gizi' dan manfaat sambil menunggu adzan Maghrib berkumandang. Bahasan utama sore itu di Kalijodo adalah tentang "Mudik Sehat". Wuiiih pas banget khan dengan suasana hati Emak yang sudah tak sabar untuk mudik.  Ngobrol santai di Kalijodo tersebut dihadiri oleh drg. Kartini Rustandi M.Kes ( Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga) dan dr.H.R Deddy Kuswenda, M.Kes (Dir.Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat).



Dalam kesempatan tersebut dijelaskan bahwa menjelang mudik, KeMenKes telah berkoordinasi dengan 15 provinsi yang menjadi jalur pemudik seperti Prov. Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, Bali, NTB, Lampung, Sumatra Selatan, Banten, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulaewesi Selatan, DKI Jakarta dan Sumatra Utara. Tersedia 38.622 pos layanan kesehatan yang disiapkan oleh koordinasi KeMenKes dan DinKes setempat.

Disetiap terminal, bandara, pelabuhan, stasiun bahkan di beberapa rest area sepanjang jalur mudik akan ada posko layanan kesehatan yang melayani pemeriksaan kesehatan gratis untuk para pemudik. Khusus untuk posko layanan kesehatan yang berada di terminal dan tempat shelter mobil travel akan dilakukan pemeriksaan kesehatan pengemudi jika ditemukan pengemudi dengan kondisi kesehatan yang tidak memenuhi standar maka pengemudi tersebut dilarang untuk mengendarai bis/kendaraannya karena dapat membahayakan nyawa penumpang.

Selain memastikan kondisi pengemudi, KeMenKes berusaha mengimbau pemudik untuk menjaga kesehatan tubuhnya selama menjalankan puasa dan saat melakukan perjalanan menuju kampung halaman. Selama berpuasa hendaknya memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Begitu juga dengan jumlah air yang masuk tubuh kita, tidak boleh berlebihan. Dr. Kartini juga menyarankan untuk melakukan peregangan otot tubuh secara sederhana selama melakukan perjalanan mudik. Hal ini dilakukan supaya tubuh tetap bugar dan peredaran darah lancar.

Selain memastikan tubuh dalam kondisi fit dan sehat, sebelum mudik hendaknya memeriksa kondisi kendaraan. Jangan sampai menggunakan kendaran yang kurang atau tidak layak jalan. Pastikan semua dalam kondisi aman berkendara. Masih ingat khan dengan kejadian tol BreXit (Brebes Exit)? Nah untuk mengantisipasi kejadian serupa, Dr. Deddy berpesan supaya tidak melakukan perjalanan mudik diwaktu-waktu mepet lebaran. Sebaiknya mudik di H-5 lebaran sehingga menghindari lonjakan pengguna jalan.

Tips Mudik Sehat

Ada beberapa tips mudik sehat,yaitu:

  1. Cuci tangan memakai sabun dengan air mengalir sesering mungkin, jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan dengan air mengalir, siapkan tissu basah antiseptik.
  2. Jangan pernah menerima makanan dan minuman dari orang yang tidak dikenal ataupun orang yang baru dikenal dalam perjalanan mudik. Hal ini supaya terhindar dari hal-hal buruk yang tidak diinginkan. Ini terutama bagi pemudik yang menggunakan transportasi umum.
  3. Tidak buang air kecil ataupun air besar sembarangan. Gunakan toilet yang bersih dan nyaman. Berhentilah di rest area atau pom bensin terdekat yang dilalui.
  4. Bawalah perlengkapan wajib anak atau bayi dan satukan disatu tempat supaya mudah ditemukan saat dibutuhkan. Biasakan menyiapkan baju ganti anak atau bayi selama melakukan perjalanan mudik. Buatlah perjalanan mudik senyaman mungkin untuk anak dan bayi. Hal ini untuk mengantisipasi kerewelan yang mungkin terjadi.
  5. Siapkan peralatan bayi atau anak seperti botol susu, termos kecil, makanan kecil bayi atau anak, makanan sehat dan air putih yang cukup.
  6. Gunakan masker dan lindungi diri dari asap, debu dan polusi udara.
  7. Konsumsilah makanan dan minuman yang bersih dan sehat.
  8. Jika terasa mengantuk, lelah dan kurang sehat, segeralah beristirahat dan kunjungi posko layanan kesehatan yang ada di beberapa titik mudik.
  9. Buanglah sampah pada tempatnya.
  10. Pilihlah jalur perjalanan dan jenis transportasi senyaman mungkin.
  11. Pastikan membawa kartu identitas dan dokumentasi yang diperlukan selama mudik.
Sudah jelas dong yak tentang persiapan mudik. Semoga ulasan yang sedikit ini dapat bermanfaat. Selamat mudik dan utamakan mudik sehat dan aman.









Komentar

  1. Wah, tipsnya berguna sekali mbak. Semoga siapapun yang mudik tahun ini diberikan kesehatan dan keselamatan ya :D

    BalasHapus
  2. Wahhhh tipsnya kumplit banget dan bermanfaat sekali, makasih atas informasinya ya^^

    BalasHapus
  3. kadang memang susah nyari posko kesehatan pas mudik, klopun ada jaraknya jawuhnya pakek banget :( semoga merata posko kesehatannya

    sering2 ya kemenkes bikin acara di taman terbuka, yg di kalijodo gak bisa ikut, bentrok sama jadwal lain *soksibuk

    BalasHapus
  4. Mudik mau dikata deket tapi kalau bawa bocah, mak jadi rempong juga ya bawaannya, haha... Mau naik kendaraan pribadi atau umum memang harus sama waspadanya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dibohongi Atau Dipoligami?

Mengapa Saya Poligami

Belajar Blogging Bersama Repzone Dan Ani Berta