Mandiri Edukasi 2017 Bekasi




Acara Mandiri Edukasi telah dilaksanakan di dua kota yaitu Aceh dan DKI Jakarta. Mandiri Edukasi bertujuan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan keuangan. Mandiri Edukasi berupaya untuk memberikan pengetahuan pada masyarakat awam mengenai pentingnya investasi dan pengelolaan keuangan. Setiap orang pasti menginginkan hidup bahagia sejahtera dan berkecukupan. Terlebih di masa tuanya nanti karena itu diperlukan perencanaan keuangan sejak dini. Kesalahan yang seringkali dilakukan adalah hidup tanpa perencanaan keuangan yang tepat dan matang. Tanpa memiliki investasi untuk hari tua. Untuk meningkatkan kesadaran berinvestasi dan pengelolaan keuangan maka diadakan kembali acara Mandiri Edukasi ketiga. Kali ini diadakan di Mall Sumarecon, Bekasi.

Acara Mandiri Edukasi Bekasi dihadiri oleh beberapa kelompok PKK dan komunitas yang berdomisili sekitar Bekasi. Acara dimulai dengan sambutan singkat oleh Ibu Nita Octaviani Aji selaku AVP Bank Mandiri. Ibu Nita menjelaskan secara singkat mengenai acara Mandiri Edukasi yang telah dilaksanakan didua kota sebelumnya dan Bekasi merupakan kota ketiga. Bu Nita berharap dengan diadakannya Mandiri Edukasi ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat awam tentang pentingnya investasi dan finansial planning terutama untuk ibu-ibu rumah tangga.

Mba Nita dari Bank Mandiri

Acara selanjutnya adalah demo masak oleh Chef Lucky. Chef Lucky membuat menu masakan yang sangat mudah dan praktis untuk dipraktekkan. Resep pertamanya adalah Banana Colada. Banana Colada adalah pisang goreng yang disiram saos Colada. Saos Colada terbuat dari santan kental yang dimasak bersama gula pasir dengan tambahan esense rhum. Menurut Chef Lucky, esense rhum tidak mengandung alkohol karena hanya berupa perasa saja.

Bahan Banana Colada:

Pisang jenis apapun, pilih yang tidak terlalu matang
Santan kental secukupnya
Gula palm dengan campuran jahe bubuk

Cara membuatnya:
Pisang digoreng diatas wajan anti lengket dengan sedikit mentega atau minyak goreng. Setelah pisang cukup matang, angkat lalu siram dengan saos Colada.
Cara membuat saos Colada sangat mudah. Masak santan diatas api kecil lalu campur dengan gula palm dan jahe bubuk.

Menu kedua yang dibuat Chef Lucky adalah Moroccan Beef Soup. Sup daging dengan kuah Maroko, kuah dengan aroma rempah yang khas.

Bahan Moroccan Beef Soup
Daging sapi, pilih yang cepat empuk
Bawang bombay, diiris tipis
Kunyit secukupnya
Lobak
Wortel
Jinten
Paprika bubuk
Daun seledri
Pure Tomat
Gula garam secukupnya
Kuah kaldu ayam

Cara membuatnya:
Tumis bawang bombay sampai harum lalu masukan air, biarkan mendidih. Masukan lobak dan wortel setelah itu masukan daging. Biarkan hingga daging dan sayuran empuk, tambahkan bumbu-bumbu rempah lalu masukan pure tomat dan kuah kaldu ayam. Beri gula garam secukupnya. Cicipi rasanya hingga mendapatkan rasa yang pas dilidah. Masak hingga kuah mengental. Angkat dan hidangkan.



banana colada

Moroccan Beef Soup
Setelah demo masak oleh Chef Lucky, acara dilanjutkan dengan materi tentang perencanaan keuangan oleh Pak Moldi, finansial planner Bank Mandiri. Pak Moldi menjelaskan secara detil mengenai perencanaan keuangan. Bagaimana cara mengelola keuangan supaya efisien. Kita harus melakukan perencanaan keuangan supaya dapat menghadapi masa depan lebih baik, menghadapi hidup yang terkadang diluar perkiraan kita seperti mendapat musibah, diphk perusahaan atau pun hal-hal yang tak terduga lainnya. Pak Moldi menegaskan bahwa kita harus melakukan investasi sebab inflasi akan mengerus nilai kekayaan.

Pak Moldi dan Mas Tommy Prabowo

Ada beberapa tips perencanaan keuangan yang disampaikan oleh Pak Moldi, yaitu:
1. Buat catatan keuangan keluarga.
Catatan keuangan ada dua macam yaitu arus kas dan neraca.
Arus kas adalah laporan keuangan yang berisi aliran kas masuk dan kas keluar dari suatu keluarga selama kurun waktu tertentu.
Neraca adalah catatan yang berisi kondisi kekayaan (aset dan kewajiban) pada periode tertentu.
Menyisakan dana tanpa perencanaan akan membuat hidup menjadi lebih boros. Setelah membuat catatan pendapatan jangan lupa langsung dikurangi zakat, infaq atau shodaqoh. Setelah itu baru dikurangi oleh pengeluaran rutin lainnya. Supaya dapat mengatur keuangan secara bijak, buat prioritas dalam mengelola keuangan, bedakan antara keinginan dan kebutuhan, antara gaya hidup dan kebutuhan hidup.

2. Proteksi aset yang kita punya.
Mengelola resiko=mengelola kerugian finansial. Proteksi meliputi proteksi individu (jiwa dan kesehatan),  proteksi aset properti, unit link (melakukan proteksi sekaligus investasi), proteksi aset kendaraan. Dengan melakukan proteksi berarti kita melindungi dan mengurangi dari resiko kerugian yang mungkin timbul.

3. Mulai investasi.
Sebelum melakukan investasi, kita harus menentukan terlebih dulu apa tujuan kita investasi. Misalnya investasi untuk nanti biaya menikah, pendidikan anak, membeli properti atau pun untuk biaya nanti setelah pensiun. Tentukan pula jangka waktu yang kita butuhkan untuk mencapai tujuan. Kita harus mengetahui investasi apa yang paling cocok untuk diri kita karena masing-masing pribadi berbeda-beda jenis investasi yang tepat untuk dirinya. Lakukan alokasi investasi. Lakukan tinjauan perkembangan investasi secara periodik untuk mengoptimalkan imbal hasil sesuai tujuan yang ditetapkan.

4. Persiapkan dana darurat.
Dana darurat adalah dana khusus yang dialokasikan untuk kebutuhan tak terduga keluarga seperti biaya sakit, kehilangan pekerjaan, terjadi musibah dan kerusakan alat dan perlengkapan rumah tangga. Kita harus memiliki dana darurat supaya hidup dapat tetap berjalan seperti biasa meski dalam keadaan tanpa pekerjaan, sakit dan mengalami musibah.

5. Bijak dalam berhutang.
Sebelum memutuskan untuk berhutang pikirkanlah kembali baik-baik. Jangan sampai terkena jebakan batman,  tergiur berhutang untuk hal-hal yang kurang penting termasuk berhati-hatilah dalam menggunakan kartu kredit. Tips dalam menggunakan kartu kredit yaitu gunakan kartu kredit untuk keperluan mendesak atau penting dan bayar tepat waktu sehingga tidak kena bunga dan biaya administrasi. Jangan menggunakan kartu kredit untuk membeli barang-barang yang tidak ada nilai manfaatnya/investasinya.
Kembali lagi kemasalah berhutang, sebelum memutuskan berhutang pikirkan dengan seksama, apakah benar-benar sangat perlu berhutang. Kita perlu mempelajari dan mengenal jenis-jenis hutang. Periksa kembali kemampuan kita membayar hutang, jangan sampai kita mengalami masalah karena berhutang. Ada dua jenis hutang yaitu hutang produktif dan hutang konsumtif.

Setelah kita dapat mengatur perencanaan keuangan, kita harus mampu menentukan investasi terbaik untuk diri dan keluarga kita. Jika belum paham bagaimana cara berinvestasi dan menentukan investasi yang tepat, kita dapat berkonsultasi dengan pihak berkompeten seperti Bank Mandiri. Kita dapat menghubungi Bank Mandiri Priority untuk melakukan konsultasi seputar investasi. Ada beberapa jenis investasi, setiap jenis investasi pasti memiliki resiko masing-masing. Pilihlah investasi yang tepat dan memiliki resiko kerugian yang kecil. Dengan melakukan perencanaan keuangan dan investasi, Insya Allah hidup kita di masa yang akan datang dapat berjalan lebih baik dan sejahtera.

Salah satu investasi dari Bank Mandiri






Komentar

  1. Bijak dalam berhutang, penting banget digaris bawahi. Jangan sampe kebablasan. Etapi kalau bisa sih jangan ngutang yak.. Hahha
    Tfs ya Mak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sampai ngutang yak, nerima uangnya enak, eh bayarnya pahit hahahaha

      Hapus
  2. Benar banget kalau harus bijak dalam berhitung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, supaya tidak bingung sendiri. Jangan sampai besar pasak dari tiang

      Hapus
  3. Wahhh ada Chef Luckyyy...
    Sayang aku gak tau ada acara ini di Bekasi. Kalau ada pgn ikutan..
    Thanks sharingnya ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Chef Lucky kreatif bgt orgnya. Masakannya simple tapi menarik. Lain kali semoga bisa ikutan acaranya ya Mba

      Hapus
  4. Eh kemaren padahal pengen kesini lho.. Keren yah acaranya, iya emang harus dipikirkan investasi sejak dini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren acaranya dan berguna bgt pastinya

      Hapus
  5. Bermanfaat banged tips perencanaan keuangan'nya...mengedukasi masyarakat kita untuk lebih bisa memanage keuangan keluarga

    Nice Sharing..thank u bunda,salam kenal 😊

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Wahhh, lengkap banget ulasannya, pas bgt nih perencanaan keuangan buat yang masih muda seperti saya terutama. Heheh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayuk atuh buat rencana keuangan mumpung masih muda dan sehat

      Hapus
  8. Ahahahaha MCnya Kak Tommy Prabow. Tipsnya perencanaan bagus mak, duuuuh itu makanan menggoda. Edukasi memang penting ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuuiih fansnya Tommy Prabowo yak? Hahahaha. Iya, mknannya menggoda utk segera dihabiskan hahaha

      Hapus
  9. Duh iya nih, poin yang ke 4 itu yang kadang ga masuk hitungan. Yg ada malah kepake mulu.. Hahahah

    BalasHapus
  10. Hayuk lah rencanakan keuangan biar bisa beli Apartemen di ASENA di Susukan eahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha emang ada githu apartemen di susukan? Adanya mah Cak Kholil hahaha

      Hapus
  11. Inspiratif sekali acaranya sis. Dan sebagai ibu saya mendapat banyak informasi dari artikel ini. Semoga suatu hari hadir juga di kota Depok ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ya kakak, acara ini bisa hadir di lebih banyak kota lagi

      Hapus
  12. Wah resep sampe cara memasaknya lengkap bgt tertulis disini. Mau coba ah bikin banana colada dirumah

    BalasHapus
  13. kamu beruntung banget mbak kemarin itu.. udah acaranya keren, dapet ilmu baru, menang doorprize, dapat best pertanyaan, eh dikasih coklat lg ama pembicara.. uwooow banget

    BalasHapus
  14. Wkwkwkwk Alhamdulillah mba Fika. Pastinya ilmunya sgt berguna Mba.

    BalasHapus
  15. emak itu banana colada nya menggugah selera *Galfok
    acara yg bermanfaat ya terutama soal financial

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gampang bgt buatnya. Murah meriah. Finansial planning penting lho apalagi klo umur masih muda seperti Mak, hahahaha

      Hapus
  16. Semoga semakin banyak event2 seperti ini ya bu, bermanfaat bgt soalnya

    BalasHapus
  17. Sangat bermanfaat ya ilmunya kita sebagai ibu rumah tangga penting membuat perencanaan keuangan.

    BalasHapus
  18. Bahas dana darurat mah gak ada habisnya. Penting banget padagal, tapi enggak sedikit yang kek menyepelekan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dibohongi Atau Dipoligami?

Belajar Blogging Bersama Repzone Dan Ani Berta