Cooking Class UFM, Kecap Sedap, Vicenza Dan Kompor Gas Quantum

Memasak untuk keluarga merupakan salah satu tugas utama seorang ibu rumah tangga. Tapi sering banget ibu-ibu merasa kesulitan atau bingung dalam memilih menu untuk keluarga tercinta. Masakan yang itu-itu saja pasti membuat selera makan keluarga menurun dan menjadi bosan. Setiap hari selain harus mempersiapkan keperluan seluruh anggota keluarga, seorang ibu harus pula menyiapkan makanan dan hal ini yang seringkali membuat pusing kepala. "Aduh masak apa ya hari ini", keluhan seperti ini sering banget terlontar dari mulut ibu-ibu rumah tangga. Tak heran jika ada seorang ibu rumah tangga yang memborong semua bahan masakan saking bingungnya mo masak apa. Untuk membantu ibu rumah tangga keluar dari masalah tersebut, Radio UFM, kecap sedap, vicenza, kompor gas quantum dan Hotel Shantika Kelapa Gading menggelar Cooking Class dengan tema Creative Cooking  ala Cheff with kecap sedap,  Vicenza, kompor gas Quantum dan Radio UFM. 
Saya merasa sangat senang sekali mendapatkan kesempatan untuk ikut cooking class kali ini. Selain memang saya senang sekali memasak, tawaran dari Radio UFM ini seperti sebuah hadiah untuk saya yang sudah lama saya inginkan. Intinya adalah saya sangat exited dan berbunga-bunga mendapat tawaran yang sangat menarik ini. Memasak bersama-sama dan didampingi langsung oleh seorang cheff hotel berbintang yang cukup ternama, Cheff Hotel Santika yaitu Cheff I Wayan Budiarta.  Pengalaman yang luar biasa, bukan? Meskipun untuk ikut Cooking Class ini, saya harus merogoh kocek lumayanlah, tapi tidak masalah sih karena belum tentu ada Cooking Class seperti ini lagi yang langsung didampingi oleh Chef hotel berbintang.
Meski awalnya sempat deg-deg plus juga sih. Masak di hotel berbintang dengan peralatan masak yang bagus dan lengkap, ditemani oleh orang-orang yang jago masak, kebayangkan gimana rasanya?  Peralatan masak yang dipakai, bagus banget. Teflon dari Fincook, kompor gas Quantum, peralatan makan dan pisau dari Vicenza, keren bangetkan? Dijamin pengen ikutan juga deh. Ada tiga masakan yang kita masak di Cooking Class tersebut. Pertama kita belajar membuat creame bruile. Apakah Cream bruille itu? Cream bruille adalah puding bakar yang terbuat dari telur dan cream kental yang dimasak sebentar lalu dipanggang dan diakhiri dengan menyemprotkan api diatas puding itu. Rasanya sangat gurih dan sedikit manis karena diberi sedikit gula. Untuk masakan pertama, semua peserta tidak ada yang mengalami kesulitan berarti karena Chef Budiarta dan Chef Adit beserta beberapa asisten chef lainnya, sangat cekatan mengarahkan para peserta cooking class kali ini. Setelah masakan pertama selesai, dilanjutkan ke masakan kedua.
Untuk masakan kedua, dibuatlah Balinesse Chicken Salad atau Lawar, kata orang Bali. Cooking Class kali ini memang khusus masakan Bali karena itu langsung dibimbing oleh Chef asli Bali. Tambah mantap, kan? Balinesse Chicken Salad terdiri dari ayam yang sudah dibakar, disuir lalu dicampur dengan bumbu-bumbu rempah asli Indonesia dan bercita rasa pedas. Membuatnya sih relatif gampang. Semua bumbu diiris lalu dicampur dengan ayam bakar suir. Ciri khas dari Lawar Bali adalah pemakaian sereh yang diiris tipis. Inilah yang menjadi ciri khasnya. Masakan kedua terlewati tanpa hambatan. Satu hal yang membuat semakin tertantang adalah setelah membuat masakan dan jadi, semua peserta harus platting atau menghias sebelum disajikan. Masakan terasa lebih indah karena disajikan diatas piring Vicenza yang keren. 
Masakan ketiga yang kita buat adalah Ayam Bakar Kecap Kelapa Gading Bumbu Bali ditemani kangkung plecing, labu siam baby dan wortel rebus plus tempe goreng. Sambelnya pun bukan sambel ulek tapi sambel Colo-Colo sejenis sambal kecap. Cocok banget untuk cocolan tempe goreng dan ayam bakarnya. Ayam bakar inilah main coursenya atau makanan utamanya. Agak ribet juga sih buatnya tapi lagi-lagi,  peserta dibantu oleh Chef Adit dan Chef Budi yang cekatan, jadi ngga kerasa sulitnya membuat masakan ini. Ayam yang dipakai adalah ayam fillet yang direndam garam dan lada lalu dibakar diatas teflon dan disiram bumbu kecap dan oyster. Untuk rasa, tak usah diragukan lagi. 
Cooking Class kali ini meninggalkan banyak kesan mendalam dihati. Memang awalnya sempat tersirat,koq mahal ya biaya untuk ikutan Cooking Class ini tapi setelah ikutan dan sangat menikmati acaranya yang asyik banget,ditambah dengan goodie bag yang seabreg untuk dibawa pulang, biaya yang dikeluarkan untuk mengikuti Cooking Class menjadi murah. Penasaran ya pengen ikutan Cooking Class with radio UFM ini?  Tunggu ya info selanjutnya, denger-denger sih mau diadakan lagi. Nantikan saja info selengkapnya dengan mantengin radio UFM 94,7 FM.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dibohongi Atau Dipoligami?

Mengapa Saya Poligami

Belajar Blogging Bersama Repzone Dan Ani Berta